Fitur Nearby TikTok Mulai Diuji Coba, Mempermudah Menampilkan Konten Lokal

ARUSGADGET – TikTok sedang selakukan uji coba fitur baru. Fitur Nearby TikTok ini berfungsi untuk menampilkan konten-konten lokal kepada para penggunanya.

Nearby ini merupakan feed yang akan ditampilkan pada berada aplikasi. Tampilan Nearby ini berada di samping “following dan For You”. Sampai saat ini uji cobanya masih terbatas.

Konsultan media sosial Matt Navara mengatakan saat ini TikTok sedang melakukan uji coba feed “Nearby” atau “Terdekat”.

Sesuai dengan namanya Feed Nearby ini nantinya bakal berisi berbagai konten dari lokasi pengguna yang terdekat. Tujuan dari penggunaan konten ini untuk mempermudah jangkauan skala lokal.

BACA JUGA : Ramai Jasa Screenshot iPhone, Kamu Tertarik?

Harapannya melalui fitur Nearby TikTok ini konten lokal akan lebih cepat viral pada tab Nearby. page pada Nearby juga diharapkan bisa merekatkan hubungan konten kreator pada satu wilayah.

Guna merealisasikan fitur baru Nearby ini TikTok ini, kreator bisa menambahkan tag lokasi pada video mereka. Melalui tag lokasi ini secara otomatis akan merekomendasikan kepada pengguna tik tok disekitar lokasi tag itu.

Salah satu juru bicara perusahaan memberikan informasi kepada TechCrunch bahwa feed baru mulai dilakukan uji coba pada pengguna TikTok tertentu di wilayah Asia Tenggara dan terbatas.

Juru bicara TikTok ini menyatakan penambahan tag lokasi ini secara bertahap akan diluncurkan kepada semua konten kreator. Namun dia masih belum yakin apakah Nearby hanya menampilkan video yang memiliki tag lokasi saja atau tidak.

fitur nearby tiktok 2

Popularitas TikTok selama ini memang didukung oleh algoritme rekomendasinya, following maupun For You (FYP). Melalui fitur Nearby TikTok ini diharapkan aplikasi TikTok bisa menampilkan video dari para konten kreator yang lebih relevan kepada penggunanya.

Peluncuran Nearby bakal membuat aplikasi TikTok mengejar fitur sebagaimana Snap Map pada Snapchat ataupun peta pencarian pada Instagram. Sebagaimana diketahui Snap Map maupun fitur Snapchat dapat memudahkan penggunanya mencari lokasi-lokasi populer terdekat.

BACA JUGA : Stabilkan Video Pakai Google Photos, Sangat Mudah Hasilnya Lumayan Bagus

Melalui fitur ini kemungkinan pengguna TikTok bukan hanya dapat mudah mencari konten lokal disekitar mereka namun juga dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat terdekat.

masih dilansir dari TechCrunch bahwa dengan kemungkinan TikTok mendorong pencarian tempat terdekat kemungkinan akan berdampak pada pencarian tempat baru Google. Semisal Google Map.

Sampai saat ini pengguna yang lebih muda acap kali lebih mudah beralih ke aplikasi seperti Instagram untuk mencari tempat bersantai seperti restauran daripada mencari di penelusuran peta. Jika TikTok meluncurkan umpan Terdekatnya lebih luas, kemungkinan akan membuat proses penemuan ini lebih mudah dan lebih bertarget.

Keberadaan feed Nearby TikTok ini juga kemungkinan akan membuka peluang baru bagi pengiklan lokal. Namun hingga saat ini belum ada kepastian kapan “Nearby” ini akan diluncurkan secara luas. (*)

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !