Yuk, Jaga Battery Health iPhone Mudah Dengan 5 Cara Berikut

ARUSGADGET – Jaga battery health iPhone ternyata sangat penting supaya performa ponsel tetap kencang. Jika sobat Arus Gadget merasakan iPhone berjalan dengan lambat bisa jadi karena kualitas baterai menurun.

Baterai merupakan sumber cadangan daya bagi suatu perangkat elektronik. Salah satu perangkat elektronik yang membutuhkan sumber daya supaya tetap beroperasii adalah ponsel iPhone. Sama seperti ponsel kebanyakan, iPhone juga memiliki kapasitas kesehatan baterai.

Jika kesehatan baterai atau battery health menurun maka akan berdampak pada kinerja ponsel. Battery health sendiri adalah indikator baterai dinyatakan sehat selama masa pemakaian. Usia pakai baterai juga sangat mempengaruhi kualitas dari battery health.

Baca Juga:

Contohnya saja, iPhone sobat Arus Gadget awalnya dapat digunakan selama 5 jam dari awal batrai terisi penuh hingga kosong. Namun seiring berjalannya waktu iPhone hanya bisa digunakan selama 3 jam saja. Maka penting untuk jaga battery health

Meski sebenanta iPhone populer dengan kualitasnya yang baik. Tapi tak menutup kemungkinan bila kesehatan baterai pada ponsel iPhone bisa menurun. Apa kira-kira penyebabnya?

Penyebab Battery Health Menurun

Ada banyak penyebab battery health menurun salah satunya karena masa pakai iPhone. Sering pemakaian kemampuan menyimpan daya pada kandungan kimia baterai akan menurun.

Selain itu juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pada penggunaan perangkat, terlebih pada baterai. Baterai buruk sangat mempengaruhi kerja iPhone. Jika tidak memperhatikannya bisa saja iPhone akan tiba-tiba mati padahal daya masih cukup.

Jaga Battery Health iPhone Dengan Cara Berikut

Jaga Battery Health iPhone sebenarnya mudah hanya saja pengguna iPhone harus disiplin dalam menjanganya. Langkah awal bisa dengan menggunakan pengisi daya atau memilih charger orisinil dari Apple. Pengguna sebaiknya tidak sembarang menggunakan charger untuk iPhone.

Selain itu ada banyak sekali cara jaga battery health iPhone yang bisa pengguna lakukan. Nah, berikut adalag cara menjaga baterai supaya tetap awet.

1. Memperbaharui Perangkat Lunak Secara Rutin

Biasanya sistem operasi iPhone akan melakukan pembaruan perangkat lunak secara berkala. Pembaruan ini bertujuan untuk memberikan update terbaru fitur-fitur pada iPhone. Salah satu fitur yang banyak ditunggu pengguna iPhone adalah fitur menjaga kesehatan baterai.

Salah satunya pada pembaruan sistem operasi mulai dari iOS 13 dan seterusnya. Pada permbaruan sistem operasitersebut Apple menghadirkan fitur mengatur daya baterai saat pengecasan berlangsung. Fitur ini memungkinkan iPhone berhenti mengisi daya secara otomatis bila baterai telah penuh terisi.

2. Awas, Suhu Ekstrem Mumbuat Kondisi iPhone Menurun!

Hindari iPhone dari suhu terlalu ekstrem. Sejatinya, iPhone memang dirancang untuk beroperasii pada suhu kisaran 16 derajat hingga 22 derajat selsius. Jika seacara terus menerus iPhone beroperasii cuara ekstrem bisa menyebabkan battery health menurun drastis.

Dengan pembaruan sistem operasi pada iPhone saat mengisi daya di atas 80 persen suhu akan meningkat. Namun dengan sistem terbaru iphone bisa langsung menghentikan dan menurunkan suhu ponsel pada saat pengisian daya.

3. Melepas Casing iPhone Saat Mengisi Daya

Casing atau karet pelindung iPhone dapat menumpuk suhu panas saat iPhone sedang mengisi daya. Maka dari itu untuk tetap jaga battery health iPhone sebaiknya lepas casing pelindung. Bila pengguna menyadari adanya peningkatan suhu saat melakukan pengecasan maka sebaiknya untuk melepas casing pelindung.

Baca Juga:

4. Isi Daya iPhone Jika Tidak Menggunakannya Dalam Waktu Lama

Apabila pengguna iPhone sudah tidak ingin menggunakan iPhone atau hanya ingin menyimpannya sebaiknya isi dulu daya baterai. Jangan biarkan iPhone disimpan dalam keadaan kosong sama sekali. Paling tidak isi baterai sampai 50 persen.

Bila menyimpan iPhone dalam keadaan kosong tentu sangat mempengaruhi kemampuan baterai dalam mengisi dan menyimpan daya. Kemungkinan terburuk saat menyalakan iPhone, ponsel tersebut sudah tidak bisa nyala.

5. Saat Sedang digunakan Sebaiknya Isi Daya Tidak Lebih dari 80 persen

Terkadang kita sibuk dan tidak ada waktu untuk menunggu sampai baterai iPhone selesai dicharger. Jika dalam kondisi seperti ini mengisi daya sebaiknya tidak lebih dari 80 persen. Pengiasian daya sembari adanya pemakaian ponsel begitu intens seperti mengedit video, bermain game atau mengambil gambar dapat meningkatkan suhu pada iPhone. Jika sudah mencapai 80 persen tak ada salahnya untuk menyudahi kegiatan mengisi daya.

Itulah tadi cara jaga battery health iPhone dengan mudah. Supaya iPhone sobat Arus Gadget terus berjalan dengan baik jangan lupa melalakukan update berkata ya!

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !