8 Aplikasi Nonton Film Terbaik, Ternyata Banyak yang Gratis!

Hobby menonton film? Tak lengkap rasanya jika belum tahu aplikasi-aplikasi nonton film legal yang ternyata beberapa diantaranya bisa kita nikmati secara gratis!

Sebelum adanya aplikasi nonton film, dulu kita harus ke bioskop atau membeli kaset film. Lalu saat internet mulai berkembang kita bisa menoton secara online atau mendowloadnya lewat internet.

Namun banyak situs-situs film yang statusnya tidak legal dan berpotensi memberikan ancaman cyber seperti malware. Belum lagi terkadang video player yang ada di situs tersebut eror ketika ingin menonton streaming, dan untuk mendowloadnya kita harus melewati berbagai iklan.

Anda yang gemar menonton film, pastinya cukup terganggu dengan hal tersebut. Tenang saja, saat ini sudah banyak aplikasi menonton film yang legal dan bisa Anda gunakan di berbagai perangkat, termasuk smartphone.

Bahkan diantaranya ada yang menyediakan fitur non-subscription alias gratis dan bisa di download untuk di tonton secara offline. Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi nonton film terbaik yang bisa Anda coba!

1. Netflix

Netflix

Berkembang pesatnya teknologi digital memang berpengaruh kepada berbagai aspek dalam kehidupan kita. Termasuk dalam hal hiburan. Kini hanya dalam satu genggaman saja kita sudah bisa menoton film lewat internet dengan aplikasi canggih, seperti Netflix.

Walaupun sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2006, namun aplikasi film berlangganan ini mulai populer di Indonesia sejak masa pandemik awal tahun 2020 lalu. Jumlah pelanggan Netflix meledak karena orang-orang banyak membutuhkan hiburan di dalam rumah.

Apalagi kualitas tontonan yang di suguhkan Netflix memang tidak main-main. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai film, TV show, drama, animasi, series, ataupun dokumenter yang menarik. Semua konten tersebut berasal dari berbagai negara dan juga lokal, tapi kita tetap bisa menikmati semua konten dengan fitur subtitle.

Untuk mengakses semua konten yang ada di Netflix, kita harus memilih paket berlangganan. Biayanya mulai dari Rp 50 ribuan. Ada beberapa paket berlangganan yang di sediakan Netflix, yakni :

  • Ponsel Rp54.000 : Anda hanya bisa mengakses Netflix dari 1 perangkat hp/tablet dan 1 perangkat dalam waktu bersamaan dengan resolusi gambar 480p
  • Dasar Rp120.000 : Bisa mengakses Netflix dari 2 perangkat secara bergantian dalam waktu yang bersamaan, resolusi gambarnya 480p
  • Standard Rp153.000 : Bisa mengakses Netflix dari 2 perangkat secara bersamaan dengan resolusi gambar 1080p
  • Premium Rp186.000 : BIsa mengakses Netflix dari 4 perangkat secara bersamaan dengna resolusi gambar 4K+HDR

2. VIU

VIU

Aplikasi nonton film terbaik selanjutnya adalah VIU. Aplikasi ini juga termasuk salah satu aplikasi yang populer di Indonesia. Apalagi VIU menyediakan fasilitas gratis menonton konten. Konten film dan drama yang ada di VIU umumnya berasal dari Asia terutama seperti Korea, Jepang, Thailand, India bahkan Indonesia.

Tinggal membuat akun VIU menggunakan email, lalu voila! Kita bisa menonton banyak sekali konten menarik yang di sediakan VIU. Cara membuat akun VIU juga mudah dan gratis.

Sebenarnya kita tetap bisa menonton tanpa log in, namun ada jumlah limit konten yang bisa di tonton tiap harinya. Jadi jika ingin menonton lebih puas, lebih baik membuat akun dan log in melalui akun tersebut. Tapi ada layanan yang lebih premium lagi, yakni VIU berbayar.

Saat kita menggunakan akun gratis, kita tidak bisa mengakses akun lain yang berstatus premium. Namun jika berlangganan akun premium, menonton drakor favorit bisa lancar tanpa batas. Biaya berlangganan VIU tersedia dalam beberapa pilihan :

DurasiBiaya (Rp)
1 bulanRp 30.000
3 bulanRp 75.000
6 bulanRp 100.000
1 tahunRp 200.000

3. Iflix

aplikasi nonton film terbaik iflix

Iflix adalah aplikasi asal negeri tetangga, Malaysia namun cukup populer juga di Indonesia. Kantor pusatnya berada di Kuala Lumpur. Jenis konten yang di sajikan Iflix juga sangat beragam mulai dari TV series, film, kartun anak-anak, dan bahkan ada juga live streaming olah raga.

Aplikasi ini menyediakan akun versi gratis seperti VIU. Jadi kita tetap bisa menonton konten yang di sediakan Iflix tanpa harus bayar/ mengupgrade ke akun premiumnya.

Namun seperti akun gratis VIU, layanan gratis dari Iflix juga memiliki keterbatasan akses. Kita tidak bisa mengakses konten-konten premium.

Walaupun begitu akun premium Iflix juga bisa di nikmati secara gratis selama 6 bulan jika kita menggunakan Indosat Ooredoo. Atau malah bisa sampai dengan 1 tahun akses gratis Iflix premium jika kita pelanggan telkom Indihome (dengan paket tertentu).

Nah, jika buka pelanggan dari 2 provider jaringan tersebut Anda bisa melakukan uji coba 1 bulan gratis akses Iflix premium sebelum berlanggan. Jika setelah itu ingin memutuskan akan berlanggan, kita bisa membeli akses Iflix premium mulai dari Rp 39.000/ bulan.

4. Disney+ Hotstar

aplikasi nonton film terbaik disney+ hotstar

Jika lebih suka film-film Disney atau ingin punya acara menonton bersama anak-anak/ keluarga di rumah, cobalah aplikasi Disney+ Hotstar. Disney+ Hotstar adalah aplikasi nonton film asal India khusus untuk wilayah Asia Tenggara yang dimiliki oleh Star India, yang merupakan anak perusahaan The Walt Disney Company.

Sebelum akhirnya di akuisisi oleh The Walt Disney Company tahun 2020 lalu, aplikasi ini dikenal dengan Hotstar. Nah, sekarang aplikasi ini sudah di miliki oleh Disney, dan tentu saja berisi banyak sekali film-film yang di produksi oleh perusahaan konglomerat industri hiburan ini.

Baca yuk, 6 Aplikasi Menarik Untuk Menyambut Ramadan

Jika kita mengaksesnya di area Indonesia, maka film-film unggulan asal Indonesia juga ada di aplikasi Disney+ Hotstar. Oh ya, aplikasi video streaming ini juga sudah dilengkapi dengan subtitle Indonesia.

Biaya untuk bisa mengakses semua konten yang ada di aplikasi Disney+ Hotsatar cukup terjangkau. Mulai dari Rp 39.000 untuk satu bulan, atau Anda bisa memilih paket Rp 199.000 untuk berlangganan langsung selama 1 tahun.

Biaya ini bisa lebih murah lagi jika kita berlangganan lewat paket dari Telkomsel. Tarifnya hanya Rp 139.000/ tahun, dan kita akan mendapatkan kuota data 3GB per-bulannya.

5. WeTV

Aplikasi film gratis WeTV

Ada lagi yang gratis! WeTV adalah platform saluran TV berbayar yang menyajikan berbagai konten dari Asia. Kita bisa menonton drama, film, anime, TV show dari Korea, Cina, Jepang, bahkan film atau tv show Indonesia yang bekerjasama bersama WeTV.

Kita bisa mendaftar akun WeTV menggunakan nomor hp yang masih aktif, akun Facebook ataupun Line. Semua konten yang ada di WeTV bisa kita akses secara gratis selama tidak ada label “VIP”. Jika suatu konten memiliki label VIP, itu artinya kita hanya bisa mengakses konten tersebut jika berlanggan akun VIP dari WeTV.

Jika Anda berminat membeli akses akun VIP WeTV, berikut adalah beberapa pilihan paket yang bisa di pilih berdasarkan durasinya :

  • Bulanan : Rp15.000 (Pembayaran di lakukan per-bulan)
  • Per-3 bulan : Rp 45.000 (Pembayaran di lakukan per-3 bulan)
  • Per-Tahun : Rp 159.000 ((Pembayaran di lakukan per-tahun)

Paket berlangganan tersebut akan di perpanjang berdasarkan periode paket yang di pilih. Namun kita tetap bisa membatalkannya jika tidak ingin berlangganan lagi.

6. Catchplay+

aplikasi nonton film gratis catchplay+

Catchplay+ adalah salah satu layanan video on demand (VOD) yang menyediakan fitur akun gratis. Kita bisa menonton konten yang tersedia di Catchplay baik melalui websitenya ataupun mendownload aplikasi.

Anda bisa menonton berbagai film western dan Asia yang populer dengan berbagai genre. Tinggal sign up melalui nomor handphone, akun facebook, atau akun layanan First Media lalu Anda bisa langsung menikmatik film secara gratis. Namun akun gratis ini tentunya terbatas. Anda hanya bisa menonton 10 film dalam 1 bulan.

Baca yuk, Canon EOS M50 Mark II, Kamera Khusus Konten Kreator Untuk Merekam Video Vertikal

Selain akun gratis Catchplay+ juga menawarkan berbagai paket langganan berbayar. Namun semuanya berkisar Rp 40 ribuan saja (belum termausk PPN 10%). Jika Anda tertarik, berikut adalah paket subscription yang di tawarkan oleh Catchplay+!

  • Movie Lover Basic (bayar 1 kali langganan selama 3 bulan, akan di perpanjang otomatis di bulan ke 4). Pada paket ini kita bisa menonton konten sepuasnya yang ada di kategori CP+ [Unlimited]. Namun jika ingin menonton film lainnya yang ada di kategori Single Rental, kita hantus membayar biaya tambahan.
  • Movie Lover Basic (bayar per-bulan/ tidak di perpanjang secara otomatis)
  • Single Rental (Rp 4500/ film)

7. Tubi TV

aplikasi nonton film terbaik gratis tubi TV

Lagi-lagi gratis!

Anda bisa mengakses berbagai konten film di Tubi TV. Mulai dari film komedi, drama, animasi, horor, drama Korea, documentary dll. Aplikasi ini bisa Anda download dengan mudah di Google Play Store dan juga App store. Anda tinggal melakukan registrasi melalui email atapun akun facebook dan langsung bisa menonton lewat browser ataupun aplikasi.

Namun, subtitle yang tersedia di Tubi TV masih terbatas. Biasanya hanya bahasa inggris saja. Namun tetap saja, aplikasi ini sangat menarik karena kita bisa menonton dengan nyaman bebas dari bahaya seperti malware pada situs yang tidak resmi secara gratis sepuasnya. Selain itu, kualitas gambar sangat bagus dan cepat.

Menarik bukan?

8. HBO GO

aplikasi film terbaik HBO GO

Aplikasi nonton film terbaik lainnya adalah HBO GO. Aplikasi HBO GO adalah aplikasi layanan video streaming on demand yang di kembangkan Aplikasi ini mungkin terdengar kurang familiar namun tenang saja, konten yang di sajikan di dalam HBO GO tetap berkualitas dan menarik. Apa saja yang bisa di tonton di dalam aplikasi ini?

HBO GO menyediakan film dan serial HBO Original baik dari Asia maupun Amerika, film Hollywood, dan berbagai tayangan TV.

Baca yuk, 8 Aplikasi Terbaik Penunjang Ibadah Saat Ramadhan

Untuk biaya berlangganannya, HBO GO bisa di akses dengan tarif Rp 60.000/bulan melalui berbagai operator jaringan. Namun biaya tersbut juga tergantung paket yang di tawarkan oleh penyedia jasa jaringan internet yang Anda pilih.

Penutup

Menonton film adalah salah satu kegiatan yang banyak di gemari untuk sekedar mengisi waktu luang dan bersantai. Apalagi saat ini menonton film tidak harus datang ke bioskop dan mengikuti jadwal yang sudah di atur. Kita bisa mendownload salah satu aplikasi nonton film, terhubung dengan internet dan mulai menonton!

Diantara aplikasi nonton film diatas mana aplikasi yang tertarik Anda coba? Memilih aplikasi gratis ataupun aplikasi berbayar itu adalah pilihan Anda. Karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun sebelum memutuskan mau pakai yang mana, pastikan RAM dan memory gadget Anda cukup untuk mendowload aplikasinya ya!

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !