Cara Menjual Foto di Shutterstock Terbaru 2022, Tertarik Mencoba?

ARUSGADGET – Ramai orang berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual foto di Shutterstock. Tak perlu menunggu jadi fotografer professional terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan untung dari mengunggah foto.

Dengan menjual foto di Shutterstock, kontributor mampu mencairkan keuntungan yang diberikan. Bahkan tidak hanya foto, video maupun ilustrasi juga bisa dijual melalui situs ini. Tiap unduhan yang dilakukan pengguna akan memberikan royalti kepada kreator.

Meskipun jenis foto beragam, namun hal tersebut tidak berarti sembarang foto bisa diunggah ke situs Shutterstock. Masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu keunikan, kualitas, serta kesesuaian tema dengan kebutuhan pengguna.

Didirikan Tahun 2003

Laman Shutterstock

Sebelum berlanjut ke cara menjual foto di Shutterstock, perlu diketahui bahwa Shutterstock merupakan platform global yang menyediakan stok foto, rekaman, alat editing, dengan kantor pusat di New York. Didirikan 2003 silam oleh Jon Oringer, Shutterstock kini memiliki ratusan juta stok foto dalam situsnya.

Sayangnya, kesempatan seperti ini seringkali dilewatkan karena proses registrasi yang menyulitkan calon kontributor. Maka dari itu, kami akan memberikan informasi cara menjual foto di Shutterstock agar Anda bisa turut menjadi kreator dalam platform ini.

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Langkah Menjual Foto di Shutterstock
  • Kunjungi situs Shutterstock (klik di sini)
  • Kemudian Anda klik ikon “Get Started” berwarna merah
  • Daftarkan diri Anda dengan mengisi data yang diperlukan. Mulai dari nama lengkap, nama yang ingin ditampilkan sebagai credit, akun email, serta password. Jangan lupa konfirmasi bahwa Anda berusia 18 tahun ke atas dan melakukan verifikasi captcha.
  • Kemudian klik ikon “Next” dan Shutterstock akan mengirimkan link verifikasi untuk akun yang baru saja dibuat
  • Setelah akun berhasil diverifikasi, klik ikon “Next”. Kemudian masukkan data alamat yang diperlukan Shutterstock
  • Klik “Upload” jika ingin langsung mengunggah foto, namun jika belum memiliki stok foto, Anda bisa mengunjungi dashboard terlebih dahulu.
  • Drop file foto yang akan diunggah, kemudian klik “Next” dan Anda akan diarahkan ke laman selanjutnya untuk memberikan detail foto
  • Pilih foto yang akan diberi detail, kemudian sesuaikan detail dengan foto, mulai dari deskripsi, kategori, serta kata kunci minimal 7 kata. Setelah itu klik “Submit”
  • Tunggu hingga peninjauan selesai. Anda akan diberitahukan melalui email yang didaftarkan bahwa foto Anda memenuhi kriteria dan berhasil diunggah di Shutterstock.
Dashboard Shutterstock Contributor

Perlu diketahui, pengunggahan foto tidak secara instan menghasilkan uang dan perlu peninjauan terlebih dahulu dari pihak Shutterstock. Anda bisa terus mengambil foto agar nantinya bisa diunggah dalam platform ini, sehingga peluang mendapatkan keuntungan juga meningkat.

Sistem dan Tips Pencairan Dana dari Shutterstock

Pada dashboard milih kontributor, terdapat ikon orang dengan nama akun kontributor. Kemudian klik “Account Settings” lalu isi data pada kolom “Payout Information”. Setelah selesai, klik ikon “Save”.

Payout Information Shutterstock Contributor

Pencairan dana dari hasil menjual foto di Shutterstock secara otomatis dikirimkan langsung pada akun PayPal, Payooner, atau Skrill. Selain itu, jumlah yang bisa dicairkan sesuai dengan minimum payout yang sudah dipersonalisasi oleh pengguna dengan ketentuan minimal USD 35 tiap bulannya.

Tips lain dalam menggunakan Shutterstock adalah dengan mengatur pajak melalui menu “Tax review”. Pilih opsi “Individual” dan isi alamat sesuai dengan data diri asli pengguna. Hal ini mengurangi pemotongan dana yang terlalu besar saat pencairan.

Tunggu apalagi? Ini saatnya kamu memulai menjual foto di Shutterstock.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !