Review Kekurangan dan Kelebihan Vivo Z1 Pro

Review Kekurangan dan Kelebihan Vivo Z1 Pro. Keberadaan smartphone merk Vivo di Indonesia memang tergolong sudah lama. Produk yang diluncurkannya terdahulu pun cenderung standar dan tidak terlalu banyak konsumen smartphone yang meliriknya.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Pada tahun 2019 Vivo pun mampu membuat ‘’gebrakan’’ baru yang tepat sehingga banyak menarik perhatian para konsumen gadget.

Gebrakan tersebut bisa dilihat dari Vivo seri Z1 Pro dimana produk tersebut menggunakan salah satu chipset terbaru untuk kelas menengah. Tidak hanya itu, baterai smartphone yang memiliki kapasitas besar menjadi poin tersendiri sehingga banyak orang yang ingin memiliki Vivo Sser Z Pro.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari smartphone seri terbaru di tahun ini tidak ada salahnya untuk memilih Vivo seri Z1. Namun, sebelum itu alangkah lebih baik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Vivo Z1 pro. Lalu, seperti apa ulasannya? Ini dia penjelasannya!

Review Kekurangan dan Kelebihan Vivo Z1 Pro

Mengenal Kelebihan Smartphobe Vivo Z1 Pro

1. Memiliki Sensor Keamanan yang Lengkap

Kelebihan pertama yang dimiliki Vivo Z1 Pro adalah sudah dibekali sensor keamanan yang lengkap, yaitu memiliki sensor Face Recognition atau yang dikenal dengan pengenalan wajah dan juga sensor sidik jari untuk bagian belakang.

Namun sensor sidik jari pada Vivo ini memiliki keistimewaan yaitu, tergolong memiliki performa yang cepat sehingga bisa membaca dengan cepat, mudah dikenali, dan tepat pula.

Baca juga : Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

Sedangkan untuk face recognition, respon yang ditimbulkan pun cepat pula untuk mengenali wajah sang pemilik sehingga tak perlu berulang kali melakukan hal tersebut.

Selain adanya kedua sensor tersebut. Vivo Z1 Pro pun dibekali dengan kompas atau sensor gyroscope yang bisa menentukan arah dengan sempurna bahkan tampak nyata

Tentunya dengan memiliki sensor tersebut bisa membuat smartphone Anda aman dan tidak sembarang orang bisa membuka privacy yang ada di smartphone.

2. Memiliki Performa yang Baik

Kelebihan berikutnya yang dimiliki Vivo Z1 Pro adalah memiliki performa yang baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya chipset snapdragon 712 AIE, diman untuk harga Rp 3 jutaan chipset tersebut tergolong bagus dan juga baik.

Keunggulan chipset tersebut adalah terdapat prosesor octa core yang terdiri dari Kryo 360 Gold dengan dual core 2.3 GHz serta Kryo 360 Silver dengan enam core 1.7 GHz. Sedangkan untuk grafisnya menggunakan adreno 616.

Baca juga : 10 Kekurangan dan Kelebihan Realme 5 yang Harus Anda Ketahui

Vivo Z1 pro pun digadang-gadang sebagai saingan berat Realme3 Pro karena snapdragon yang dipakainya tidak jauh berbeda walaupun performanya sedikit dibawah snapdragon 712 yaitu snapdragon 710.

Smartphone Vivo Z1 Pro sudah menggunakan fitur Multi Turbo dimana ketika Anda bermain game tampak lebih mudah dan juga enak menggunakannya.

Hal itu sudah dibuktikan ketika bermain game Asphalt 8, grafis berjalan maksimal dan stabil di framerates 30 fps.

Grafisnya pun bisa diatur seusai selera dengan pilihan, balanced ultra, smooth ultra, dan HD-high.

3. Memiliki Kualitas Kamera Selfie yang Bagus

Kelebihan berikutnya yang ditawarkan Vivo Z1 Pro adalah memiliki kualitas kamera selfie atau kamera depan yang bagus.

Untuk Anda yang suka selfie pasti akan merasa puasa karena kamera depannya berkapasitas 32 MP yang membuat hasil jepretan tampak bagus dan tentu saja tidak mengecewakan Anda.

Kabar baiknya, untuk Anda yang senang berfoto selfie dimana saja terutama diluar ruangan pun akan menghasilkan foto yang bagus.

Baca juga : Review Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8, HP Paling Ditunggu !

Ketika berfoto dengan cahaya yang kurang tepat pun masih bisa menghasilkan foto yang baik, namun sebaiknya memang tetap mengatur sumber cahaya agar foto yang dihasilkan tampak sempurna.

Banyak para pecinta gadget pun mengulas bahwa untuk kamera yang ada di smartphone Vivo mampu bersaing dengan para ‘’pendahulunya’’ yang memang memiliki performa yang sama.

4. Memiliki Tiga Kamera dengan Kualitas Terbaik

Selain memiliki kamera selfie yang kualitasnya oke, kamera ini juga memiliki tiga kamera dengan kualitas yang terbaik pula.

Karena itu, untuk Anda yang hobi fotografi bisa menggunakan smartphone Vivo untuk bisa menyalurkan hobi Anda tersebut.

Tiga kamera belakang yang unggul tersebut ada pada kamera utama yang memiliki kapasitas 16 MP dengan bukaan f/1.8, kamera kedua 8 MP AL ultrawide dengan bukaan f/2.2, dan kamera ketiga untuk dept sensor dengan ukuran kameranya 2 MP.

Sekilas memang mirip dengan seri Vivo S1 sebelumnya, namun bila Anda jeli ada hasil yang signifikan terlihat dari dari tiga kamera belakang tersebut. Bila dilihat lebih dalam, hasl fotonya cenderung baik, bisa menangkap gamabr dengan luar biasa sehingga terlihat jelas detail dari gambar tersebut.

Baca juga : Review Spesifikasi dan Harga Realme 5 Pro, HP dengan 4 Kamera Belakang!

Kekurangannya hanya tampak pada pengaturan mode malam yang tidak bisa menghasilkan foto yang baik pula.

Namun secara keseluruhan, smartphobe ini bisa menangkap gambar dengan tajam dan menghasilkan foto yang terlihat alami yang terbantu oleh HDR sehingga gambar bisa menjadi lebih baik lagi.

Selain chipseat yang diunggulkannya, bisa dibilang kamera belakang dan depan juga menjadi nilai plus bagai smartphone Vivo Z1 Pro ini.

5. Memiliki Layar yang Trendi

Kelebihan berikutnya yang ditawarkan smartphone Vivo Z1 Pro adalah memiliki layar yang trendi. Dimensi yang ditawarkan untuk layar tersebut adalah 6,53 inci dengan mengusung resolusi Full HD + 1080 x 2340  piksel dengan rasio 19,5: 9 dengan kerapatan layar 395ppi.

Namun begitu, sayangnya Vivo Z1 Pro ini tidak menggunakan panel AMOLED seperti produk terdahulunya, smartphone ini hanya menggunakan layar IPS saja.

Tetapi, Anda jangan kecewa dulu, walaupun begitu layar IPS memiliki layar smartphone yang tergolong bagus.

Adapun layar ini dinilai trendi karena memang dari tampilan visual layarnya mampu menampilkan warna-warna yang cerah dengan kontras yang tinggi.

Ketika berada di luar ruangan pun layarnya tetap telihat bagus, jelas, dan bisa menampilkan warna-warna yang begitu cerah.

Boleh jadi ada sebagian orang yang tidak memperdulilkan tentang layar dari sebuah smartphone. Namun, ketika Anda memiliki smartphone ini akan terlihat nayata perbedaannya dan semakin menyukai layar yang ada di smartphone Vivo Z1 Pro tersebut.

6. Memiliki Dual Engine Fast Charging

Kelebihan berikutnya yang jarang dimiliki oleh smartphone lainnya adalah memiliki dual engine fast charging.

Artinyam smartphone tersebut sudah dibekali dengan teknologi pengisian cepat Dual Engine Fast Charging dimana baterai smartphone Vivo Z1 Pro bisa terisi selama dua jam lebih hingga penuh.

Tetapi, ada juga yang mengulas smartphone ini dalam waktu satu jam sudah terisi 70 persen dengan menggunakan charger 18W. Tentu saja dengan waktu tersebut tergolong cepat untuk smartphone yang memiliki harga di atas 2 jutaan tersebut.

Baterai ini kerap menjadi tujuan utama seorang konsumen untuk jadi atau tidaknya membeli smartphone tersebut.

Seperti yang diketahui bersama, smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok semua orang dan segala sesuatu bisa langsung diakses menggunakan smartphone.

Sehingga bila mengisi baterai sangatlah lambat akan menjadi bahan pertimbangan seseorang untuk membeli smartphone tersebut.

7. Memiliki Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Kelebihan berikutnya yang menjadi bahan perbincangan para pecinta gadget ini adalah dari kapasitas baterai yang dimiliki smartphone tersebut.

Pasalnya, kapasitas baterai yang dimiliki smartphone Vivo Z1 Pro ini adalah sebesar 5.000 mAh. Jelas cukup besar karena sebelumnya Vivo jarang-jarang memberikan kapasitas baterai yang besar.

Tentu saja dengan kapasitas yang besar ini bisa membuat smartphone awet digunakan hingga satu hari lebih walaupun sudah digunakan untuk main game, browsing internet, update di sosial media, streaming video dan aktivitas lainnya yang bisa membuat performa baterai menurun.

Bahkan ada pula yang mengujinya dengan menjalankan tes loop video HD, dengan catatan waktu 18 jam 32 menit sebelum akhirnya dimatikan secara otomatis. Dengan begitu, bisa diambil kesimpulan bahwsannya smartphone tersebut memiliki daya tahan baterai yang cukup lama.

Mengenal Kekurangan Smartphone Vivo Z1 Pro

Selain kelebihan yang dimiliki smartphone tersebut, tentu saja ada kekurangan yang dimilikinya. Tentu dengan adanya kekurangan tersebut, Anda bisa menjadi lebih bijak untuk membeli dan memiliki smartphone Vivo Z1 Pro.

Adapun kekurangan yang dimiliki smartphone Vivo Z1 Pro berdasarkan ulasan dari para pecinta gadget adalah sebagai berikut;

1. Tidak Mendukung Streaming HD

Kekurangan pertama daari Vivo Z1 Pro ini adalah tidak mendukung streaming HD. Artinya Anda tida bisa streaming Netflix, amazon prime dengan kualitas HD.

Bisa dibilang smartphone ini hanya memiliki sertifikasi Widevine DRM L3 saja. Hal ini sangata disayangkan karena smartphone dengan merk berbeda dnegan harga sama sudha ada yang mendukung hal tersebut.

Apalagi aktivitas streaming di Indonesia sudah banyak dilakukan oleh masyarakatnya. Jika hal tersebut masih menjadi kekurangan tentu saja para penikmat streaming ini akan beralih pada seri atau produk lain.

Tetapi, bukanberarti dengan adanya kekurangan ini semua tampak cacat. Karena setiap orang biasanya membeli smartphone karena kebutuhan lain yang lebih urgent.

2. Masih Menggunakan Port MicroUSB

Kekurangan lain yang dimiliki oleh smartphone Vivo Z1 Pro tersebut adalah masih menggunakan port MicroUSB. Padahal, smartphone sejenis sudah menggunakan port USB Type C dimana bisa dengan mudah mentransfer data dan lain sebagainya.

Namun, banyak yang menilai hal ini wjar dilakukan oleh Vivo, mengingat bila menggunakan USB Type C akan berefek pada harga dari smartphone itu sendiri. Dan pertimbangan lain yang dilakukan perusahaan adalah port USB Type C masih belum populer dan belum banyak yang menggunakannya.

Tetapi, di pihak lain ada pula yang menilai bahwasannya, Vivo harus totalitas menghadirkan produk yang berkualitas dan harus berani menjadi pelopor.

3. Memiliki Ukuran yang Cukup Besar

Smartphone Vivo Z1 Pro memang memiliki layar trendi dan design yang cukup menarik dikarenakan polikarbonat yang membuat smartphone tampak berkilau.

Hanya saja, keindahan tersebut tidak tertutupi manakala ukuran untuk smartphone tersebut cukup besar.

Banyak yang menilai, bodynya terlalu bingsor ataau bulky serta cenderung berat. Layar 6,5 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan bobot 207 gram memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah ponsel. Dan hal tersebut masih menjadi kekurangan untuk smartphone Vivo Z1 Pro tersebut.

Naah, itulah dia ulasan tentang kelebihan dan kkurangan dari smartphone Vivo Z1 Pro semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.