okl
2

ARUSGADGET – Ternyata ada beberapa situs yang menyediakan ruang untuk jual foto maupun video secara online. Hal ini tentunya menjadi peluang yang baik bagi mereka yang memiliki minat dalam bidang fotografi.

Teknologi yang semakin canggih justru memberikan ruang bagi banyak orang untuk menuangkan bakatnya. Kali ini, tidak hanya fotografer handal saja yang dapat melakukan jual foto dan video, tetapi semua orang juga bisa melakukannya.

Terlepas dari perangkat apa yang digunakan dalam mengambil jepretan, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena yang penting adalah hasil foto yang relevan dengan kebutuhan orang-orang di zaman sekarang.

Situs penyedia jual foto dan video yang semakin panjang daftarnya mencoba memberikan ruang bebas bagi mereka yang percaya diri terhadap hasil jepretannya.

Beberapa situs hadir untuk memberikan keuntungan dari setiap foto yang diunggah oleh para kontributor. Tidak hanya dalam bentuk rupiah, melainkan keuntungan juga bisa didapatkan dalam bentuk mata uang dolar.

Situs paling umum dan mudah diakses melalui website maupun aplikasi di antaranya, Shutterstock, Dreamstime, dan Alamy. Situs tersebut menyediakan ruang untuk menjadi kontributor dan mendapatkan keuntungan dari sana.

Baca Arus Gadget di Google News

Daftar Situs Jual Foto, Video, maupun Ilustrasi

Fotografer Bisa Jual Foto

Berikut adalah beberapa situs yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki minat tinggi dalam bidang fotografi dan hendak menjualnya di sana.

Perlu diingat bahwa setiap situs memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Anda hanya perlu menentukan mana saja kekurangan yang sekiranya masih bisa ditoleransi dan cocok untuk karakter jepretan Anda.

1. Shutterstock Contributor

Jual Foto dengan menjadi Shutterstock Contributor

Shutterstock merupakan situs yang menyediakan ratusan juta stok foto di dalamnya. Jual foto dan videomu dengan cara menjadi Shutterstock Contributor.

Sekilas mengenai Shutterstock, keberadaannya sudah ada sejak tahun 2003 oleh Jon Oringer dengan kantor pusat di New York. Banyak sekali kontributor yang bergabung dengan Shutterstock sehingga situs ini bisa begitu terkenal secara luas.

Kelebihan yang dimiliki Shutterstock sendiri terletak pada minimal penarikan yang tidak begitu besar., yaitu USD 35 Hal ini tentunya menjadi kesempatan agar kontributor tidak terlalu lama untuk menerima hasil jual foto mereka di Shutterstock.

Kekurangan dari Shutterstock sendiri tentu berasal dari persaingan yang ketat antar kontributor. Pasalnya, foto yang Anda unggah di Shutterstock akan bersaing dengan jutaan foto yang ada di situs ini.

Jika Anda tertarik untuk menjadi kontributor jual foto atau video dalam Shutterstock, maka Anda bisa langsung mengakses laman Shutterstock Contributor.

2. Dreamstime

Jual Foto di Dreamstime

Keunggulan yang paling menonjol dari Dreamstime adalah keterbukaan dalam menerima foto yang diambil hanya dengan menggunakan kamera HP. Pembagian hasil dengan memanfaatkan situs ini memberikan 20% dan 60% hasil penjualan.

Keuntungan yang diperoleh jika menjadi kontributor Dreamstime ialah sebesar 12% dengan bonus komunitas yang cukup aktif dalam berbagi tips fotografi.

Tidak hanya berfokus pada urusan fotografi dan keuntungan yang bisa dinikmati kontributor. Jual foto di Dreamstime juga turut menjadi ajang untuk melakukan donasi terhadap negara terdampak perang, yaitu Ukraina.

Dreamstime merupakan aplikasi yang cocok bagi mereka yang menginginkan keuntungan namun tidak melewatkan untuk bersedekah.

Jika Anda tertarik untuk bergabung sebagai kontributor Dreamstime, Anda bisa secara langsung mengakses laman Dreamstime dan melakukan Sign Up untuk menjadi kontributor.

3. Alamy

Jual Foto di Alamy

Situs ini memiliki keunggulan dari segi pendaftaran yang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak pengisian kolom. Hanya saja Alamy menekankan pada kualitas foto yang diunggah oleh kontributor.

Setiap kontributor yang bergabung dengan Alamy diharuskan mengunggah foto dengan minimal ukuran 17 MB. Kebanyakan, ukuran tersebut hanya dimiliki oleh kamera DSLR atau sejenisnya saja. Hal ini menyebabkan Alamy bukan merupakan situs yang ramah bagi pengguna ponsel.

