iPhone 13 dan SE 3 : Kandidat Ponsel Baru, Lebih Baik Mana?

ARUSGADGET – Apple menduduki topik teratas untuk kategori smartphone setelah baru saja merilis iPhone 13 dan akan menghadirkan iPhone SE 3. Bagi mereka yang ingin memperbarui ponsel mereka dengan iPhone keluaran terbaru, lebih baik langsung membeli iPhone 13 atau justru menunggu perilisan iPhone SE 3?

Jika uang bukan menjadi pertimbangan terbesar, maka iPhone 13 bisa menjadi pilihan bagi Anda karena mencakup spesifikasi yang lebih mumpuni dan fitur-fitur yang terkini. Namun, untuk biaya yang lebih hemat, maka Anda sebaiknya mengikuti saran untuk menunggu kehadiran iPhone SE 3.

Harga SE 3 akan memasang banderol yang lebih murah daripada seri 13 Mini. Perkiraan untuk SE generasi ke-3 ini akan memboyong harga USD 400 atau Rp 5,7 juta jika berpedoman pada penjualan di Amerika. Bahkan, dengan harga sekian, SE 3 mendukung konektivitas 5G.

Perbandingan iPhone 13 dan SE 3

iPhone SE 3

Hal yang menarik dari SE 3 ini adalah dapur pacu yang berupa prosesor chip A15 Bionic yang powerful. Perlu Anda ketahui, bahwa prosesor ini merupakan prosesor yang sama seperti yang ada dalam iPhone 13 meskipun konfigurasi RAM nya tidak akan sebanding dengan yang lain.

BACA JUGA : iPhone 15 Pro Akan Hadir dengan Kamera Belakang Layar

Dengan banderol yang lebih murah, tentunya iPhone SE 3 akan mengorbankan beberapa fitur yang ada pada seri iPhone lainnya. Dari segi desain, SE 3 akan mengusung gaya jadul dengan bezel tebal. Layarnya pun lebih kecil dari iPhone 13 Mini tetapi wujudnya akan lebih besar karena bezelnya tadi.

Pada sektor kamera juga hanya akan mencakup satu kamera layaknya iPhone SE versi sebelumnya. Di dalamnya terdapat fitur mode malam namun memang tidak mencakup kamera ultrawide maupun telephoto di di bodinya. Baterai untuk SE 3 juga tidak akan sekuat daya tahan iPhone 13.

Jadi, untuk mengatasi dilema ini, maka iPhone SE 3 mampu menjadi pilihan yang lebih hemat namun iPhone 13 menjadi pilihan yang berkualitas lebih tinggi, tentunya dengan harga yang lebih mahal. Dengan kehadiran Chip A15 pada bagian dalam kedua ponsel, maka kekuatan keduanya menjadi setara. Namun, jika ingin fitur tambahan seperti kamera lebih dari satu atau fitur lainnya, maka iPhone 13 pilihannya.

BACA JUGA : Desain Baru Panggilan Grub WhatsApp Bagi Penguna iPhone

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !