Fitur Terbaru Galaxy Buds 2 dan Buds Live Kemampuan Audio Semakin Mumpuni

ARUSGADGET – Samsung merilis pembaruan untuk perangkat bertajuk Galaxy Buds 2 dan Buds Live yang memberikan peningkatan bagi perangkat. Dengan pembaruan yang diusung, Samsung menyematkan fitur terbaru untuk kedua perangkatnya.

Galaxy Buds 2 dan Buds Live menjadi dua perangkat kenamaan Samsung yang menyematkan beragam fitur baru. Fitur tersebut merupakan bentuk peningkatan untuk kedua perangkat, Sehingga, pengguna mendapatkan pengalaman yang mumpuni saat mendengarkan audio dari perangkat ini.

Fitur 360 Audio

Fitur tersebut dinamai sebagai 360 Audio untuk mendukung Galaxy Buds 2. Fitur tersebut menawarkan pengalaman imersif bagi para pengguna. Dengan menyematkan surround 360 derajat, maka pengguna akan mendengarkan suara yang mengikuti gerakan kepala.

Layaknya sumber suara yang datang dari layar, fitur 360 Audio membuat pengguna merasakan pengalaman mendengar audio seperti di bioskop. Singkatnya, fitur ini terintegasi dengan teknologi dolby head tracking. Teknologi tersebut memiliki fungsi sebagai pengunci suara untuk mengikuti gerakan kepala.

BACA JUGA : Bocoran Samsung Galaxy S22 FE, Akan Bawa Chipset Terbaru MediaTek?

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, maka pengguna perlu mangakses firmware versi R177XXU0AVC. Ukuran dari firmware-nya adalah sebesar 3 MB. Jika sudah melakukan pembaruan, maka catatan perubahan akan menunjukkan informasi “implementasi fitur 360 audio”.

Selain dari fitur 360 Audio, Galaxy Buds 2 juga membawa peningkatan lainnya. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan pada panggilan serta stabilitas koneksi Bluetooth. Melalui firmware untuk memperbarui fitur, maka pengguna dapat lebih maksimal dalam menggunakan perangkat.

Selain pada perangkat Galaxy Buds 2, Samsung juga menyematkan fitur 360 audio pada perangkat Galaxy Buds Live. Untuk perangkat Buds Live, maka pengguna bisa mengakses firmware R180XXU0AVC2.
Update Melalui Galaxy Wearable

Galaxy Wearable

Untuk memastikan, pengguna bisa menyambungkan Galaxy Buds 2 dan Buds Live dengan smartphone milik pengguna. Saat sudah terkoneksi, maka pengguna hanya perlu mengakses Galaxy Wearable kemudian memilih opsi pengaturan earbuds.

Setelah mengakses menu pengaturan earbuds, maka pengguna Galaxy Buds 2 dan Buds Live dapat melihat ketersediaan update. Ketersediaan update tersebut akan bisa dilihat dengan mengakses menu pembaruan software yang ada dalam aplikasi Galaxy Wearable.

Perangkat Galaxy Buds 2 dan Buds Live memang sudah membawa fitur 360 Audio. Namun, untuk beberapa smartphone Samsung belum menyematkan fitur tersebut. Pasalnya, fitur tersebut hanya akan kompatibel dengan antarmuka OneUI 3.1 dan versi yang lebih baru.

Dengan syarat tersebut, pengguna smartphone Samsung dengan antarmuka di bawah OneUI 3.1 tidak akan bisa menikmati fitur 360 Audio. Tidak terkecuali bagi pengguna perangkat Galaxy Buds 2 dan Buds Live.

BACA JUGA : Samsung Galaxy Watch 5 Jadi Terobosan Baru, Bawa Fitur Termometer!

Galaxy Buds Pro

Sebelumnya, fitur 360 Audio hanya kompatibel dengan Galaxy Buds Pro. Buds Pro sendiri telah diluncurkan Samsung tahun lalu. Meskipun memang fitur tersebut tersedia untuk perangkat Samsung, namun vendor lain juga pernah menyediakan fitur serupa.

Salah satu vendor yang menyematkan fitur serupa adalah Apple. Tajuk yang dibawa oleh fitur Apple tersebut adalah Audio Spasial. Perbedaan yang mendasar dari Audio Spasial adalah dari segi dukungan audio yang khusus untuk konten 360 derajat saja.

Sedangkan fitur 360 Audio untuk perangkat Samsung memiliki kelebihan dalam penerapannya. Fitur ini akan mendukung audio dari berbagai sumber. Mulai dari audio dari aplikasi musik, hingga aplikasi lainnya seperti menonton film.

Fitur ANC pada Galaxy Buds 2 dan Buds Live

Selain fitur terbaru 360 Audio, ada pula fitur yang sudah disematkan sedari awal untuk Galaxy Buds 2 dan Buds Live. Fitur tersebut adalah Active Noise Cancellation (ANC) yang akan memberikan audio yang imersif. Kemampuan ANC tersebut didukung oleh 98% active noise reduction pada perangkat. Fitur ini disematkan pertama kali untuk Samsung Galaxy Buds Live.

Selain itu, untuk perangkat Galaxy Buds 2 juga didukung dengan speaker dua arah untuk memberikan suara yang seimbang. Kemudian, menyematkan tiga mic system untuk memaksimalkan kualitas panggilan lengkap dengan desain ringkas. Ada pula dukungan fitur Auto Switch dan Watch Control untuk sinkronisasi yang mulus dengan perangkat Samsung Galaxy.

Sedangkan Galaxy Buds Live membawa kemampuan audio dengan powerful bass boost. Kualitas panggilan yang ditawarkan perangkat ini juga didukung dengan 3-built micsand Voice Pickup Unit. Ketahanan perangkat ini juga membawa 21 jam pemakaian jika melakukan pengisian daya dengan menggunakan charging case.

BACA JUGA : Samsung Galaxy Book2 Pro Laptop Ultra Ringan

Bagikan !