Namun, dibalik keterbatasan unggahan yang disebabkan oleh regulasi Alamy, jual foto di situs ini justru memberikan keuntungan karena pembagian hasil yang tidak terlalu timpang. Aplikasi Alamy atau situs web Alamy bisa menjadi tempat yang tepat bagi para fotografer handal.

Jika Anda adalah seorang fotografer handal yang sudah terbiasa memegang perangkat berupa DSLR dan sejenisnya, maka Anda disarankan untuk mencari tahu bagaimana cara bergabung menjadi kontributor Alamy.

4. Getty Image dan iStock

Sebagaimana diketahui, Getty Images merupakan platform yang menjual foto-foto dengan kualits tinggi. Ini sangat populer, baik di kalangan publisher maupun pemilik brand.

getty image

Ada kelebihan dan kekurangan menjual foto karyamu di Getty Image. Kelebihan bergabung atau memilih Getty Image untuk menjual foto adalah Getty Image merupakan platform library yang sangat besar. Sehingga mereka memiliki kumpulan klien yang juga sangat besar.

Kekurangannya adalah untuk bergabung di Getty Image, kontributor memerlukan persetujuan. Kontributor harus mengirimkan foto karyanya terlebih dulu untuk disetujui sebelum memiliki lisensi. Sehingga platform ini lebih cocok untuk para fotografer profesional.

Untuk bergabung di Getty Image sebagai kontributor Anda mesti mendownload dulu aplikasi ini di playstore. Setelah itu mengisi formulir yang disediakan secara online. Dilanjutan mengirim 6 foto untuk direview terlebih dulu.

Pihak editor dari Getty Image akan melakukan sortir terlebih dulu dari foto-foto yang kamu kirimkan. Apakah foto yang dikirimkan ini layak untuk masuk ke Getty Image atau bisa pula ke cabang microstock milik mereka yaitu iStock.

Nah jika disetujui oleh Getty Image maka foto kamu, secara ekslusif hanya menjadi milik Getty Image. Artinya sebagai pemegang hak cipta kamu tidak bisa lagi mengirimkan karya foto tersebut ke platform jual foto lainnya.

Nah apabila ternyata terpilih sebagai kontributor iStock, foto yang kamu kirimkan akan masuk ke kategori non-eksklusif. Kamu masih diperbolehkan memasukan foto tersebut ke pihak lain.

Berapa besaran royalti yang kamu peroleh dari Getty Image dan iStock? Adapun besaran royalti di Getty Image adalah sebesar 20 persen sedangkan iStock adalah 15 persen.

5. Adobe Stock

Adobe Stock juga merupakan platform untuk menjual foto yang sangat populer. Namun platform jual foto ini sangat ketat dalam menentukan kualitas foto yang kamu tawarkan. Platform ini lebih cocok untuk fotografi semi profesional maupun profesional.

adobe stock

Untuk menjadi kontributor di Adobe Stock yang perlu dilakukan adalah membuat ID Adobe. Lalu masuk ke portal kontributor, ikuti langkah-langkah guna mengaktifkan akun. Lalu kirimkan karya-karya foto terbaikmu.

Adapun untuk royaltinya, Adobe Stock memberikan royalti bagi non-eksklusif sebesar 33 persen secara flat. Jika fotomu terjual maka penghasilan dari royalti penjualan baru bisa diambil setelah 45 hari pertama dan mencapai batas minimal 25 US$.

6. Free Digital Photos

Situs jual foto satu ini berasal dari Hong Kong dan memiliki keunggulan tersendiri. Foto yang Anda unggah awalnya akan dipasarkan secara gratis namun dengan resolusi yang minim.

Tampilan situs jual foto Free Digital Photos

Jual beli foto akan bisa terwujud jika ternyata pelanggan membutuhkan foto dengan resolusi yang lebih baik.

Namun, dengan keunggulan, tentu ada pula kekurangan yang dimiliki situs ini. Kekurangannya terletak pada penggunaan foto secara bebas tanpa membayar meskipun dengan resolusi minim dan tetap menyertakan nama kontributor dalam hak ciptanya.

Kekurangan tersebut sepertinya bisa dikesampingkan mengingat ada pula hal yang membuat gambarnya tidak bisa digunakan dengan maksimal. Kemudian, FreeDigitalPhotos akan memberikan royalty 70% untuk tiap penjualan dan ini merupakan jumlah yang besar jika dibandingkan dengan situs lainnya.

7. Bigstock Photo

Situs jual foto ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan perusahaan Shutterstock yang sudah sangat terkenal saat ini.

Tampilan situs Bigstock

Perihal royalti, Bigstock Photo memberikan royalty dengan persentasi 30% atau setara dengan 0,50 dollar untuk setiap foto yang berhasil terjual.

8. Redbubble

Berikutnya, ada Redbubble yang merupakan situs jual foto dengan konsep menjual karya visual yang memiliki nilai seni lebih tinggi. Di dalamnya, Anda bisa menjual desain yang Anda buat dengan konsep Print on Demand.

