Apple iPad Air 5 Bertengger di Laman SDPPI Kemenkominfo, Ini Spesifikasinya!

ARUSGADGET – Vendor perangkat mahal Apple memiliki kemungkinan akan memboyong perangkatnya yang bertajuk Apple iPad Air 5 di Indonesia.

Kabar tersebut mencuat karena perangkat Apple iPad Air 5 ini muncul di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI yang berada di bawah naungan Kemenkominfo.

Nomor sertifikasi yang tertera untuk Apple iPad Air 5 adalah 81297/SDPPI/2022.

Nomor sertifikasi tersebut diajukan oleh perusahaan bernama PT. Apple Indonesia tertanggal 1 April 2022. Kemudian sertifikasi tersebut mencantumkan identitas Pad Air (5th generation/generasi kelima) atau biasa disebut sebagai iPad Air 5.

Selain dari identitas nomor sertifikasi, nama perusahaan, serta identitas perangkat, ada pula nomor model Apple iPad Air 5 yang membawa nomor A2588. Kemunculannya di laman sertifikasi SDPPI meyakinkan Apple Fanboy mengenai kedatangan perangkat iPad generasi kelima tersebut.

Pasalnya sertifikasi SDPPI merupakan sertifikasi yang harus dikantongi oleh alat telekomunikasi yang menerima atau mentransmisi spektrum radio di Indonesia. Selain dari SDPPI, ada pula sertifikasi TKDN yang harus dikantongi perangkat elektronik yang akan memasuki pasar Indonesia.

BACA JUGA : Beginilah Spesifikasi iPad Air 2022 Dengan Keunggulan Chipsetnya

Belum Mengantongi TKDN

Apple iPad Air 5 belum mengantongi TKDN

Sertifikasi TKDN merupakan singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri di mana perangkat harus melewati lolos uji. Namun, kabar mengenai Apple iPad Air 5 hingga saat ini belum sampai untuk sertifikasi TKDN.

Meskipun telah mengantongi sertifikasi SDPPI, masih belum ada konfirmasi resmi mengenai tanggal resmi perilisan Apple iPad Air 5. Sebelum kabarnya akan menyentuh Indonesia, perangkat ini dirilis secara global pada 8 Maret 2022.

Ketersediaannya hingga saat ini masih terbatas untuk beberapa negara. Negara yang sudah melibatkan Apple iPad Air 5 di antaranya negara Amerika Serikat, Malaysia, dan juga Singapura. Negara tetangga sudah lebih dulu melakukan penjualan iPad Air, namun Indonesia sendiri belum.

Meskipun kehadiran Apple iPad Air 5 di Indonesia masih belum menemui kepastian, harga yang dipasang di negara tetangga bisa dijadikan acuan untuk menyiapkan budget. Penjualannya dibanderol dengan harga variatif menyesuaikan dengan konfigurasi RAM dan penyimpanan internalnya.

Harga Apple iPad Air 5 di Negara Tetangga

Apple iPad Air

Di Malaysia, harga Apple iPad Air 5 dibanderol dengan harga 2.699 ringgit atau setara dengan Rp 9,1 juta (8/64 GB WiFi only). Kemudian 3.349 ringgit atau setara dengan Rp 11,3 juta (8/256 GB WiFi only dan varian 8/64 GB WiFi + seluler). Terakhir, ada harga 3.999 ringgit atau setara Rp 13,5 juta (8/256 GB WiFi + seluler).

Untuk penjualannya di Singapura, untuk varian WiFi only dijual dengan SGD 879 atau setara dengan Rp 9,2 juta (8/64 GB). Kemudian harga SGD 1.099 atau setara dengan Rp 11,6 juta diusung untuk varian 8/256 GB Wi-Fi only dan 8/64 GB WiFi + seluler. Ada pula varian WiFi + seluler 8/256 GB atau setara dengan Rp 13,9 juta.

Perilisan Apple iPad Air 5 di Indonesia juga semakin nyata karena iPad Air 2022 sudah dipajang di laman Apple Indonesia. Terpampangnya iPad Air 2022 di laman Apple Indonesia juga mencakup informasi tampilan dan spesifikasi perangkat. Selain iPad Air 2022, Anda juga dapat melihat kehadiran iPhone SE 2022 pada laman Apple Indonesia yang mungkin menjadi tanda untuk perilisan ponsel terbarunya.

BACA JUGA : iPad Pro 2021, 12,9 inci Layar LED XDR, Masih Layak Beli?

Spesifikasi iPad Air

iPad generasi kelima

Apple iPad Air 5 membawa spesifikasi layar Liquid Retina Display dengan ukuran layar 10,9 inci. Layar ini membawa resolusi 2.360 x 1.640 piksel dengan kecerahan maksimum 500 nits. Dimensi dari perangkat ini adalah 247,6 mm x 178,5 mm x 6,1 mm dengan bobotnya sebesar 461 gram.

Chipset yang diusung dalam Apple iPad Air 5 adalah Apple M1. Hardware tersebut memiliki arsitektur 5nm. Dengan menggandeng chipset tersebut, maka iPad Air memiliki kapasitas RAM 8 GB dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB dan 128 GB.

Di sektor kamera, perangkat ini membawa kamera selfie yang beresolusi 12 MP dengan bukaan f/2.4. Kemudian untuk kamera belakangnya memiliki resolusi sebesar 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang mendukung autofocus, auto image stabilization, dan juga zoom 5x.

Dari segi ketahananan, baterai yang dimiliki Apple iPad Air 5 adalah sebesar 28,6 Wh. Kemudian dalam segi software, perangkat ini membawa iPadOS 15. Fitur lain yang dimiliki perangkat ini adalah dari segi konektivitas yang mendukung jaringan 5G, dukungan Apple Pencil generasi kedua, dan Magic Keyboard.

BACA JUGA : iOS 15.4 Meluncur Bersama Sistem Operasi Terbaru Mac dan iPad

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !