Libera Merdeka Chromebook C150 Jadi Produk Terbaru Kebanggaan Indonesia, Ini Spesifikasinya!

ARUSGADGET – Produk lokal Indonesia kini tengah menyambut Libera Merdeka Chromebook C150 sebagai chromebook lokal yang meluncur sebagai wujud ambisi pemerintah. Chromebook terbaru ini merupakan hasil rilisan Menteri Perindustrian dengan mengusung konektivitas 4G LTE yang langsung terhubung pada perangkatnya.

Libera Merdeka Chromebook C150 merupakan hasil dari tekad Kementerian Perindustrian untuk memacu sektor industri elektronik dalam negeri.

Chromebook tersebut merupakan sebuah upaya untuk mengoptimalkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk perangkat berupa laptop.

Memanfaatkan Peluang Pasar Laptop di Indonesia

Menperin melihat adanya peluang besar dengan mengeluarkan produk laptop dalam negeri. Pasalnya, sejauh ini permintaan untuk produk berupa laptop berhasil mencapai 3 juta unit per tahunnya.

Menperin juga menyebutkan bahwa permintaan terhadap produk laptop akan terus mengalami peningkatan karena adanya digitalisasi sehingga kebutuhan pada produk laptop akan terus meningkat dan peningkatan tersebut harus dimanfaatkan dengan merilis produk laptop dalam negeri.

Dalam perilisan Libera Merdeka Chromebook C150, Menperin menggandeng beberapa stakeholder di antaranya adalah PT. Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada, dan juga PT. Libera Technologies Indonesia. Kolaborasi ini memiliki tujuan untuk membangun sebuah ekosistem yang dinamai Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET).

BACA JUGA :

Menperin juga mengungkapkan bahwa Libera Merdeka Chromebook C150 merupakan hasil sinergi yang baik karena berhasil memasukkan komponen lokal ke dalam perangkat hingga mencapai persentase di atas 40 persen.

Dengan produk lokal terbarunya, Menperin juga akan terus berusaha dengan berbagai produsen chipset untuk menciptakan produk lokal lainnya yang memiliki peningkatan di segi komponen lokal.

Libera Merdeka Chromebook C150 merupakan chromebook yang menanamkan 4G LTE dengan tujuan untuk memberikan pengguna manfaat konektivitas nirkabel di mana pun dan tanpa batasan apa pun.

Selain keberadaan chromebook 4G LTE, TSM juga kabarnya akan menciptakan chromebook memiliki konsep Wi-Fi only.

Kantongi Skor TKDN hingga 40%

Dengan mengantongi TKDN sebesar 40%, Libera Merdeka Chromebook C150 mengusung prosesor Qualcomm dengan 8 inti yang memiliki efisiensi tinggi dan mendukung program Merdeka Belajar.

Produksinya berjalan dengan cara CKD (completely knock down) dan juga mendukung pengisian daya dengan menggunakan AC Powered Adapter/Charger dari industri lokal berupa USB Type-C dengan daya sebesar 30W.

CKD sendiri merupakan teknik yang digunakan dengan cara mengimpor berbagai komponen yang utuh namun dalam posisi terpisah dan belum dirakit, sehingga produksinya terjamin lokal di Negara Indonesia.

Spesifikasi Libera Merdeka Chromebook C150

Qualcomm Snapdragon dalam Libera Merdeka Chromebook C150

Untuk spesifikasi dari Libera Merdeka Chromebook C150 mengusung layar sebesar 11,6 inci dengan prosesor dari Qualcomm dengan model Snapdragon 7C yang memiliki performa OctaCore 2.4 GHz dan juga cache sebesar 2MP.

Dengan menggandeng prosesor tersebut, chromebook lokal tersebut terdukung dengan RAM jenis DDR4 dengan kapasitas RAM sebesar 4GB. Sedangkan untuk penyimpanan yang dimiliki chromebook ini terdukung dengan adanya eMMC 32GB.

BACA JUGA :

Libera Merdeka Chromebook C150 mengantongi lisensi Google Chrome Education Upgrade yang sudah pasti berjalan dengan sistem operasi ChromeOS sehingga menjadikannya sebagai sebuah chromebook.

Laptop ini mengusung VGA HD Integrated Graphics yang juga membawa kemampuan audio 2 stereo speaker dan 2 digital mikrofon pada perangkat.

ChromeOS

Kemudian untuk konektivitas Libera Merdeka Chromebook C150 mendukung 4G LTE, Wi-Fi 802.11 ac/b/g/n dan juga konektivitas Bluetooth 5.0. Chromebook ini juga mengusung beragam port dalam perangkatnya yang terdiri dari 2 port USB Type-C, USB Type A, port jack audio 3.5mm, dan juga slot kartu untuk SIM 4G LTE.

Libera Merdeka Chromebook C150 membawa standardisasi Drop test MIL-STD-810-H dan sudah dipajang di katalog elektronik (e-katalog) di situs Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP) pada tautan ini.

Sebagai produk lokal yang berkualitasm, Libera Merdeka Chromebook C150 memiliki banderol harga sebesar Rp 8,35 juta dengan spesifikasi yang sudah disebutkan. Untuk pembeliannya juga akan terlindungi garansi yang berlaku selama 1 tahun.

Bagikan !

Tinggalkan komentar