Tampilan situs Bigstock

Untuk menjual desain di Redbubble, Anda bisa menentukan berapapun besaran harga untuk tiap desainnya. Sebagai royalti, perusahaan memberikan sekitar 20% keuntungan untuk tiap kontributor atau artistnya untuk tiap desain yang berhasil terjual.

9. Foap

Selanjutnya, ada situs jual foto bernama Foap yang sangat terkenal di kalangan fotografer. Situs ini terbukti membayar para kontirbutornya dengan harga yang layak mulai dari 10 dollar serta mempromosikannya kepada perusahaan global.

Situs jual foto Foap

Kriteria foto yang bisa diunggah di Foap tidak terbatas pada alat DSLR atau kamera handphone. Kemudian, tema foto yang bisa dijual dalam situs ini juga tidak terbatas, mulai dari makanan, pemandangan alam, olahraga, binatang, dan lain sebagainya bisa dijual di sini.

10. Stocksy

Stocksy juga merupakan salah satu situs jual foto yang direkomendasikan karena kontributor memperoleh persentase royalty yang cukup besar. Tiap transaksi uduhan, maka 50% akan diberikan kepada kontributor sebagai royalty.

Namun, jika lisensinya diperpanjang, maka royalty akan didapatkan secara penuh oleh kontributor. Selain itu, ada pula keuntungan, di mana Stocksy juga akan membagikan 90% keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan kepada para kontributornya.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Melakukan Jual Foto dan Video

Menghasilkan Uang dari Fotografi

Hal yang paling utama tentunya memberitahukan bahwa yang paling utama dalam melakukan jual foto dan video adalah ketekunan dan kesabaran. Sejak mendaftar, foto yang kita unggah membutuhkan pengecekan kualitas yang cukup memakan waktu.

Selain itu, untuk mengumpulkan dana juga tidak mudah. Pasalnya, untuk satu buah foto juga harganya sangat murah. Sehingga, kontributor harus bersabar untuk menunggu pencairan dana dengan melihat progress unduhan.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi tips tambahan agar foto yang diunggah menjadi sebuah keuntungan yang bisa dinikmati hasilnya. Apa saja kira-kira tips dalam melakukan jual foto atau video dalam sebuah situs maupun aplikasi?

1. Menyunting Foto

Dalam melakukan aktivitas jual foto, sebaiknya foto dilakukan penyuntingan terlebih dahulu agar dapat menjadi foto yang menarik dan juga proporsional. Penyuntingan dapat menjadi bentuk penyempurnaan agar foto yang sudah diambil menjadi semakin sempurna.

Penyuntingan bisa menyesuaikan selera kontributor, tetapi ada baiknya untuk beberapa situs yang mengandalkan proyek untuk menyunting foto sesuai proyek atau tema yang telah ditentukan. Untuk penyuntingan yang diperbolehkan sebaiknya dibtasai hingga pencahayaan atau pemberian efek saja.

Tips ini menjadi hal yang harus diperhatikan karena foto yang diedit akan lebih mudah terjual dibandingkan dengan yang tidak diedit.

2. Menyesuaikan dengan Karakter Situs

Hal ini cukup penting karena setiap situs memiliki karakter tersendiri dari foto yang terpampang pada laman utama situs web. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apakah foto Anda cocok, perlu diperbaiki atau bahkan membutuhkan situs web lain yang sesuai dengan karakteristik fotomu?

3. Mengunggah Foto yang Sedang Banyak Dicari

Untuk mengetahui hal yang sedang banyak dicari bisa dilihat melalui media sosial masing-masing kontributor. Biasakan untuk terus update dan melihat isu apa yang sedang trending dan fotografinya bisa disisipkan melalui situs web yang terhubung.

4. Harga yang Disesuaikan

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa situs Alamy sendiri memberikan pembayaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Hal tersebut disebabkan karena fotografi yang diunggah dalam Alamy merupakan foto beresolusi High Definition (HD).

Sangat tidak sesuai jika fotografi biasa yang diambil dengan menggunakan ponsel lebih mahal harganya dibandingkan dengan perangkat lain yang memang sudah difokuskan untuk fotografi. Akibatnya, pengguna lain tidak membayar tinggi dan membuat foto yang Anda unggah menjadi tidak laku.

4. Cairkan Danamu Segera

Perihal dana merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Segera cairkan pendapatan dari hasil menjadi kontributor dalam situs jual beli foto.

Pasalnya, sebuah perusahaan belum tentu akan bertahan lama kejayaannya, barangkali ada perusahaan yang tutup dan berhenti beroperasi. Jika dana tidak ditarik, maka dana tersebut akan hangus begitu saja.

Tindakan menumpuk pendapatan dalam situs jual foto merupakan tindakan yang kurang bijak dan bisa saja merugikan Anda sebagai fotografer.

Bagikan !