iOS 15.4 Meluncur Bersama Sistem Operasi Terbaru Mac dan iPad

ARUSGADGET – Apple memberikan pembaruan pada sistem operasi miliknya dengan tajuk iOS 15.4. Pembaruan ini tentunya memberikan berbagai fitur baru yang mendukung keberadaan iPhone milik pengguna. Tidak berhenti di situ, peluncuran ini juga bersamaan dengan sistem operasi terbaru untuk Mac dan juga iPad.

iOS 15.4 memberikan kecanggihan fitur yang  relevan dengan kondisi para penggunanya. Mengingat bahwa kali ini seluruh masyarakat dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19, maka masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pembaruan Face ID

Face ID iOS 15.4

Protokol kesehatan yang tidak terlepas dari keseharian masyarakat adalah penggunaan masker untuk mencegah penularan virus. Dengan menggunakan masker, tentunya beberapa pengguna ponsel tidak bisa melakukan Face ID karena pada dasarnya fitur ini akan membaca area wajah. Hal tersebut menyulitkan saat menggunakan masker karena masker akan menutupi wajah.

Kelemahan yang ada tersebut akhirnya teratasi melalui keberadaan iOS 15.4. Keberadaan sistem operasi terbaru ini menghadirkan solusi untuk Face ID yang tetap bisa mendeteksi wajah meskipun menggunakan masker. Face ID dengan konsep ini hanya akan mendeteksi area sekitar mata dan memudahkan pengguna jika akan membuka aplikasi yang membutuhkan keamanan tinggi.

Update iOS 15.4

BACA JUGA :

Meskipun fitur baru ini memang mengurangi akurasi pemindaian Face ID, setidaknya pengguna dapat mudah membuka ponsel saat sedang berada di luar. Face ID dengan konsep ini tentu menjadi kebutuhan karena memiliki kepraktisan yang lebih tinggi daripada memasukkan PIN atau kata sandi.

Penambahan Emoji dan NFC

Emoji iPhone iOS 15.4

Selain dari fitur Face ID yang mendukung pemindaian wajah menggunakan masker, iOS 15.4 juga memberikan pembaruan pada emoji. Emoji pada sistem operasi ini memiliki sekitar 37 karakter dan ekspresi baru. Pembaruan ini mencakup emoji gerakan tangan, wajah, dan perabotan serta menambahkan warna kulit untuk emoji bersalaman.

Fitur lainnya yang tersedia dengan pembaruan sistem operasi ini adalah Tap to Pay yang memanfaatkan NFC untuk keperluan pembayaran melalui Apple Pay. Ponsel yang mendukung pembaruan ke sistem operasi terbaru milik Apple ini terdiri dari ponsel mulai dari iPhone 6S.

Sistem Operasi Lainnya Meluncur Bersama iOS 15.4

macOS Monterey 12.3

Peluncuran iPadOS 15.4 dan MacOS 12.3 turut melengkapi kehadiran sistem operasi iOS 15.4. Untuk sistem terbaru bagi iPad akan menghadirkan fitur Universal Control yang memungkinkan penggunaan keyboard dan mouse Mac untuk perangkat iPad. Sedangkan macOS Monterey akan mendukung beberapa perangkat Mac di bawah ini :

  • iMac Pro (2017 ke atas)
  • Mac Pro (mulai dari 2013) dan Mac Mini (generasi akhir 2014)
  • MacBook Pro dan MacBook Air (generasi awal 2015), serta MacBook (2016).

Pembaruan iOS dan iPadOS 15.4 sudah bisa pengguna nikmati dengan mengunduhnya melalui Setting lalu melangkah ke opsi General dan memilih Software Update. Kemudian untuk macOS 12.3 bisa melalui fitur System Preferences dan memilih Software Update.

BACA JUGA :

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar