Nubia Red Magic 6, Ponsel Gaming Pertama Dengan Refresh Rate 165Hz

Nubia Red Magic 6, dikemas dengan tampilan yang gaming banget. Semua yang melihatnya untuk pertama kali pasti akan mengatakan hal yang sama. Lihat saja bagian belakangnya, kontur garisnya tampak futuristik dan agresif.

Nubia meluncurkan dua seri sekaligus, Red Magic 6 dan 6 Pro. Varian Pro membawa pengisian daya 120W yang lebih cepat, RAM hingga 18 GB dan penyimpanan internal 512 GB bersama dengan desain yang lebih sangar.

©www.androidauthority.com

Review Singkat

Nubia adalah salah satu dari tiga pembuat ponsel gaming ternama., Seri Ponsel Gaming Red Magic keluaran Nubia bersaing dengan jajaran Xiaomi Black Shark dan Asus ROG Phone. Red Magic 6 senidir merupakan ponsel gaming generasi ketiga dari Nubia, meski sekarang menggunakan nomor seri enam.

Duo Red Magic 6 meluncur ke pasaran dengan layar yang memiliki dukungan refresh rate 165Hz. Mereka juga mengemas chipset unggulan Snapdragon 888 untuk kepuasan gaming Anda. Ada juga mode Game Space untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan lebih lanjut, dan berbagai antena juga speaker.

Jangan khawatir ponsel cepat panas, karena ponsel ini memiliki perangkat kipas built-in. Red Magic 6 berjalan pada sistem Red Magic OS 4 berbasis Android 11.

Red Magic 6 mengemas segala keajaiban bermain game. Pemicu haptiknya terasa fantastis, dan benar-benar dapat memberi Anda keunggulan saat Anda bermain game. Refresh rate layarnya mencapai 165Hz tertinggi pada smartphone mana pun sejak peluncurannya.

Sebuah keunggulan luar biasa lainnya adalah Nubia Red Magic 6 mendukung aktifitas cast pada kompetisi Game. Ponsel ini bisa terhubung melalui USB dan secara nirkabel ke monitor dan TV tertentu, untuk bermain menggunakan mouse dan keyboard.

Namun, ada beberapa bug pada Red Magic 6 yang sedikit mengganggu ketika pemakaian. Pertama, audio dari game berhenti lebih lambat saat Anda menutup game tersebut.

Kedua, kipas internal terdengar berisik. Ini bisa mengganggu saat Anda mencoba mendengarkan langkah kaki di game online atau menikmati suasana sebuah judul. Anda dapat mematikan kipas angin, yang membuat ponsel menjadi panas. Atau membeli kipas eksternal, seperti yang diinginkan oleh Nubia.

Satu lagi, menyalakan opsi tampilan 165Hz sangat membingungkan, karena agak tersembunyi. Anda tidak bisa mengaktifkannya dengan masuk ke aplikasi Pengaturan. Karena itu hanya menawarkan hingga 144Hz.

Baca yuk, Google Pixel 5, Sebuah Kompromi Untuk Menekan Harga

Lalu bagaimana Anda bisa menemukan opsi 165Hz. Masuklah ke menu pengaturan cepat (geser ke bawah), temukan opsi framerate, pilih panah drop-down, lalu klik 165Hz.

Desain Nubia Red Magic 6

Seperti semua ponsel gaming, Nubia Red Magic 6 mempunyai ukuran yang sedikit lebih tebal. Ponsel ini mempunyai dimensi 169,9 x 77,2 x 9,7mm dan berat 220g. Kami berpikir akan sulit bagi Anda untuk menggunakannya dengan satu tangan.

©www.techradar.com

Di bagian belakang, Red Magic 6 memiliki corak yang cukup mirip dengan pendahulunya. Dengan logo Red Magic, stiker berpola, dan tonjolan kamera yang cukup kecil dan tidak menonjol jauh dari bodi. Bagian belakangnya terbuat dari kaca, dengan bingkai logam mengemas bodi dengan kokoh.

Ada dua strip LED di bagian belakang, tetapi ukurannya cukup kecil dibandingkan dengan yang ada di ponsel gaming lainnya.

Beberapa port eksternal tersebar di seluruh tepian bodi Red Magic 6. Ada port USB-C di bagian bawah dan jack headphone 3.5mm di bagian atas. Tombol volume rocker dan mode permainan di tepi kiri. Kemudian ada tombol daya dan dua pemicu haptic di tepi kanan.

Pemicu ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah kami gunakan pada ponsel gaming. Tombolnya terasa sangat alami untuk diketuk. Tombol memberikan sedikit getaran untuk memberi tahu Anda bahwa sentuhan itu terverifikasi.

Nubia Red Magic 6 tidak memiliki peringkat IP, jadi sebaiknya tidak membawanya untuk berenang, meskipun terasa cukup kokoh, sehingga harus mampu bertahan dari benturan dan tetesan kecil.

Tampilan Nubia Red Magic 6

Nubia Red Magic 6 memiliki layar 6,8 inci yang besar. Anda memiliki banyak ruang layar untuk melihat tampilan game. Kamera depan ditempatkan di bezel atas, sehingga tampilan layar tidak rusak oleh penempatan lensa yang mengganggu.

©www.techradar.com

Nubia Red Magic 6 memiliki panel AMOLED dengan resolusi 2400 x 1080 dan sekitar 387 piksel per inci. Gambar terlihat cukup berani dan cerah, dan kontrasnya juga bagus. Ini sangat berguna untuk membantu Anda dengan mudah membedakan berbagai aspek game secara sekilas.

Fitur utama di sini adalah bahwa kecepatan refresh tampilan layar hingga 165Hz. Ini yang terbaik sepanjang perjalanan perusahaan Nubia. Red Magic 6 adalah satu-satunya ponsel yang mencapai ketinggian itu.

Ini berarti layar menyegarkan gambar 165 kali per detik, dibandingkan dengan 60Hz pada smartphone ‘standar’ Anda. Pada umumnya ponsel premium mempunyai kecepatan 120Hz, dan ponsel gaming umumnya hanya mencapai 144Hz.

Hasilnya adalah gerakan yang terasa sehalus sutra saat Anda menggulir menu. Gerakan halus juga masih ada saat memainkan game yang mendukung kecepatan refresh lebih tinggi.

Tingkat refresh rate yang tinggi ternyata menguras baterai dengan cepat. Untuk permainan gdalam jangka waktu lama, kami menyarankan untuk sedikit menurunkannya pada 144Hz. Kami melihat tampilan layar masih aman.

Mungkin karena alasan menguras daya tahan baterai, maka opsi 165Hz disembunyikan. Agar Anda tidak dengan mudah terpancing untuk selalu menggunakan 165Hz saat ingin bermain Game.

Sebuah kemalasan, khususnya bagi kami, jika harus melakukan beberapa langkah rumit untuk merubah ke 165Hz. Masuk ke menu pengaturan cepat swipe-down, gulir ke ikon framerate, tekan drop-down panah, lalu pilih 165Hz.

Spesifikasi game penting lainnya adalah kecepatan input sentuh 500Hz. Sehingga layar memindai jari Anda 500 kali per detik (atau 360 kali per detik jika Anda menggunakan beberapa jari sekaligus).

Ini jauh lebih tinggi daripada ‘standar’ 120Hz, Kecepatan input sentuh ini sangat bagus untuk bermain game. Ketukan jari Anda akan diterjemahkan dalam respon layar lebih cepat.

Baca juga, OnePlus 9 Pro, Pesaing Ketat Samsung Galaxy S21 dan IPhone 12

Nubia Red Magic 6 memiliki pemindai sidik jari dalam layar, yang menurut kami cukup tajam. meskipun menemukannya secara intuitif membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk membiasakan diri. Hal ini karena ukurannya kecil dibandingkan dengan ponsel besar.

Kamera Nubia Red Magic 6

Nubia Red Magic 6 bukanlah ponsel kamera yang fantastis, sehingga kamera hanya sebagai pemanis. Tentu Anda juga mungkin tidak membeli ini untuk menjadi fotografer amatir. Ada tiga kamera belakang: kamera utama 64MP f / 1.8, ultra-lebar 8MP f / 2.0, dan kamera makro 2MP f / 2.4.

©www.androidauthority.com

Kamera utama tidak seperti pada ponsel premium, tetapi kami secara umum senang dengan kinerjanya. Rentang dinamis cukup baik, meskipun terkadang ada beberapa masalah pencahayaan berlebih pada gambar. Pemfokusan selalu cepat dan cukup akurat. Mempunyai default bidikan 16MP, tetapi Anda dapat mengubahnya hingga 64MP untuk bidikan resolusi tinggi.

Sensor resolusi tinggi ini memungkinkan Anda melakukan zoom secara digital, hingga 10x, dan meskipun fitur zoom ini tidak luar biasa, foto tersebut masih dapat digunakan dengan sempurna.

Masalah muncul saat Anda mencoba menggunakan kamera lain. Tidak ada opsi ‘ultra-wide’ sehingga Anda dapat dengan mudah melompat ke bidang pandang yang lebih luas saat Anda melihat-lihat jendela bidik.

Seperti yang kami ketahui setelah pengujian selama bertahun-tahun, satu-satunya cara untuk menggunakan lensa ini adalah dengan beralih ke mode kamera Pro. Mode Makro hampir sama membingungkannya. untuk memulai – Anda harus menekan ‘Family-Cam’ untuk menampilkan kotak besar opsi, lalu temukan ‘Makro’ di sana.

Fitur gambar Makro tampak lebar dengan mempertahankan komposisi warna yang sama dari bidikan standar. Meskipun tampak sedikit distorsi pada tepian gambar.

Gambar makro mempunyai resolusi lebih rendah. Sehingga kami akhirnya tidak terlalu sering menggunakannya karena kamera standar sama bagusnya untuk jenis bidikan yang sama.

Jangan khawatir, Ada banyak sekali mode dalam Nubia Red Magic 6 termasuk multi-eksposur, selang waktu, gambar cahaya. Jadi jika Anda menyukai mode kamera smartphone yang menarik perhatian, ada harta karun di ponsel ini. Kami menemukan bahwa beberapa di antaranya menyenangkan untuk dimainkan.

Kamera depan memiliki resolusi 8MP dan aperture f / 2.0, dan itu adalah resolusi yang relatif rendah untuk kamera depan. Kualitas gambarnya masih ada dalam batas toleransi kami.

Hasil jepretan terlihat baik-baik saja dengan pencahayaan yang cukup cerah. Tetapi jika kita melakukan crop, maka gambar tersebut akan terlihat sedikit berbintik.

Nubia Red Magic 6 dapat merekam video hingga 8K, atau hingga 4K pada 60fps. Sebuah spesifikasi yang sangat tinggi, mungkin berkat chipset kelas atas. Tetapi pengaturan seperti HDR atau stabilisasi tidak tersedia pada 8K.

Perangkat lunak Nubia Red Magic 6

Red Magic 6 menjalankan Android 11. Satu hal positif adalah bahwa menu pengaturan cepat geser ke bawah memiliki lebih banyak opsi daripada kebanyakan ponsel lain.

Menu pengaturan cepat memiliki beberapa opsi seperti pencahayaan belakang, penggunaan kipas, kecepatan penyegaran layar. Kemudian ada juga fitur refresh file Nubia, Wi-Fi, Bluetooth. dan data seluler.

Jika Anda menjentikkan penggeser Game Space, Anda akan menemukan mode permainan khusus ponsel yang berfokus pada pemrosesan game. Membisukan pemberitahuan (jika Anda menginginkannya) dan memungkinkan Anda menetapkan kontrol pemicu. Mode ini merupakan fungsi ekstra yang dibuat khusus untuk gamer.

Daya Tahan Baterai Nubia Red Magic 6

Kami senang dengan masa pakai baterai Nubia Red Magic 6. Ponsel ini bisa bertahan seharian bahkan ketika kami memainkan banyak game.

Nubia Red Magic 6 memili baterai 5.050mAh, cukup besar untuk sebuah smartphone. Tentu ini dibuat untuk mendukung aktifitas gaming.

Pengisian daya baterai dilakukan pada 66W. Pada kecepatan ini, baterai akan berubah dari kosong menjadi penuh dalam 38 menit. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa segera hangout dan bermain bersama komunitas game Anda.

Baca juga, Pengganti Kamera Pro, Ini 8 Hp Kamera Terbaik Cocok Untuk Vlog

Red Magic 6 tidak memiliki fitur pengisian nirkabel atau kemampuan mengisi nirkabel perangkat lain. Tetapi  memang kedua fitur itu tidak lazim atau bisa dibilang tidak berguna untuk ponsel game. Karena Anda tidak dapat menggunakan daya nirkabel saat bermain game.

Bagikan !