Rumah Selalu Aman, Begini Cara Menyambungkan CCTV ke Smartphone

ARUSGADGET – Saat bepergian jauh keamanan rumah menjadi perilah nomer satu. Apalagi jika tidak ada penjaga. Begitu juga pada kantor atau toko yang anda kelola. Demi menjaga keamanan tak sedikit orang yang memasang CCTV. Di era serba canggih ini pengguna dapat menyambungkan CCTV ke smartphone dengan mudah. Namun hanya sedikit orang yang tahu cara menyambungkannya.

Melalui CCTV yang tersambung ke smartphone pengguna dapat memantau keadaan lingkungan tinggal secara langsung.

Baca Juga: Terdapat Bug Pada iOS 15? Begini Cara Cepat Mengatasinya!

Kegunaan Memasang CCTV

Banyak orang menyepelekan pemasangan CCTV. Padahal CCTV memberikan banyak kegunaan. Berikut kegunaan memasang CCTV pada rumah, kantor atau toko:

1. Memberikan Keamanan Optimal

Memasang CCTV menjadi cara meningkatkan keamanan lingkungan. Dalam artian dapat mencegah tindak kriminal pada daerah tersebut.

2. Memantau Pergerakan Orang sekitar

Bagi para pemilik toko tentu tak bisa terus mengawasi karyawan yang bekerja. Melalui CCTV pemilik toko atau bisnis dapat memantau aktivitas pegawainya. Sebab sudah banyak terjadi kelalain kerja karena kurangnya perhatian dari pemilik usaha.

3. Sebagai Barang Bukti Jika ada Kejahatan

Kita tidak mengetahui kapan terjadinya tindak kejahatan. Sebagai antisipasi, pemasangan CCTV dapat merekam kejadian yang telah berlalu secara otomatis.

4. Mencegah Insiden Berbahaya

Meletakan CCTV pada spot tertentu seperti tempat rawan kecelakaan dapat mencegah terjadinya hal tak terduga. Sebab terpantaunya keadan tersebut sehingga dapat mencegah gelagat tidak beres.

Cara Menyambungkan CCTV ke Smartphone

Saat ini sadah banyak smartphone yang bisa mendapat sambungan dari CCTV. Untuk mengetahui lebih lengkap cara menyambungkannya, simak penjelasan berikut:

1. Mengunduh Aplikasi

Langkah pertama menyambungkan CCTV ke smartphone adalah dengan mengunduh aplikasi alat CCTV pada smartphone.

Jika sudah menginstal, langkah selanjutnya  mengisi IP publik pemakai dan sandi “admin” dengan prt DVR yaitu 81. Setalah itu mulai login dan muncul penampilan kamera pada layar smartphone.

2. Mencocokan IP Address Recording

Sebelum menyambungkan CCTV ke smartphone sebaiknya cocokan terlebih dahulu IP address recording ke komputer terlebih dulu. Caranya dengan menyambungkan internet lalu membuka website dan mengisi admin dan juga sandi pemakai.

3. Menyetel Ulang Modem

Langkah selanjutnya penghubungan CCTV ke smartphone dapat dilakukan melalui penyetelah modem.

Dengan cara pergi ke settting modem. Kemudian temukan “virual server atau port forwading”. Masukan IP DVR ke “server ip address” dan port akan terbuka untuk DVR. Gunakan port 81 atau 888 lalu klik tombol save.

Mudah sekali bukan menyambukan CCTV ke smartphone. Yuk, jaga keamanan lingkungan dengan memasang CCTV sebagai keamanan tambahan.

Bagikan !