6 Solusi WhatsApp Lemot yang Bisa Anda Terapkan Agar WhatsApp Berfungsi Normal Kembali

ARUSGADGET – WhatsApp merupakan aplikasi yang seringkali membutuhkan solusi WhatsApp lemot karena aplikasi satu ini terkadang bisa mengalami penurunan performa atau lebih parah lagi bisa melakukan tindakan force close atau tiba-tiba berhenti berfungsi.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sekarang marak digunakan oleh semua kalangan untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, kerabat kerja, teman, dan masih banyak lagi. Namun, pada penggunaanya memang seringkali mengalami masalah teknis tertentu yang dapat mengganggu jalannya komunikasi dengan orang-orang terdekat Anda.

Misalnya saat kita sedang membuka WhatsApp, tetapi tiba-tiba aplikasi berhenti berfungsi atau menjadi lemot sehingga kegiatan berkirim pesan menjadi terhambat. Kemudian, Anda membutuhkan solusi WhatsApp lemot yang bisa dierapkan agar aplikasi kembali berfungsi secara normal.

Solusi WhatsApp Lemot

Solusi WhatsApp Lemot 2

Pada saat WhatsApp mengalami lemot, maka ada beberapa factor yang mungkin mempengaruhi WhatsApp sehingga menjadi lemot. Namun, faktor umum yang sering terjadi dan menyebabkan WhatsApp lemot adalah karena aplikasi tersebut telah menampung banyak data yang melebihi kapasitas penyimpanan yang dimiliki ponsel. Cara mengatasinya bisa dengan menerapkan beberapa solusi WhatsApp lemot yang akan kami jelaskan berikut ini.

BACA JUGA :

Update WhatsApp ke Versi Terbaru

Solusi WhatsApp Lemot lakukan update

Solusi WhatsApp lemot yang pertama adalah dengan cara memperbarui versi WhatsApp ke aplikasi terbaru. Lemotnya WhatsApp seringkali disebabkan karena versi WhatsApp yang sudah terlalu lama yang nantinya tidak akan kompatibel lagi dengan ponsel Anda sehingga performanya berkurang. Apalagi jika memang tidak segera diambil tindakan, maka WhatsApp akan mengalami kadaluwarsa dan tidak bisa berfungsi lagi.

Untuk memperbarui versi WhatsApp tentunya mudah saja hanya dengan membuka toko aplikasi Play Store untuk ponsel Android dan membuka aplikasi App Store untuk ponsel dari perusahaan Apple, lalu mengecek apakah ada update-an terbaru untuk aplikasi WhatsApp dan segera mengklik Update untuk beralih ke versi WhatsApp yang terbaru dan performa aplikasi bisa kembali berjalan normal.

Menghapus Pesan WhatsApp

Solusi WhatsApp Lemot Hapus Pesan

Jika solusi WhatsApp lemot dengan cara memperbarui aplikasi tidak ampuh, maka Anda bisa menerapkan solusi kedua dengan cara menghapus pesan WhatsApp yang sudah lama dan sudah tidak penting lagi. WhatsApp sendiri memang merupakan aplikasi perpesanan yang menampung banyak sekali pesan di dalamnya sehingga penumpukannya menyebabkan aplikasi lemot.

Bahkan di beberapa kasus, WhatsApp kerap kali melakukan penghapusan pesan secara pribadi dan tiba-tiba saat kapasitasnya sudah tidak mencukupi. Maka dari itu, sebelum WhatsApp melakukannya sendiri, alangkah baiknya Anda sebagai pengguna memilah terlebih dahulu barangkali ada pesan yang penting dan menghapus pesan-pesan lama. Dengan cara ini, WhatsApp mungkin bisa kembai berfungsi secara normal.

Lakukan Penghapusan Cache atau Data Aplikasi

Solusi WhatsApp lemot selanjutnya adalah dengan cara menghapus cache yang ada pada aplikasi. Gunakanlah penghapus cache bawaan yang sudah ada dalam ponsel dan hindari pemasangan penghapus cache pihak ketiga karena memiliki potensi untuk membawa malware.

Jika memang tidak ada aplikasi bawaan untuk menghapus cache, maka Anda bisa melakukan penghapusan data aplikasi melalui pengatuan. Dengan cara membuka pengaturan lalu ke manajemen aplikasi lalu memilih WhatsApp, kemudian pilih opsi ‘Clear data’ lalu nanti WhatsApp akan kembali bersih seperti awal pemakaian. Namun, yang perlu diingat adalah WhatsApp seperti akan melakukan reset ulang pada data yang Anda miliki dan sangat disarankan untuk Anda melakukan pencadangan terlebih dahulu sehingga data-data lama Anda bisa kembali.

Pembersihan RAM

Solusi WhatsApp lemot selanjutnya adalah dengan melakukan clear RAM dengan menggunakan aplikasi bawaan atau bisa melakukan pembersihan dengan melibatkan pihak ketiga. Ketika RAM penuh karena menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, maka bisa menjadi faktor WhatsApp menjadi lemot. Sehingga sangat diperlukan bagi Anda untuk melakukan pembersihan RAM agar WhatsApp kembali berfungsi dengan normal.

BACA JUGA :

Melakukan Restart pada Ponsel

Restart ponsel bisa Anda lakukan sebagai solusi WhatsApp lemot, hal ini tentu lebih diketahui oleh para pengguna dengan melakukan restart ponsel dengan cara mematikan daya ponsel kemudian menghidupkannya kembali. Biasanya, pengguna bisa melakukan cara ini dengan menekan tombol daya dalam waktu lama kemudian ponsel akan mati, kemudian menekan kembali tombol daya untuk menghidupkannya kembali.

Install Ulang WhatsApp

Solusi WhatsApp Lemot Install Ulang

Solusi WhatsApp lemot selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melakukan penginstallan ulang pada WhatsApp. Layaknya clear data, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pencadangan terlebih dahulu sehingga data-data yang tersimpan di akun Anda bisa dipulihkan. Caranya adalah dengan menghapus instalasi, kemudian menginstal kembali WhatsApp.

Itulah beberapa solusi WhatsApp lemot yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah teknis pada WhatsApp Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

BACA JUGA :

Bagikan !