Stabilkan Video Pakai Google Photos, Sangat Mudah Hasilnya Lumayan Bagus

ARUSGADGET – Membuat konten video sudah menjadi hobi sehari-hari, terutama bagi para konten kreator. Baik YouTube, TikTok, Facebook maupun Snack Video. Hanya saja saat membuat video bergerak, acap kali terkendala fasilitas pada smartphone tidak. Semisal kamera smartphone tidak ada fasilitas stabiliser-nya. Jangan khawatir stabilkan video pakai Google Photos. Memakai Google Foto sangat mudah, murah dan hasilnya lumayan bagus.

Bagaimana cara stabilkan video pakai Google Photos, kali ini Arus Gadget akan mengulasnya pada artikel kali ini. Pada kesempatan berikutnya juga akan kita ulas langkah demi langkah pada video tutorial di TikTok arus gadget.

Sebelum memulai tutorial cara stabilkan video pakai Google Photos, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengambilan gambarnya maksimal. Anatara lain

Kenali Spesifikasi Ponsel sebelum Stabilkan Video Pakai Google Photos

Saat ini sudah cukup banyak smartphone berharga dua jutaan yang mampu mengambil video cukup bagus. Bahkan hasil video ini bisa diproses menjadi video HD.

BACA JUGA : Jual Foto dan Videomu di 3 Situs Ini

Hanya saja ada beberapa kelemahan yang dimiliki. Semisal tidak dilengkapi perangkat lunak untuk menstabilkan video. Selain itu ruang penyimpanan maupun RAM juga pas-pasan.

Nah jika memang kapasitas RAM-nya terbatas. Semisal pada kisaran 6 GB maka pengambilan video lebih baik jangan langsung durasi panjang. Ambil video pendek-pendek di bawah 30 menit, atau maksimal 1 menit.

Bila video langsung durasi panjang, proses stabilkan pakai Google Photo akan memakan waktu lama. Hasilnya terkadang masih muncul binti-bintik pada video itu.

Tips Pengambilan Video agar Menghasilkan Video yang Stabil

Dengan perkembangan zaman yang pesat, keterbatasan perangkat dalam menghasilkan video yang baik bisa dengan mudah ditangani. Kini, tersedia banyak aplikasi dalam perangkat Anda dan beberapa diantaranya memberikan fitur untuk menstabilkan video.

Sebagai seseorang yang ingin menjadi videografer handal bermodalkan ponsel, alangkah baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara merekam video yang benar dan juga stabil. Jika hasilnya dirasa kurang sesuai dengan ekspetasi Anda, maka Anda baru bisa memanfaatkan aplikasi untuk menstabilkan video yang dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui, ponsel merupakan salah satu perangkat elektronik yang akrab dengan keseharian kita. Bahkan, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan ponsel, termasuk merekam video.

Tetapi sebelum melakukan eksekusi, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa tips agar mampu menghasilkan video yang stabil. Caranya adalah sebagai berikut.

Gunakan Fitur Stabilizer

Beberapa ponsel mungkin menyediakan pengaturan kamera default ponsel yang lengkap dengan stabilizer. Fitur ini tentu menjadi jalan utama agar video yang dihasilkan bisa lebih stabil, atau setidaknya meminimalisir gambar yang goyang di hasil perekaman. Namun jika di ponsel kamu tidka ada fitur ini, pun tidak masalah. Sebab nantinya akan distabilkan dengan google photo.

Gunakan Alat Tambahan sebagai Stabilizer

Saat ini sudah banyak alat yang dijual dengan harga relatif murah untuk membantu menghasilkan gambar yang lebih stabil meskipun menggunakan ponsel. Alat tersebut misalnya seperti tripod atau tongkat eksis (tongsis). Alat ini sudha bisa membantu agak tidak terlalu goyang.

Genggam Ponsel dengan Kedua Tangan Secara Erat

Untuk video dengan durasi yang lebih singkat, maka Anda bisa menggenggam ponsel dengan kedua tangan Anda di kedua sisi samping ponsel. Hal tersebut dikarenakan tangan kita seringkali mengalami getaran yang mengganggu hasil rekaman karena beban ponsel yang tidak sesuai dengan jari-jari tangan.

Bertahan di Posisi dan Angle yang Sama

Kestabilan video akan tetap terjaga jika perekaman tidak dilakukan dengan gerakan yang berlebihan. Setiap gerakan yang terlebih mengandalkan genggaman tangan akan rawan terhadap ketidakstabilan pada hasil video.

Setelah melakukan tips di atas, Anda bisa memastikan apakah tips tersebut berhasil atau justru Anda memerlukan aplikasi untuk menstabilkan video. Beberapa aplikasi edit video memberikan fitur stabilizer untuk menstabilkan video yang goyang.

Salah satu aplikasi yang terkenal dan paling mudah diakses untuk memanfaatkan fitur yang berfungsi menstabilkan video ialah Google Photos. Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi, bahkan di beberapa ponsel sudah menjadi aplikasi bawaan.

Sayang sekali jika keberadaan aplikasi ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Maka dari itu, simak cara menstabilkan video dengan Google Photos berikut agar aplikasi ini tidak sia-sia, terutama untuk Anda para pegiat videografi.

Mengenal Google Photos

Google Photos atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Google Foto merupakan salah satu layanan yang disediakan Google untuk menyimpan berbagai foto dan video dalam ponsel. Biasanya, pengguna akan memanfaatkannya untuk mem-back up data yang ada dalam ponsel.

stabilkan video pakai Google Photos (3)

Layanan Google Photos sendiri sudah ada sejak 28 Mei 2015, selain memberikan penyimpanan dan alat untuk berbagi momen, layanan ini juga digunakan untuk keperluan lain seperti mengedit. Dengan layanan ini, maka kita bisa memangkas, memutar, bahkan mengedit foto dan video.

Google juga memberikan batas yang cukup besar untuk melakukan pencadangan data-data dalam Google Photos. Pasalnya, sekitar 15 GB ruang yang tersedia untuk menyimpan berbagai foto dan video secara gratis dan hanya mengandalkan akun Gmail saja.

Cara Stabilkan Video Pakai Google Photos

Sebelum stabilkan video pakai Google Photos maka semua video sudah disortir terlebih dulu. Video-video mana saja yang akan dilanjutkan pada proses editing video.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti untuk menstabilkan video dengan menggunakan Google Photos:

• Pertama, pastikan aplikasi Google Photos sudah tersedia dalam ponsel Anda. Jika belum, maka Anda bisa menginstallnya terlebih dahulu di toko aplikasi.
• Kedua, pilih opsi “Telusuri” dan pilih menu “Video” atau Anda bisa langsung mengunjungi menu “Photos”
• Ketiga, pilih video yang akan Anda stabilkan dengan Google Photos
• Keempat, pilih opsi “Edit” dengan ikon garis-garis yang terletak di bagian bawah foto
• Kemudian pilih fitur “Stabilize”
• Tunggu proses menstabilkan video rekaman berhasil
• Kemudian pilih menu “Simpan” dan tunggu proses hingga muncul informasi “Tersimpan/Saved”
• Selesai! Anda berhasil menstabilkan video rekaman yang menurut Anda kurang sempurna.

stabilkan video pakai Google Photos (1)

Bagaimana? Mudah, bukan? Untuk menstabilkan video yang direkam dengan menggunakan ponsel Anda. Terlebih aplikasi yang digunakan juga bukan merupakan aplikasi berbayar atau memerlukan berlangganan untuk mendapatkan fitur stabilizer.

Meskipun bermodalkan ponsel, menstabilkan video bukan menjadi hal yang sulit sekarang. Tertarik untuk mencoba stabilkan video pakai Google Photos?

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !