Ini Dia 5 Urutan Prosesor AMD Ryzen Terbaru Di Kelasnya

ARUSGADGET – Memasuki awal tahun 2017 AMD membawa perubahan besar-besaran pada seri prosesor miliknya. Berikut adalah 5 urutan prosesor AMD Ryzen terbaru yang harus diketahui sebelum memberi laptop.

Sebelumnya AMD mengeluarkan seri Sempron, Turion dan Phenom dengan harga relatif lebih terjangkau dari prosesor lainnya. Meski begitu seri tersebut dicap sangat boros daya dan mudah panas belum lagi performanya sering anjlok saat mengoprasikan aplikasi tertentu.

Ini Dia 5 Urutan Prosesor AMD Ryzen Terbaru Di Kelasnya

Kehadiran Ryzen menjadi titik balik AMD memasuki pasar prosesor high-endsehingga mampu bersaing dengan prosesor papan atas lainnya. Bahkan Ryzen sendiri sempak masuk kategori prosesor terbai pada tahun 2020 pada majalah komputer PC Mag.

Baca Juga:

Kenalan Dengan AMD Ryzen

Hingga saat ini ada 5 urutan prosesor AMD Ryzen sebegai penerus pendahulunya yaitu Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9 dan Ryzen Threadripper. Kira-kira apa ya maksud dari penamaan empat angka dan satu kata tersebut?

Misalnya kita menggunakan contoh tipe Ryzen 7 3750 H. Nah, untuk angkat 3 pada 3750H bermakna generasi, berarti prosesor tersebut merupakan generasi ketiga dengan mikroarsitektur Zen 2 (12nm).

Namun tidak semua angka depan berarti generasi, sebab AMD menyisipkan angka 4 pada generasi ketiganya. Jadi, generasi etiga Ryzen ada yang memakai angka 3 dan ada yang memakai angka 4.Sedangkan generasi terbaru yaitu generasi keempat diawali dengan angaka 5.

Kemudian angka 7 pada 3750H bermakna performa. Semakin tinggi angka maka performa prosesor semakin tinggi pula. Angka 5 dan angka 0 untuk mempertegas kedudukan prosesor untuk membedakan model dan jenis prosesor. Huruf H pada bagian akhir memiliki arti prosesor tersebut masuk kedalam jenis prosesor tinggi.

Urutan Prosesor AMD Ryzen

Berikut ArusGadget sudah merangkum urutan prosesor AMD Ryzen mulai dari Ryzen 3 sampai Ryzen Threadripper.

1. Ryzen 3

Masuk ke urutan prosesor AMD Ryzen kelas enteri ada Ryzen 3. AMD memprosisikan Ryzen 3 sebagai pesaing dari Intel Core i3 sehingga tidak salah jika performa kedua prosesor ini banyak sekali kemiripan.

Ryzen 3

Ryzen 3 terbilang cukuphemat daya penggunaan karena sudah memiliki APU yaitu gabungan dari CPU dan GPU. Selain itu juga menggunakan 2 bahkan 4 core dengan thread 4 sampai 8. Ryzen 3 muncul pada tahun 2018 dengan menggunakan angka 2000 an sebagai generasi pertamanya.

Untuk Ryzen 3 terbaru yaitu generasi keempat menggunakan angka 4000 an dan sudah mengeuarkan enam produk. Enam produk tersebut masing-masing empat untuk PC dan dua laptop. Salah satu seri terbaru adalah Ryzen 3 4300GE menggunakan clock speed 3,5 sampai 4,0 Ghzdan TDP 35 watt.

2. Ryzen 5

Jika mencai prosesor kelas menengah, AMD telah menyediakan Ryzen 5 sebagai andalan. Tipe Ryzen 5 mampu menyaingi Intel Core i5. Perbedaan dari seri 3 terletak pada adanya teknologi simultaneous multi-threading yang mampu menjalankan tugas secara multitasking dengan sangat baik.

Ryzen 5 memiliki 4 sampai dengan 6 core dengan thread 8, 6 ataupun 12. Prosesor Ryzen 5 menjadi pilihan terbaik dalam mencalankan pekerjaan sebab sudah mendapat dukungan Radeon Vega. Bisa dikatakan prosesor ini termasuk all-rounder. Untuk bermain game, conten creator, programer Ryzen 5 menjadi andalan terbaik.

Baca Juga:

3. Ryzen 7

Urutan Prosesor AMD Ryzen selanjutanya adalah Ryzen 7 dengan teknologi simultaneous multi-threading dan precision boost. Ryzen 7 untuk desktop memiliki 8 core dan 16 thread. Sedangkan pada laptop memiliki 4 atau 8 core dengan thread 8 atau 16 dan sudah mendapat dukungan Radeon Vega.

Ryzen 7

Sejak awal rilis Ryzen 7 mendapat sambutan hangat dari pengguannya terutama pengguna yang kecewa dengan prosesor high-end terdahulu yaitu Ryzen FX. Terutama untuk Ryzen 7 generasi pertama yaitu Ryzen 7 1700 sampai dengan Ryzen 1800X.

4. Ryzen 9

Satu tingkat lebih tinggi dari high-end Ryzen memiliki Ryzen 9 yang baru keluar pada tahun 2019. Ryzen 9 ini digadang-gadang sebagai pesaing dari Intel Core i9 yang suah rilis lebih dulu tahun 2017. Untuk PC Ryzen 9 terdiri dari 12 core dan 24 thread. Sedangkan pada laptop tak jauh dari seri sebelumnya yaitu 8 core dan 16 thread.

Ryzen 9 mulai booming dipasaran laptop baru pada tahun 2020. Saat itu AMD juga mengeluarkan dua prosesor andalan lain salah satunya Ryzen 4900H. Prosesor seri tersebut mempunyai dukungan GPU Raden Vega 8, TDP 35-54 watt dan clock spead 3, 3-4, 4 GHz.

5. Ryzen Threadripper

Urutan Prosesor AMD Ryzen terbaru adalah Threadripper.Prosesor keluaran AMD ini sekelas dengan Intel Xeon dan masuk jajaran prosesor high-end terbaru. Sayangnya, AMD tidak menujikan seri terbarunya ini masuk ke lini laptop sebab ingin membuat Ryzer Threadripper lebih eksklusif.

Ryzen Threadripper

Ryzer Threadripper misalnya tipe Threadripper 3990X tahun 2020 mendapat dukungan 64 core dan 128 thread. Selain itu lengkap dengan clock spead 2,9 GHz sampai 4,3 GHz. Prosesr Ryzen Threadripper sangat mampu menangani masalah komputasi rumit dan besar dengan cepat.

Itulah tadi Urutan Prosesor AMD Ryzen terbaru. Dapat disimpulkan bahwa AMD Ryzen pada setiap generasinya memiliki ciri yang berbeda dan terbaru demi menunjang kebutuhan penggunanya.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !