Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Ponsel Bergerak Sendiri yang Mengganggu

ARUSGADGET – Masalah yang sering ditemui pada ponsel ialah layar ponsel bergerak sendiri atau biasa disebut sebagai Ghost Touch. Kejadian ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari dalam ponsel maupun hal yang menyentuh ponsel dari luar ponsel.

Ghost touch tentu cukup mengganggu saat ponsel sedang digunakan. Hal tersebut dikarenakan ghost touch kerap menekan tombol yang tidak perlu, seperti tombol memanggil dan lebih parah lagi bisa dengan tidak sengaja menghapus data-data penting.

Ilustrasi sentuhan layar ponsel

Jika layar ponsel bergerak sendiri, maka sebaiknya masalah tersebut segera diatasi. Demi kenyamanan dalam penggunaan ponsel, maka kami akan berikan solusi untuk mengatasi layar ponsel bergerak sendiri.

Namun sebelum masuk ke cara mengatasi layar ponsel bergerak sendiri, Anda perlu mengecek faktor apa yang membuat ponsel Anda mengalami ghost touch. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan ponsel mengalami ghost touch dan cara mengatasinya.

BACA JUGA: Android Lemot dan Nge-Lag? Ini Cara Cepat Mengatasinya!

Penyebab Layar Ponsel Bergerak Sendiri

Layar terkena air menyebabkan layar ponsel bergerak sendiri

Sebelum mengatasi layar ponsel bergerak sendiri, Anda perlu mengetahui penyebab yang paling dekat dengan masalah yang dialami ponsel. Dengan mengetahui penyebabnya, maka solusi yang diterapkan bisa lebih efektif.
Berikut adalah penyebab layar ponsel bergerak sendiri yang paling umum di kalangan pengguna:

  1. Pelindung layar yang tidak sesuai, di mana pemasangan pelindung layar mungkin kurang teliti dan menyebabkan partikel air atau debu masuk. Biasanya layar akan lebih sensitif jika terkena air atau debu dan kerap melakukan ghost touch
  2. Faktor cuaca, karena cuaca yang terlalu panas atau dingin bisa membuat layar hp lebih sensitif sehingga membuat ponsel melakukan sentuhan yang tidak dikehendaki
  3. Kesalahan saat melakukan pembaruan perangkat lunak (software). Jika pembaruan gagal atau terputus, biasanya akan menimbulkan beberapa masalah yang cukup mengganggu bagi ponsel, termasuk ghost touch.
  4. Ponsel terkena air karena air akan memberikan sentuhan pada layar dan membuat layar ponsel bergerak sendiri
  5. Kabel pengisi daya yang tidak sesuai dengan ponsel, entah itu palsu ataupun kendor, sangat memungkinkan penggunaan kabel charger yang tidak sesuai menimbulkan ghost touch

Atasi Layar Ponsel Bergerak Sendiri dengan Cara Ini

Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri

Layar ponsel yang mengalami ghost touch tentu saja bisa diatasi dengan berbagai cara, terutama bagi masalah yang dialami pada bagian luar ponsel. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar ponsel bergerak sendiri.

  1. Gunakanlah kabel pengisi daya bawaan atau kabel yang berkualitas tinggi, hindari merek palsu.
  2. Simpan ponsel pada suhu ruangan agar menerima suhu yang tidak berlebihan.
  3. Scan malware atau virus untuk meninjau apakah ponsel terkena virus dan menyebabkan kinerjanya melambat hingga alami ghost touch.
  4. Jagalah kebersihan layar ponsel Anda, perhatikan jika ada debu atau partikel air yang masuk ke dalam pelindung layar. Jika ada, maka sebaiknya lepas pelindung dan ganti dengan pelindung layar yang baru.
  5. Lakukan mulai ulang (restart) pada ponsel. Umumnya, langkah ini bisa dilakukan dengan menekan tombol power lebih lama dari biasanya dan lakukan restart. Saat ponsel sudah kembali menyala, pastikan ghost touch sudah berhenti.
  6. Perbaharui perangkat lunak (software) atau aplikasi yang ada pada ponsel Anda. Pembaruan perangkat lunak juga biasanya ditujukan untuk mengatasi bug yang dialami pengguna ponsel.
  7. Jika seluruh cara di atas tidak kunjung berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan reset ke setelan pabrik. Perlu diingat, opsi ini akan beresiko menghilangkan data-data ponsel, sebaiknya jadikan ini opsi terakhir saat opsi sebelumnya tidak berfungsi.
Penyebab layar ponsel bergerak sendiri

BACA JUGA: Atasi Lag Saat Bermain Game Menggunakan 5 Cara Jitu Berikut

Itulah dia cara mengatasi layar ponsel bergerak sendiri yang kerap mengganggu para pengguna ponsel. Caritahu terlebih dahulu masalah yang mungkin dialami ponsel dan kemudian atasi dengan cara yang tepat sesuai dengan penyebabnya, selamat mencoba.

Baca Arus Gadget di Google News

Bagikan !