4 Tipe Set Top Box Untuk Mengganti Ke Siaran Televisi Digital

ARUSGADGET- Salah satu cara mengubah televisi menjadi siaran digital dengan menggunakan Set Top Box (STB) pada televisi. Lau apa sebenernya Set Top Box itu? Apa saja Tipe Set Top Box? Berikut Ulasannya.

Seperti yang kita ketahui jika pemerintah sudah menganjurkan kepada seluruh pengguna televisi untuk beralih menjadi siaran digital. Untuk bisa mengakses siaran digital ada dua cara tergantung jenis televisinya.

Untuk jenis televisi baru seperti Smart TV ataupun Android TV, maka suda tersedia dukungan untuk siaran televisi digital. Namun untuk yang masih menggunakan jenis televisi lama, maka harus menggunakan STB atau Set Top Box untuk menangkap siaran televisi digital.

BACA JUGA:

Sebenernya apa Set Top Bok (STB) itu?

STB merupakan perangkat informasi yang di dalamnya terdapat komponen khusus yang berfungsi untuk mengolah sinyal televisi yang kemudian di transmisi agar bisa dinikmati.

Menggunakan STB hanya berfungsi untuk meningkatkan kemampuan televisi lama ataupun perangkat yang lainnya selagi masih mendukung port multimedianya.

Sebelum Membeli STB, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam Tipe Set Top Box.

Macam-Macam Tipe Set Top Box (STB)

1. Digital Video Broadcast Satellite (DVB-S/S2)

Tipe Set Top Box

Untuk tipe ini sering digunakan oleh banyak orang. Tipe STB ini bisa juga kita sebut sebagai parabola. Dan jika kita berlangganan parabola sudah otomatis mendapatkan Set Top Box yang di dalamnya tersedia berbagai macam saluran televisi.

2. Digital Video Broadcast-Cable (DVB-C)

Tipe Set Top Box

Biasanya televisi kabel menggunakan STB untuk merubah sinyal yang kemudian ditransmisi. Untuk tipe ini, diperlukan perangkat yang bisa mendukung STB ini.

3. Digital Video Broadcast-Terestrial (DVB-T)

Tipe Set Top Box

Terestrial yaitu transmisi yang dipancarkan dengan melalui stasiun pemancar. Untuk mendapatkan siaran televisi dengan cara terestrial harus menggunakan STB.

STB ini perangkat yang akan memberikan siaran digital indonesia. Namun sebelum membeli tipe STB ini, harus pastikan sudah terdaftar di Kominfo atau sudah memiliki sertifikat DVB-T2.

4. Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB-IPTV)

Untuk Set Top Box tipe Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB-IPTV) adalah STB yang biasanya digunakan televisi yang sudah menjalankan sistem operasi seperti Android TV.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !