Onyx Book Note Air 5, Ahlinya Membuat Anotasi PDF

Sebuah Tablet berukuran A5 dengan tampilan E-ink dan dilengkapi stylus trendi. Bekerja dengan aplikasi Android.

Onyx Book Note Air 5 menawarkan pengalaman mengesankan tentang kertas dan pena elektronik. Hal utama adalah mengenai kemudahannya dalam membuat anotasi PDF dan membuat catatan melalui stylus Wacom.

Aktifitas membaca bebas silau dan kemampuan untuk menangani semua jenis file digital. Onyx Boox Note Air adalah sebuah teknologi tanpa kertas yang mumpuni.

Meskipun masa pakai baterai yang singkat dan desain yang licin sedikit mengecewakan mengingat harganya yang lumayan tinggi.

Onyx Book Note Air 5 via www.pcmag.com

Review Singkat

Jika Anda tidak ingin menggunakan terlalu banyak kertas dan terlalu banyak menyerap cahaya biru di malam hari, maka Onyx Boox Note Air menawarkan solusi yang ideal.

Meskipun konsep ‘kantor tanpa kertas’ sudah ada selama beberapa dekade, namun semakin meningkatnya aktifitas pekerjaan rumahan dan sekolah di rumah selama masa pandemi telah mengakibatkan lonjakan penjualan printer.

Namun, Anda tidak memerlukan printer jika Anda mampu membeli Onyx Boox Note Air.

Meskipun tablet E Ink 10,3 inci ini termasuk mahal, ini adalah produk unik yang dalam beberapa hal melampaui tablet LCD seperti iPad Pro dan Samsung Galaxy Tab S7 Plus .

Kita sudah tahu bahwa E Ink adalah keajaiban elektronik modern, tetapi kita tidak mengira akan se-revolusioner yang hari ini digunakan di e-reader Kindle.

Di Onyx Boox Note Air – rekan stabil dari Onyx Boox Max3 yang mengesankan (dan sedikit lebih besar) – teknologinya menjadi miliknya sendiri. Di mana fokusnya lebih sedikit tentang membaca dan lebih banyak tentang memberi anotasi pada buku teks, PDF, dan ukuran A5 lainnya.

Onyx Boox Note Air 5 adalah Tablet E Ink 10,3 inci dengan lampu depan, setipis 5,8 mm menawarkan penyimpanan 32 GB, ditambah prosesor yang ditingkatkan dan – mungkin yang paling penting – sistem operasi Android 10 terbuka.

Memiliki OS Android berarti mempunyai akses ke aplikasi Google Play. Termasuk aplikasi favorit untuk pekerjaan kantor seperti Dropbox, Google Drive, Pocket, Evernote dan OneNote.

Onyx Boox Note Air 5  juga dapat menjalankan aplikasi ebook Kindle dan Kobo, secara efektif mengubah tablet menjadi pembaca Ebook mewah. Jika Anda sering membaca PDF maka Onyx Boox Note Air adalah perangkat impian – meskipun layarnya hanya hitam dan putih.

Aplikasi Google Play adalah senjata rahasia Onyx Boox Note Air, yang memungkinkan perangkat untuk menyamai akses mudah tablet Android ke aplikasi populer. Ini benar-benar mengalahkan perangkat tersebut dalam hal berat dan eko-kredensial, tetapi Onyx mempunyai daya tahan baterai yang rendah.

Onyx Boox Note Air juga mengesankan dengan perangkat lunaknya, fleksibilitas dengan file, dan teks yang dapat disesuaikan tanpa henti. Kecepatan refresh dapat disesuaikan.

Anda dapat membuat margin yang lebih besar saat membuat anotasi PDF dan buku, dan bahkan membagi layar menjadi dua. Lampu LED depan dapat diatur ke pencahayaan dingin atau hangat.

Perangkat pencatat digital ringan ini dapat disinkronkan dengan cloud. Onyx Boox Note Air memperbarui teknologi E Ink dengan perangkat keras yang mengesankan dan beberapa perangkat lunak yang fleksibel.

Yuk, baca juga, Moto G30, Kakak Kandung Moto G10 Dengan Sedikit Peningkatan

Segala fiturnya membuat perangkat ini terlihat mahal jika dibandingkan dengan tablet LED mainstream.

Onyx Book Note Air 5 via www.pcmag.com

Desain

Ringan dengan berat 420g
Warna Biru tua dengan aksen oranye
Sasis aluminium licin dan meninggalkan sidik jari

Dari segi tampilan, perangkat E Ink hampir selalu hitam atau putih. Mereka jarang menggunakan eksterior biru tua dan oranye seperti Onyx Boox Note Air.

