Ketahui 7 Penyebab Email Sering Masuk Spam dan Solusinya

ARUSGADGET – Email sering masuk spam tentu saja menjengkelkan karena bisa jadi dalam email tersebut terdapat banyak informasi berharga. Kali ini Arugs Gadget akan membahan penyebab email sering masuk spam berserta solusinya.

Saat email yang kita kirim atau email yang sampai kepada kita ternyata masuk ke dalam spam tentu menjadi persoalan.Terlebih lagi bagi para pebisnis yang memanfaatkan email sebagai sarana pemasaran. Saat masuk spam, penerima atau bahkan kita sendiri tidak bisa mengetahui email tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Ketahui 7 Penyebab Email Sering Masuk Spam dan Solusinya

Penyebab email sering masuk spam tentu banyak sekali tapi sedikit dari kita yang mengetahuinya. Jika email sudah masuk spam masalah tidak hanya penerima tidak akan membaca email kita. Lebih buruknya akan memunculkan stigma buruk terhadap bisnis atau diri kita sebab email kita masuk ke dalam spam.

Berikut dengan mengetahui penyebab email sering masuk spam, sobat Arus Gadget bisa mengatasi sehingga tidak terulang. Yuk, simak secara rinci artikel di bawah ini.

Baca Juga:

Penyebab Email Sering Masuk Spam dan Solusinya

Setidaknya pada artikel ini sobat Arus Gadget bisa mengetahui 7 penyebab email sering masuk spam dan menemukan solusinya.

1. Email Memiliki Judul yang Tidak Relevan

Hindari menggunakan judul berbau click bait supaya orang membuka emailmu. Alih-alih membukanya, emailmu bisa saja masuk ke dalam spam. Sebab judul dan isi sering kali tidak relevan. Jika penerima mendapati hal seperti ini email pengirim bisa saja langsung ditandai sebagai spam.

Judul tidak relevan

Sebab judul yang mengandung unsur click baik membuat penerimanya merasa terpipu. Untuk itu hindari menggunakan judul kontroversial hanya supaya emailmu dibaca.

Solusinya supaya judul email tidak mengandung unsur click baik hindari beberapa hal berikut, berisi klaim berlebihan, berisi pesan pribadi, format tidak sesuai. Pengirim email sebaiknya menggunakan judul degan kata kerja yang pas dan sesuai dengan isi email.

2. Terlalu Banyak Menyertakan Lampiran Dalam Email.

Siapa yang pernah mengirim email dengan banyak lampiran? Email dengan terlalu banyak lampiran bisa terindikasi sebagai spam. Apa lagi jika lampiran deri email terjangkit virus atau malware.

Lalu bagaimana jika ingin mengirim banyak email? Sobat Arus Gadget bisa menggunakan alternatif lain. Mislanya dengan mengunggahnya terlebih dulu ke dalam Google Drive atau sejenisnya kemudian menyertakan link tersebut dalam email. Selain lebih aman menggunakan cara ini juga membuat email lebih ringan.

3. Nama Pengirim Email Tidak Tepat

Perhatikan kembali penyertaan nama email. Kesalahan seperti ini bisa terjadi karena salah input plungin contact form. Sebab plungin akan mengirim email secara otomatis maka jika terjadi kesalahan email bisa masuk ke dalam spam.

Nama pengirim email

Cara menanganginya cukup mudah yaitu dengan klik tombol plungin Contact Form pada dashboard setelah itu klik tombol tab Mail. Pengirim harus memastikan bahwa kolom “From” merupakan alamat email tujuan.

4. Penerima Email Menandai Sebagai Spam

Bisa jadi email tidak terkirim karena pengirim telah menadai kita sebagai spam. Hal ini merupakan di luar kendali kita. Namun, jika ternyata benar penerima telah menandai kita sebagai spam sebaiknya lakukan konfirmasi terlebih dahulu.

5. Tidak Tepat Dalam Menggunakan Struktur Email

Penyebab email sering masuk spam selanjutnya karena tidak menggunakan struktur email dengan baik. Hal ini sangat bermanfaat bagi sobat Arus Gadget yang bergerak dibidang profesional.

Struktur Email

Sturuktur email yang baik contohnya font terbaca dengan jelas, ukuran konten maksimal 600 sampai 800 piksel, pastikan HTML atau CSS bersih dari virus dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

6. Autentikasi Email Belum Diatur

Menggunakan layangan mengirim email secara otomatis baiknya perhatikan autentikasi email. Email atomatis akan terkirim dengan nama domain pengirimnya. Jika pengaturannya tidak sesuai bisa saja penerima memasukan emailmu sebagai spam.

Cara mengatur autentikasi adalah dengan melakukan pengaturan Sender Policy Framework (SPF) atau bisa dengan Domain Key Identified Mail (DKIM).

7. Penerima Email Tidak Mengizinkan

Apa reaksi sobat Arus Gadget jika mendapat email dari orang tak dikenal? Tentu saja akan mengabaikannya, bukan? Bahkan bisa saja langsung memasukannya ke dalam spam.

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya meminta izin terlebih dulu sebelum mengirim email. Salah satu cara yang bisa dilakuan dengan menggunakan formulir online yang diisi langsung oleh audiance.

Demikianlah setidaknya 7 penyebab email sering masuk spam dan juga solusinya. Untuk itu lebih berhati-hatilah dalam mengirim email.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !