Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3. Semakin lama OPPO semakin menunjukkan ‘’taringnya’’ dengan mengeluarkan produk-produk terbaiknya yang mampu bersaing dengan perusahaan smartphone yang telah lahir lebih dahulu.

Seperti yang diketahui bersama, OPPO di Indonesia sudah disambut baik oleh para pengguna smartphone. Karena itulah, perusahaan tersebut berani untuk mengeluarkan seri terbaru bertakjub OPPO K3.

Seri OPPO K3 ini cukup ekslusif dan mengundang pertanyaan dari para pecinta OPPO. Mengapa produk tersebut langsung dirilis seri K3?

Rupanya produk OPPO seri ini memang sangat eksklusif dimana untuk seri OPPO K1 hanya untuk dipasarkan di India dan tidak masuk pasar Indonesia, sedangkan untuk OPPO K3 negara yang terpilih adalah Indonesia.

Artinya, penduduk Indonesia haruslah bangga karena smartphone ini dijual dengan jumlah yang terbatas dan hanya dipasarkan di 4 negara yang ada di benua Asia, yaitu India, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Produk OPPO K3 ini merupakan seri lanjutan dari F11 e-commerce edition. Karena itulah produk OPPO ini akan dipasarkan secara online agar para konsumen di berbagai wilayah Indonesia bisa membeli produk OPPO seri tersebut.

Tentu saja hal ini disambut baik oleh para penggemar OPPO yang memang tersebar di beberapa wilayah Indonesia agar bisa menggunakan produk OPPO yang katanya terbilang istimewa.

Nah, jika Anda tertarik untuk memiliki produk tersebut, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan OPPO K3 agar Anda semakin yakin untuk bisa memiliki produk tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa melihat ulasannya di bawah ini !

Mengenal Kekurangan Produk OPPO K3

Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

Review atau ulasan tentang produk OPPO K3 ini telah banyak ditulis oleh para pengamat smartphone ataupun para konsumen setia OPPO K3. Mereka sepakat bahwasannya ada dua kekurangan smartphone OPPO K3 yang perlud diketahui, yaitu sebagai berikut;

1. Baterai Smartphone Memiliki Kapasitas Cukup alias Pas-Pasan

Kekurangan pertama yang disoroti adalah dari kapasitas baterai yang hanya dibekali 3.765 mAh saja. Kapasitas tersebut memang bukan yang terkecil dan juga bukan yang terbilang, melainkan cukup alias pas-pasan.

Baca juga : 10 Kekurangan dan Kelebihan Realme 5 yang Harus Anda Ketahui

Karena kapasitas yang hanya demikian, tentunya sangat kurang mendukung untuk bermain game dengan waktu yang lama di smartphone. Bahkan jika terlalu sering bisa merusak perangkat dari smartphone itu sendiri.

Jika smartphone digunakan untuk bermain PUBG 1 jam, Youtube 1 jam, kemudian bermain game mobile legends selama 2 jama hanya bisa membuat smartphone bertahan dari pagi sama malam saja.

Hal tersebut sudah diujicobakan oleh Gadgets NDTV, dimana OPPO K3 ini hanya berhasil bertahan selama 14 jam 46 menit yang hanya digunakan untuk tes loop video HD. Sedangkan untuk penggunaan normal, baterai hanya bisa bertahan seharian saja.

Dan berdasarkan uji coba tersebut bisa disimpulkan bahwa daya tahan baterai pada OPPO K3 tidaklah istimewa.

Dengan kekurangan ini banyak pihak yang menyayangkan mengingat banyak produk serupa dengan harga sama mampu menawarkan smartphone dengan daya tahan baterai yang lebih lama dan juga lebih baik.

2. Tidak Memiliki Slot microSD

Smartphone OPPO K3 ini menggunakan RAM 6 GB dengan penyimpanan 64 GB. Dengan kapasitas tersebut sangat disayangkan bahwasannya fitur tersebut tidak memiliki slot microSD.

Sehingga Anda harus menerima dan berpuas diri dengan menggunakan ROM 64 GB di smartphone tersebut. Belum lagi Anda harus siap-siap kecewa dengan kapasitas tersebut harus terpotong oleh sistem bawaan yang ada di smartphone.

Adapun sisa yang tersedia setelah terpakai oleh sistem bawaan tersebut adalah 48 GB saja. Namun, Anda boleh bernafas lega karena smartphone tersebut sudah dilengkapi dual sim.

Hanya saja, jangan terlalu banyak mendownload aplikasi atau game yang justru semakin memberatkan smartphone tersebut.

Mengenal Kelebihan OPPO K3

Setelah mengetahui kekurangan OPPO K3, Anda perlu mengenal pula kelebihan OPPO K3. Seperti yang telah dibahas di atas, banyak para reviewer yang mengulas beberapa kelebihan dari smartphone OPPO K3 ini. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut ;

1. Di Dukung oleh Dolby Atmos

Kelebihan pertama dari smartphone OPPO K3 ini adalah memiliki Dolby atmos, yaiut teknologi virtual reality suara yang memaksimalkan penggunaan audio dalam sebuah film.

Dolby atmos in pada umumnya bisa Anda temukan ketika menonton film di bioskop. Nah, kecanggihan teknologi tersebut kini dirasakan dalam smartphone OPPO K3.

Baca juga : Review Spesifikasi dan Harga Redmi Note 8, HP Paling Ditunggu !

Sehingga ktika menonton film, mendengarkan music, atau bermain game di smartphone akan terdengar jernih dan juga menggelegar.

Tetapi, jangan bayangan suaranya akan sama persis seperti di bioskop karena bagaimanapun juga dolby atmos tersebut akan bisa jernih didengarkan ketika memakai headset saja.

Maka dari itu, Anda pun harus memilih headset yang memang memiliki kualitas terbaik agar efek suara dolby atmos tersebut bisa terdengar jernih dan nyaman untuk mendengar suaranya.

2. Menggunakan Port USB Type- C

Kelebihan berikutnya yang ditampilkan OPPO K3 adalah menggunakan Port USB Type-C. Hal ini menjadi poin tambahan mengingat banyak perusahaan smartphone yang masih mempertahankan port microUSB.

Kelebihan tersebut juga patut untuk diapresiasi, karena produk-produk OPPO sebelumnya masing ‘’kurang peka’’ untuk menghadirkan fitur yang memang seharusnya ada seperti produk smartphone lain yang memiliki produk dan harga yang serupa.

Smartphone yang menggunakan USB Type-C ini memang tergolong masih jarang, padahal ada beberapa manfaat yang perlu diketahui bersama tentang port USB Type C ini, yaitu;

  • Bisa transfer data lebih dengan cepat dengan kecepatan transfer data 480 mb/detiknya.
  • Bisa mengisi baterai dengan cepat, hingga kecepatan yang diperlukan adalah 20 volt pada arus 5 ampere dengan membutuhkan kisaran daya 1,5 jam.
  • Memiliki model ramping dan anti terbalik, sehingga design dari smartphone phone akan ramping menyesuaikan dengan USB tersebut.

3. Memiliki Performa yang Cukup Bagus Ketika Bermain Game

Karena produk OPPO K3 ini terbatas, jelas saja pihak perusahaan pun ingin memberikan yang terbaik untuk para konsumennya. Oleh karena itu, performa yang diusungnya pun cukup bagus dan mampu bersaing dengan produk smartphone lainnya.

Keistimewaan tersebut terletak pada snapdragron 710, sekilas memang tidak ada yang istimewa karena beberapa smartphone pun sudah menggunakannya.

Hanya saja cukup membuat menarik konsumennya karena dengan snapdragon 710 tersebut dijual dengan harga Rp 3 jutaan.

Performa yang cukup bagus pun tebukti ketika memainkan game yang sedang hits saat ini, yaitu PUBG Mobile dan Asphalt9; legends. Saat dimainkan, grafis pada smartphone cukup tinggi dan berjalan dengan baik.

Kedua game tersebut mampu dimainkan berlama-lama dan tidak membuat efek buruk pada smartphone.

Tidak hanya itu, saat membuka aplikasi pun cukup berjalan dengan lancar sehingga tidak ada masalah besar yang berefek pada smartphone.

Dan yang paling membuat menarik para konsumennya adalah smartphone tersebut dilengkapi Game Boost yang tujuannya untuk meningkatkan performa saat bermain game.

4. Kamera Selfie Terbaik

Untuk Anda yang hobi berswafoto atau berselfie, sangat tepat sekali menggunakan kamera OPPO K3 tersebut.

Karena smartphone tersebut memiliki beberapa keunggulan yang membuat kamera depan atau kamera selfie memiliki kualitas yang sempurna, yaitu sebagai berikut;

  • Dilengkapi dengan sistem motorized pop-up yang membuat hasil jepretan tampak sempurna.
  • Memiliki sensor 16 MP dengan bukaan f/2.0
  • Sudah didukung dengan fitur HDR dan bisa merekam video dengan resolusi 1080p.
  • Hasil foto selfie menggunakan kamera OPPO K3 ini sangat baik terutama ketika selfie dalam kondisi terang. Sehingga semakin membuat Anda betah untk selfie.
  • Sangat mendukung aktivitas untuk Anda yang hobi berfoto.

5. Memiliki Performa Kamera Belakang yang Baik

Selain kamera depan yang bisa menampilah foto selfie terbaik, smartphone OPPO K3 memiliki performa kamera belakang yang baik pula.

Adapun spesifikasi dari kamera belakang OPPO K3 ini adalah sebagai berikut;

  • Memiliki kapasitas kamera 16 MP yang memiliki bukaan f/1.7, serta kamera 2 MP untuk depth sensor.
  • Terdapat sensor Sony IMX 519 yang sangat bagus
  • Hasil foto yang dihasilkan dari smartphone tampak sempurna terlebih ketika dalam kondisi yang cahaya kurang bagus.
  • Terdapat beberapa pengaturan mode untuk bisa menyesuaikan dalam kondisi dan situasi apapun
  • Bisa menghadirkan gambar yang detail dengan saturasi warna yang terbaik.
  • HDR pun beekrja dengan baik dimana memiliki sistem fokus otomatis yang bisa menangkap objek dengan cepat.

6. Menggunakan Layar AMOLED Plus Corning Gorilla Glass 5

Smartphone OPPO K3 memiliki layar dengan dimensi 6,5 inci dengan mengusung resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan rasio 19,5: 9 dan kerapatan layar 394ppi.

Dan yang menarik serta istimewa adalah layarnya menggunakan panel AMOLED sehingga menimbulkan efek gambar di smartphone benar-benar bagus.

Tidak hanya itu layar smartphonenya memiliki kualitas visual yang istimewa, dilihat dari sudah manapun sangat bagus dan seperti layar HP flagship.

Jangan khawatir untuk keamanan layaranya karena sudah dilindungi menggunakan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat smartphone OPPO K3 begitu sempurna dan layak untuk Anda miliki.

7. Memiliki VOOC Fast Charging

Smartphon OPPO K3 sudah dibekali dengan teknologi pengisia VOOC Flash Charge. Artinya, baterai smartphone Anda bisa terisi dengan cepat bahkan bisa lebih cepat dari smartphone lain yang menawarkan hal serupa.

Hal ini bukanlah pernyataan yang lebay agar smartphone tersebut laku terjual. Melainkan karena fakta dari teknologi VOOC fast charging sehinnga baterai smartphone bisa terisi dari 0 sampai 52 persen dalam waktu 30 menit.

Sedangkan dalam waktu satu jam, baterai bisa terisi hingga 91 persen. Karena itu, dalam waktu satu jam smartphone sudah bisa terisi penuh dan bisa bertahan lama sekalipun beberapa aktivitas Anda lakukan di smartphone OPPO K3 tersebut.

8. Memiliki Design Premium

Smartphone OPPO K3 ini memiliki design yang bagus walaupun bahan dasarnya polikarbonat. Design body smartphone ini mampu memantulkan garis-garis cahaya yang istimewa sehingga tampak mewah.

Baca juga : Review Spesifikasi dan Harga Realme 5 Pro, HP dengan 4 Kamera Belakang!

Smartphone ini memiliki design yang membusur hingga membuat nyaman untuk digenggam. Selain itu, terdapat variasi warna yang menarik sehingga membuat smartphone tampak premium.

Penutup

Nah, itulah dia review kekurangan dan kelebihan dari OPPO K3. Semoga dengan ulasan ini bisa membantu Anda untuk memilih smartphone yang keren dan istimewa. Kenali dengan performanya, cek dulu biayanya, baru belilah smartphone sesuai selera Anda. Semoga bermanfaat.