Refresh Rate dan Apa Kaitannya dengan Touch Sampling Rate

ARUSGADGET – Refresh rate merupakan fitur yang hadir menyertai ponsel dan memiliki frekuensi tertentu dengan satuan Hz. Fitur ini hadri menyertai ponsel untuk menentukan performa layar ponsel agar bisa bergerak mulus sesuai angka indikatornya.

Kemudian, fitur ini seringkali bersanding dengan touch sampling rate, keduanya memiliki satuan yang sama untuk satuan Hz. Meskipun memiliki satuan yang sama, tetapi keduanya memiliki perbedaan dan fungsi tertentu bagi ponsel.

Refresh Rate

Pada awalnya, refresh rate hanya tersedia pada ponsel gaming, namun sekarang kemampuan ini juga tersedia pada ponsel flagship dan entry level. Performa ponsel gaming memang bergantung pada keampuan fitur tersebut, terutama pada bagian kecepatan dan kemulusan ponsel saat bermain game.

Fitur ini menunjukkan seberapa sering sebuah ganbar mengalami refresh pada setiap detiknya. Jika tercatat kemamouannya adalah sebesar 60Hz, maka ponsel tersebut akan memunculkan 60 gambar dalam waktu satu detik, begitu pula untuk 90Hz dan 120Hz yang memiliki kemampuan me-refresh 90 gambar hingga 120 gambar dalam waktu satu detik.

BACA JUGA : Nubia Red Magic 6, Ponsel Gaming Pertama Dengan Refresh Rate 165Hz

Semakin tinggi angkanya, tentu saja semakin mulus performa dari ponsel yang sedang beroperasi. Kemudian, fitur ini memiliki fungsi untuk melancarkan performa perangkat saat melakukan navigasi.

Touch Sampling Rate

Fitur touch sampling rate merupakan kemampuan ponsel untuk mendeteksi berapa sentuhan dalam kurun waktu satu detik. Dengan kata lain, ponsel yang memiliki angka touch sampling rate, maka ponsel tersebut akan memiliki kecepatan dalam merespons perintah yang tersalurkan melalui sentuhan.

Misalnya sebuah ponsel memiliki touch sampling rate sebesar 60Hz, maka ponsel tersebut bisa menerima sentuhan sebanyak 60 kali dalam kurun waktu satu detik. Hal ini setara dengan satu sentuhan akan memperoleh respons dalam waktu 16,6 milisecond/ms. Maka dari itu, jika Anda melakukan satu sentuhan pada ponsel maka tunggu 16,6ms untuk memulai sentuhan berikutnya.

Semakin tinggi touch sampling rate yang ada pada ponsel maka hampir tidak ada jeda bagi ponsel untuk merespons sentuhan Anda. Pula untuk refresh rate, semakin tinggi angkanya, maka semakin banyak gambar yang tampil dalam kurun waktu sau detik saja.

Untuk kebutuhan ponsel gaming sendiri sebenarnya lebih baik untuk memiliki kedua fitur ini secara bersamaan. Namun, standarnya adalah refresh rate lebih baik untuk ada dalam ponsel daripada touch sampling rate. Sedangkan, jika ponsel mendukung kedua fitur, maka angka yang menjadi standarnya adalah refresh rate sebesar 90Hz dan touch sampling rate sebesar 240Hz.

BACA JUGA : Touchscreen Android Bermasalah, Atasi dengan Software Berikut

Bagikan !

Tinggalkan komentar