Oppo F21 Pro Resmi Meluncur di India, Harga Rp 4 Jutaan

ARUSGADGET – Oppo merilis ponsel miliknya di negara India dengan tajuk Oppo F21 Pro. Ponsel ini sebenarnya bukan merupakan seri model terbaru yang dimiliki Oppo. Pasalnya, ponsel ini rilis secara global dengan tajuk Oppo Reno7.

Di India, Oppo melakukan rebranding pada Reno7 4G dengan mengganti namanya menjadi Oppo F21 Pro. Tentunya, hanya nama saja yang berbeda, spesifikasi yang diusung tetap sama dengan ponsel Oppo Reno7 4G yang rilis di pasar global (termasuk Indonesia).

Oppo F21 Pro mengedepankan spesifikasi unggulan yang ditawarkan dari kamera dan juga desain ponsel. Pasalnya, ponsel ini membawa kamera dengan sensor IMX709 dan juga teknologi AI Portrait Enhancement.

Kamera Oppo F21 Pro

Kamera Oppo F21 Pro

Dengan mengedepankan kamera, Oppo F21 Pro menggandeng sensor kamera depan unggulan IMX709 yang biasa disematkan pada ponsel flagship. Sensor tersebut tentunya akan menghasilkan hasil pemotretan yang jernih dan juga cerah, bagaimanapun kondisi cahayanya.

BACA JUGA : 5 Perbandingan Fitur Oppo A96 dan Oppo Reno5 F Terkini

Kamera Oppo F21 Pro merupakan hasil kolaborasi antara kustomisasi dari Oppo dengan hardware yang dimiliki Sony. Generasi terbaru sensor RGBW pada ponsel ini juga memperkenalkan piksel yang lebih sensitif akan cahaya sehingga meningkatkan kecerahan hingga 60% dan mengurangi noise pada foto hingga 35%.

Selain itu, kamera ponsel Oppo F21 Pro juga menggandeng AI Portrait Enhancement yang akan membuat hasil foto terlihat bagus dan natural. Teknologinya pun bukan main karena memberikan kustomisasi untuk orang India sehingga tetap menjaga karaketristik skin tone orang India.

Kemudian untuk konfigurasi kamera belakang F21 Pro diberi tajuk AI Triple Camera. Kamera utamanya membawa resolusi 64 MP dan bersanding dengan 2 MP kamera microlens serta 2MP depth camera. Modul kameranya membawa bentuk persegi panjang yang cukup lebar dan disematkan pada punggung ponsel.

Desain Oppo F21 Pro

Desain Oppo F21 Pro

Punggung ponsel Oppo F21 Pro membawa varian warna Sunset Orange dan juga Cosmic Black. Desain punggung ponselnya dibuat dari bahan baku Fiberglass-Leather yang memberikan kesan premium, trendy, dan juga ringan. Berkat material ini pula, punggung ponsel semakin nyaman dalam genggaman karena memiliki tekstur yang khas.

Genggaman pun semakin nyaman berkat bobot ringan hanya 175 gram saja. Selain itu, F21 Pro juga membawa desain tipis dengan ukuran 7.54 mm untuk varian Sunset Orange dan juga 7.49 mm untuk varian Cosmic Black.

Performa Oppo F21 Pro

Performa Oppo F21 Pro

Beralih pada performa ponsel, Oppo F21 Pro menggandeng chipset besutan Qualcomm Snapdragon. Dengan menggandeng chipset tersebut, maka ponsel ini memiliki kapasitas RAM mumpuni sebesar 8 GB yang mendukung ekspansi hingga 5 GB berkat jenis RAM LPDDR4X. Sedangkan penyimpanan internal ponsel ini didukung jenis UFS 2.2 yang mendukung kapasitas 128 GB.

Bicara soal ketahanan, ponsel Oppo F21 Pro membawa kapasitas baterai 4500 mAh. Pengisian baterainya didukung dengan teknologi fast charging berdaya 33W SUPERVOOC. Dengan pengisian 5 menit saja, ponsel ini akan bisa beroperasi hingga 2.68 jam.

BACA JUGA : 5 Fitur Tangguh Oppo A96 Terbaik Mulai Dari Kamera Sampai ROM Besar

Layar Oppo F21 Pro

Layar Oppo F21 Pro

Beralih ke aspek layar, Oppo F21 Pro menyematkan panel AMOLED Eye-Care Display. Selain itu, teknologi yang dibawa ponsel ini juga tak kalah mumpuni dengan refresh rate 90 Hz dan juga touch sampling rate 180 Hz. Resolusi layar ini adalah Full HD Plus yang membawa dukungan proteksi mata dari paparan sinar biru.

Kemudian bodi ponsel Oppo F21 Pro mengantongi sertifikasi IPX4 untuk ketahanan terhadap air. Ada pula fitur lain yang ditawarkan ponsel ini yang berasal dari teknologi AI Frame Rate Stabilizer yang membuat ponsel ini memberikan performa mulus untuk gaming dan mencegah overheat saat bermain game.

Color OS 12

Color OS 12

F21 Pro menggandeng software sistem operasi Color OS 12 untuk bagian dalam ponselnya. Dengan sistem operasi ini, Oppo menyediakan fitur Air Gestures untuk memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menjawab panggilan atau menggulir aplikasi dalam ponsel ini.

Selain fitur Air Gestures, Color OS 12 juga memberikan F21 Pro fitur lainnya. Fitur tersebut di antaranya Adaptive Sleep yang akan membuat layar tetap hidup saat sedang dilihat. Kemudian ada fitur Screen Translate untuk menerjemahkan layar dengan teks berbahasa asing. Serta ada pula Smart Notification Hiding dan juga peningkatan privasi ponsel.

Melansir dari situs resmi Oppo India, Oppo F21 Pro dijual dengan harga normal 27.999 rupee atau setara dengan Rp 5,2 juta. Namun, karena penjualannya baru saja dibuka, maka ada potongan harga menjadi 22.999 rupee atau Rp 4,3 juta saja.

BACA JUGA : Bocoran Oppo Reno8 Diungkap, Desain Serupa dengan Ponsel OnePlus

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !