iPad Pro 2021, 12,9 inci Layar LED XDR, Masih Layak Beli?

Meski semakin banyak produsen gadget bermunculan, namun membicarakan tentang Apple masih merupakan sesuatu yang seksi. Setelah kemarin kita mengulas tentang monitor iMac 2021, kini kita akan membicarakan iPad Pro 2021 yang meluncur dengan layar seluas 12,9 inci.

Bagi beberapa orang ukuran layar ini terlalu besar untuk sebuah tablet, lebih layak menjadi notebook saja. Namun Apple menginginkan tablet ini nyaman digunakan untuk para pekerja seni digital, sehingga keluasan bidang adalah andalan iPad Pro 2021 ini.

Jika Anda ingin ukuran yang lebih kecil, Apple juga membuat versi 11 inci dari iPad Pro 2021. Perbedaan mendasar dari kedua model ini adalah pada layarnya.

iPad Pro 12,9 inci mempunyai layar Liquid Retina XDR yang menggunakan 10.000 LED mini. Dengan LED mini ini disebut membuat pengguna lebih mudah mengatur kecerahan dan kontras layar. Kecerahannya berkisar dari 1000 nits hingga 1600 nit. Bahkan, rasio kontrasnya diklaim 1 banding satu juta.

Sebuah kekuatan kelas atas menyatu dengan layar yang fantastis. Ada sejumlah peningkatan baru yang lebih kecil, dan tentu menggunakan iPad adalah sebuah pengalaman tablet yang tak tertandingi.

Tablet ini memang bukan untuk pengguna umum, karena ukurannya yang besar dan label harga yang tinggi. Tetapi jangan salah, ini adalah yang terbaik dari yang terbaik. “Core of The Core” kalau kata Pak Ndul.

©www.techradar.com
CPUApple M1 (8-core)
OSiPadOS 14.5
RAM8GB / 16GB
Layar12,9 inci, Liquid Retina XDR Mini LED LCD, resolusi 2048 x 2732, 120Hz
Penyimpanan128GB / 256GB / 512GB / 1TB / 2TB
Dimensi280,6 x 214,9 x 6,4 mm
Ports1x Thunderbolt USB-C
KonektivitasWi-Fi 6, Selular 5G
KameraBelakang 12MP + 10MP + ToF12MP + 10MP + ToF, Depan 12MP
Berat682 gr
Spesifikasi iPad Pro 2021

Ulasan Singkat iPad Pro 2021

IPad Pro 2021 adalah langkah besar untuk pengalaman tablet terbaik Apple, tetapi apakah itu yang Anda butuhkan? Jika Anda menginginkan tablet terbaik sekaligus mampu berfungsi sebagai pengganti komputer, mungkin ini pembelian yang sempurna untuk Anda.

Yuk baca, Apple Watch SE, Fitur Mewah Dengan Harga Murah

IPad Pro 2021 12,9 inci bukan untuk semua kalangan. Harganya yang mahal adalah sebuah peringatan awal untuk calon pembeli. Kemudian layarnya juga terlalu besar untuk sebuah tablet, Anda tidak akan bisa menaruhnya di tas selempang.

©www.techradar.com

Namun jika Anda seorang Apple Freak, tentu tidak bisa melewatkan pengalaman tablet terbaik ini.iPad Pro 2021 adalah penawaran luar biasa yang menawarkan kekuatan generasi berikutnya, pengalaman tampilan yang fantastis, dan semua hal lain yang kami sukai dari tablet terbaik Apple. .

Layar Liquid Retina XDR Mini LED baru sangat cantik, dengan tingkat kecerahan maksimal yang tidak terlihat di tablet lain. Satu-satunya tablet yang layak disandingkan dengan iPad Pro 2021 adalah Samsung Galaxy Tab S7 Plus.

Seperti produk 2021 lainnya, iPad Pro 2021 menggunakan chipset M1 Apple. Tentu ini adalah pertama kalinya perusahaan memasukkan silikon merek sendiri yang baru ke dalam iPad.

Dengan M1 Apple, iPad Pro ini memiliki kekuatan luar biasa. Menjelma menjadi salah satu layar terbaik untuk menonton film, dan juga cocok untuk Anda untuk tugas sehari-hari.

Lewat laman resmi, Apple menyampaikan chip M1 memiliki desain CPU 8-core yang mampu menghadirkan kinerja CPU hingga 50 persen lebih cepat daripada A12Z Bionic dan GPU 8-core yang menghadirkan kinerja 40 persen lebih cepat.

IPad Pro 2021 juga dilengkapi dengan Apple Neural Engine 16-core generasi terbaru, image signal processor (ISP) canggih, RAM 16GB, dan ROM 2TB.

ISP dan Neural Engine di M1 diklaim memberi lebih banyak kemampuan dari sistem kamera pro, misalnya mendukung Smart HDR 3 untuk pertama kalinya ke iPad Pro. Dalam kondisi cahaya redup, ISP dan LiDAR Scanner juga bisa dengan cepat dan akurat memfokuskan gambar dan video.

Tablet ini akan memuat aplikasi seperti YouTube, Netflix, dan email Anda lebih cepat dari sebelumnya.

iPad Pro 2021 mempunyai  varian penyimpanan berkapasitas lebih tinggi dari sebelumnya, 2TB. Fitur kamera “Center Stage”  baru yang membuat Anda tetap fokus pada panggilan video, dan dukungan Thunderbolt 4 di slot USB-C.

Dalam penggunaan normal,kami menemukan bahwa tablet akan bertahan sekitar 10 jam dengan pengisian penuh. Bagaimana Anda menggunakannya tentu akan mempengaruhi daya tahan baterai. Tetapi kami yakin iPad Pro tidak akan mengecewakan siapapun.

Kapan iPad Pro rilis?

IPad Pro 2021 baru Apple mulai meluncur pada 21 Mei di seluruh dunia. Anda dapat memesannya mulai dari sekarang melalui halaman resmi Apple dan marketplace.

Beberapa marketplace membanderol iPad Pro 12,9 inci dengan harga 20 juta rupiah untuk kapasitas memori  1GB. Jika Anda membaca ulasan singkat di atas, ini adalah harga yang layak untuk sebuah produk Apple.

Yuk baca ulasan, Macbook Air M1, Menjajal Prosesor Terbaru Buatan Apple

CEO Apple Tim Cook berharap bahwa stok iPad bisa melayani kebutuhan pesanan dari seluruh dunia. Kabarnya ketersediaan chip M1 yang terbatas membuat iPad tidak bisa diproduksi dalam jumlah yang terlalu banyak.

Desain iPad Pro 2021

Desain iPad Pro 2021 tidak banyak berubah dari iPad 2020, masih merupakan perangkat yang tampak hebat dengan desain ramping yang sekaligus terasa premium dan tahan lama. Jika Anda mencari tablet yang fungsional namun menarik, iPad Pro 2021 memberikan semua yang Anda butuhkan.

Tablet ini memiliki rangka dan bagian belakang aluminium. Kemudian bagian depannya terbuat dari kaca dengan lapisan anti gores.

 Anda sebaiknya membeli casing jika ingin memaksimalkan perlindungan terhadap benturan dan goresan.

©www.techradar.com

Kami menyukai bagaimana Apple memanjakan telinga dengan empat speaker. Dua di bagian atas perangkat dan dua di tepi bawah.

Bagian bawah perangkat juga merupakan rumah bagi port USB-C, yang juga merupakan port Thunderbolt. Kemudian di tepi kanan ada slot pengisian daya untuk Apple Pencil dan tombol volume.

Tablet ini hadir dalam pilihan Silver atau Space Grey, tidak ada pilihan warna lain.

IPad Pro 2021 12,9 inci berukuran 280,6 x 214,9 x 6,4 mm, lebih tebal dari iPad Pro 2020. Varian iPad Pro 2021 dengan fitur Wi-Fi saja memiliki berat 682g, sedangkan versi seluler  5G sedikit lebih berat yaitu 685g.

Layar iPad Pro 2021

Layar adalah salah satu area di mana Apple secara nyata meningkatkan kualitas untuk iPad Pro 2021 baru, dengan layar 12,9 inci kelas atas. Jika Anda lebih suka tablet premium yang lebih kecil, Anda dapat membeli iPad Pro 11 inci 2021, tetapi teknologi layarnya tidak begitu mengesankan.

©www.techradar.com

Layar Pro 12,9 inci menampilkan teknologi Mini LED baru yang menawarkan gambar tajam dan cerah. Perusahaan menyebutnya layar Liquid Retina XDR, dan menurut kami layar ini memberikan pengalaman menonton yang luar biasa.

Kecerahan puncak mampu mencapai 1600 nits, meski pengaturan maksimum terlalu berlebihan dalam penggunaan sehari-hari.

Layarnya juga memiliki kecepatan refresh 120Hz, yang berarti gambar di layar disegarkan dua kali lebih cepat dari pada banyak tablet lain untuk tampilan dan nuansa yang lebih mulus.

Ini sangat efektif ketika Anda menggulir media sosial, atau memainkan permainan yang intens dan membutuhkan gambar di layar untuk mengimbangi aksinya.

Tampilannya menawarkan gambar yang jelas dengan kualitas luar biasa. Layar yang sangat menakjubkan untuk menonton film dan video.

Sama mengesankannya untuk mengedit video, menjadikannya perangkat yang menarik bagi pembuat konten. Dengan resolusi2048 x 2732 menghasilkan 265 piksel per inci.

Performa

Apple telah memasukkan chipset M1 terbarunya dan membuat iPad Pro 12,9 inci benar – benar hidup. Chip M1 menjadikan iPad Pro perangkat serbaguna bagi mereka yang membutuhkannya. Seperti mengaransemen musik, mengedit video, menggambar, atau melakukan tugas intensif lainnya.

IPad Pro 2021 baru akan menjalankan aplikasi iPad biasa Anda sama efektifnya dengan model sebelumnya. Tetapi beberapa aplikasi akan bekerja lebih baik dengan chipset M1.

Di Geekbench 5, kami menemukan skor performa untuk iPad Pro 2021 sebesar 7297. Chip M1 telah memberikan langkah yang luar biasa, dan Anda akan menyadarinya saat Anda menyalakan perangkat lunak yang lebih intensif.

Anda mendapatkan RAM 8GB atau 16GB tergantung pada model yang Anda pilih. Varian penyimpanan 128GB, 256GB dan 512GB mendapatkan 8GB, sedangkan penyimpanan 1TB atau 2TB, hadir dengan 16GB.

iPad Pro 2021 tidak mempunyai slot MicroSD, jadi kami sarankan untuk membeli model dengan memori penyimpanan yang besar.

Kamera iPad Pro 2021

iPad Pro 2021 mempunyai kamera utama 12MP yang mumpuni di bagian belakang. Kualitas kameranya biasa saja tidak ada yang luar biasa.

©www.techradar.com

Setidaknya cukup baik untuk tugas sehari-hari dan kami menganggapnya berguna dalam berbagai aplikasi.

Ada juga kamera ultrawide 10MP saat Anda membutuhkan lebih banyak pengambilan gambar, yang menurut kami cukup berguna. Ada juga sensor di bagian belakang tablet, yang digunakan untuk penginderaan mendalam untuk mode potret.

Bagian depan tablet juga memiliki kamera 12MP. Kamera depannya tidak nampak menonjol, Apple menyematkannya di sepanjang bezel atas perangkat.

Kamera depan ini bekerja dengan dukungan fitur Center Stage. Fitur ini akan membuat kamera mengikuti Anda kemanapun saat melakukan panggilan video.

Jadi Anda bisa tetap bergerak sambil melakukan panggilan video dan kamera akan mengikuti arah gerak Anda.

Aksesoris iPad Pro 2021

Ada dua aksesoris wajib untuk mendukung kerja Anda menggunakan iPad Pro 2021. Pertama adalah Apple Pencil 2 yang sudah ada dalam paket pembelian.

Apple Pencil 2 bisa mengisi daya dengan menempelkannya ke iPad. Pensil ini memberikan pengalaman stylus yang hebat untuk fungsionalitas tambahan dan juga dapat membuat catatan atau menggambar di layar tablet Anda.

Kedua adalah magic keyboard yang dijual terpisah. Jika Anda masih mempunyai magic keyboard versi iPad Pro 2020 12,9 inci maka seharusnya masih berfungsi dengan model baru.

Yuk baca, iMac 2021 Meninggalkan Tren Desain Klasik iMac Yang Kaku

Namun karena iPad Pro 2021 lebih tebal daripada versi 2020, sepertinya magic keyboard versi lama tidak benar – benar bisa menutup dengan benar ke iPad. Maka kami menyarankan untuk membeli magic keyboard versi baru juga.

Daya tahan baterai

Kami belum mempelajari ukuran pasti baterai di dalam iPad Pro 2021, bahkan Apple tidak menuliskan apapun pada laman resmi mereka. Tetapi masa pakai baterai telah terbukti kuat selama waktu pengujian kami dengan tablet.

Beberapa rumor mengklaim baterainya lebih besar dari yang ada di edisi 2020, dan model generasi terakhir memiliki baterai 9.720mAh. Kita mungkin tidak akan tahu pasti sampai seseorang membuka iPad Pro baru dan melihat ke dalam sendiri.

Kami menemukan bahwa iPad Pro mampu bertahan selama 10 jam penuh seperti kata Apple. Dengan kami melakukan berbagai tugas termasuk menjelajah web, streaming video, menulis di pengolah kata, bermain game, dan berpindah-pindah di berbagai aplikasi.

Kami juga menyesuaikan kecerahan naik dan turun selama pengujian kami. Kami menemukan bahwa baterai akan turun lebih cepat saat tablet berada pada kecerahan maksimumnya.

Bagikan !