Perangkat yang kuat dan kokoh, dimensi Onyx 229 x 195 x 5.8mm dan bobot 420g membuatnya terasa licin di tangan. Panel belakang dan depannya juga rentan terhadap sidik jari berminyak.

Dibangun di sekitar layar E Ink Carta 10,3 inci, Onyx memiliki bezel berukuran hampir 8mm pada tiga dari empat sisinya, dan 27mm pada punggung buku. Meskipun tidak terlihat, LED berada di sekitar layar perangkat, bertindak sebagai lampu depan.

Garis-garis bersih Onyx Boox Note Air ditekankan oleh hampir tidak adanya fitur fisik. Selain slot USB-C di bagian bawahnya dan tombol on / off, tidak ada yang lain di sini.

Ada Wi-Fi dan Bluetooth 5.0 untuk transfer file (termasuk fitur kode QR yang bagus untuk mengunggah file cepat dari telepon), ditambah penyimpanan internal 32GB – tidak ada slot kartu SD untuk memperluasnya.

Layar

10,3 inci E Ink HD Carta
Resolusi 1872 x 1404 (227dpi)
Lampu depan bisa disesuaikan

Kami menyukai layar E Ink reflektif berdaya rendah – terutama karena mudah dibaca. Lapisan anti-silau Onyx Boox Note Air pada lensa penutup datar membuatnya nyaman untuk membaca, tetapi kami tidak sepenuhnya yakin tentang resolusi Onyx Boox Note Air.

Untuk perbandingan, iPhone 12 Pro terbaru hadir dengan resolusi layar 2532 x 1170 piksel. Tetapi perangkat yang jauh lebih besar ini hanya mengelola 1872 x 1404 piksel, untuk 227dpi.

Tampilan Layar Biru “Dingin” via www.pcmag.com

Dalam praktiknya, membaca buku dan dokumen adalah pengalaman yang bermanfaat, dan jauh lebih nyaman daripada membaca di tablet LCD.

Baca review lainya, Oppo Find X3 Pro, Ponsel Premium Lebih Mahal Dari Samsung dan Apple

Ini dibantu lebih jauh dalam pengaturan cahaya oleh LED tepi yang menerangi tampilan baik dalam cahaya ‘hangat’ atau ‘dingin’.

Tampilan Layar Orange “Hangat” via wwwpcmag.com

Tidak seperti kebanyakan tampilan E Ink, kecepatan refresh di sini dapat diubah, menghasilkan pertukaran antara kejelasan dan pembalikan halaman yang lebih cepat.

Namun ada satu fitur yang ditemukan pada beberapa produk Onyx E Ink lainnya tidak ada di sini, kemampuan untuk memperluas PC desktop dan bertindak sebagai layar kedua untuk monitor PC.

Stylus

Sudah termasuk stylus Wacom
Tidak perlu diisi ulang daya
Bekerja paling baik di aplikasi Catatan Onyx

Apa yang membuat perangkat E Ink ini sangat berbeda dengan Kindle adalah penyertaan lapisan sentuh yang dapat digunakan dengan stylus pasif.

Menurut pengalaman kami, layar matte Onyx terbukti sangat mudah untuk ditulis dan digambar dengan menggunakan stylus yang disertakan.

Ini jauh lebih bagus daripada mengetuk kaca depan tablet LCD, meskipun terkadang layar salah memulai perintah.

Kami juga memperhatikan bahwa coretan terkadang menghilang sebelum muncul kembali beberapa detik kemudian.

Stylus Dalam Aplikasi Note Onyx via www.pcmag.com

Namun, stylus berfungsi sangat baik untuk membuat anotasi PDF dan juga untuk pencatatan umum di aplikasi Catatan bawaan Onyx.

Ada sejumlah pilihan yang mengejutkan di Note, dengan semua jenis gaya pena kuas, lebar garis, dan opsi skala abu-abu dalam pengalaman hitam-putih, semuanya sangat mudah disesuaikan.

Layar melakukan refresh dengan sangat rapat dan sering, yang berfungsi dengan baik untuk menjaga semuanya tetap cepat dan bersih, tanpa mengganggu aktifitas membaca.

Perangkat ini juga menampilkan mode pengenalan tulisan tangan, yang membaca coretan dan mengubahnya menjadi teks.

Namun, terbukti hanya sekitar 50% hingga 90% yang berhasil dalam pengujian kami, menjadikannya tidak dapat digunakan jika Anda memiliki tulisan tangan yang buruk.

Anda dapat menghubungkan keyboard Bluetooth ke Onyx Boox Note Air, dengan memasukkan teks yang dapat digunakan jika layar dalam mode ‘A2’ refresh cepat.

Bisakah Anda membawa Onyx Boox Note Air dalam perjalanan kerja dan menggunakan keyboard kecil untuk memasukkan catatan dan menulis laporan dasar?

Tentu, tetapi jangan berharap dapat melakukan lebih dari sekadar mengetik beberapa teks untuk dikerjakan di perangkat lain saat Anda tiba di rumah.

Satu kekecewaannya adalah aplikasi pencatatan pihak ketiga – seperti OneNote dan juga Evernote – tidak mendukung coretan super cepat, dan sangat lamban.

Faktanya, kami akan mengatakan OneNote tidak dapat digunakan di Onyx Boox Note Air. Aplikasi Note bawaan Onyx bekerja jauh lebih cepat.

Spesifikasi dan performa

Prosesor Qualcomm Snapdragon 636 octa-core
RAM 3GB dan penyimpanan 32GB
Memproses dengan cepat

Dengan senang hati kami melaporkan bahwa Onyx Boox Note Air jarang membuat Anda pusing. Jangan menganggap pembaca E Ink ini adalah perangkat yang sangat kuat yang dapat bersaing dengan tablet kelas atas – lagipula, ia hadir dengan mengemas prosesor kelas menengah.

Namun, dalam praktiknya itu menempatkannya tepat di atas perangkat E Ink buatan perusahaan lain.

Dalam penggunaan harian, Onyx Boox Note Air umumnya cepat, membuka file, merender PDF yang kompleks, dan memproses input dari stylus tanpa jeda dan pembekuan. Ini juga mentransfer file dengan sangat cepat melalui Wi-Fi dan Bluetooth.

Dengan Bluetooth Anda dapat menghubungkan keyboard nirkabel dan headphone nirkabel untuk mendengarkan aplikasi musik streaming (atau file MP3 dan WAV) atau buku audio.

Ini juga memiliki speaker mono kecil, yang tidak bagus untuk musik tetapi bagus untuk mendengarkan buku audio. 

Tampilan Komik Onyx Air 5 via www.pcmag.com

Perangkat lunak

Aplikasi Android 10
Bisa Masuk ke Google Play
UI khusus yang sederhana

Berjalan pada chip Snapdragon 636, OS Android 10 telah sedikit dimodifikasi untuk memenuhi tugas-tugas yang mungkin ingin Anda lakukan di Onyx Boox Note Air.

UI dipisahkan menjadi Library (ebooks dan dokumen sebagai DOC, DOCX, EPUB, FB2, HTML, MOBI, PDF, RTF atau file TXT), Store, Notes, Storage (pada penyimpanan internal 32GB) dan Aplikasi.

Ada peringatan: karena Onyx Boox Note Air secara resmi bukan perangkat bersertifikasi Google Play, Anda harus masuk ke pengaturan dan mencentang kotak untuk mengaktifkan Google Play untuk mendaftarkan perangkat Anda.

Selesai, Google Play Store milik Anda kini bisa untuk dijelajahi. Aplikasi yang biasanya berguna untuk pekerjaan mampu menyesuaikan di perangkat ini, seperti halnya aplikasi seperti Kindle, Kobo dan aplikasi Pocket.

Secara personal, kami sangat menyukai interaksi dengan PDF yang ditangani dengan lancar dan memungkinkan semua jenis anotasi dan catatan.

Membaca teks menjadi nyaman dan seperti kertas, dengan Onyx Boox Note Air menangani file EPUB dan MOBI bebas DRM secara native sementara buku DRM dapat dibaca melalui aplikasi Kindle atau Kobo.

Kami juga menyambut baik kesempatan membuat catatan sambil membaca buku. Dengan fitur layar terpisah yang dalam orientasi lanskap meletakkan halaman buku di satu sisi dan halaman kosong – atau dokumen lain – di sisi lain siap untuk catatan Anda.

Daya tahan baterai

Baterai lithium-ion 3,000mAh
Pengisian daya dengan USB – C
Berjalan selama sekitar delapan jam penggunaan terus menerus
Mode siaga hingga satu bulan 

 Salah satu hal terbaik tentang layar E Ink adalah bahwa mereka menggunakan daya baterai yang relatif sedikit. Semua itu membuat Onyx Boox Note Air 5 berkekuatan 3.000 mAh tampak agak remeh.

Dalam pengujian kami, kami mendapat sekitar delapan jam dari Onyx Boox Note Air saat membaca, membuat anotasi, membuat catatan, dan menggunakan Wi-Fi untuk menyinkronkan dan streaming.

Baca juga, Samsung Galaxy M02 Dijual Rp1,3 Juta dengan Baterai 5000mAh

Karena perangkat ini memiliki dua baterai, jadi akan cepat terisi ulang. Setidaknya kurang dari satu jam Anda bisa mendapatkan Onyx Boox Note Air 5 kembali terisi penuh.

Bagikan !