7 Tips Membeli Kamera Mirorless Bekas Agar Tidak Rugi Saat Membeli

ARUSGADGET- Kini banyak fotgrafer yang menggunakan kamera mirorless dari pada menggunkaan kamera DSLR. Namun sayangnya harga kamera mirorless cukup mahal. Jika kamu memutuskan untuk membeli yang bekas, pastikan kamu tau tips membeli kamera mirorless bekas seperti berikut ini.

Dibandingkan dengan kamera DSLR, kamara mirorless memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga simple. Bobotnya yang tidak seberat kamera DSLR, membuat banyak fotografer kini beralih menggunakan kamera mirorless.

Karena kualitas bagus dan segi desainnya yang fleksibel, membuat kamera ini cukup mahal dibandingkan dengan kamera DSLR. Namun hal itu tidak mematahkan semangat para fotografer untuk beralih menggunakan kamera mirorless.

BACA JUGA:

Karena harganya yang mahal, banyak yang membeli kamera mirorless bekas. Namun sebelum memutuskan untuk membeli kamera bekas, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips membeli kamera mirorless bekas. Yuk simak artikel ini hingga selesai.

Tips Membeli Kamera mirorless Bekas Supaya Tidak Salah Beli

1. Cek Kondisi Body Kamera

Tips Membeli Kamera Mirorless Bekas

Tips pertama sebelum membeli, kamu harus cek terlebih dahulu kondisi body kamera. Pastikan seluruh body kamera bekas yang akan kamu beli tidak ada kecacatan atau kerusakan pada kamera.

Jika kamu mendapatkan ada lecet, bopeng ataupun ada baut pada kamera yang terlepas, kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya atau tidak.

Namun jika kamu tidak mempermasalahkan lecet yang ada pada kamera, kamu bisa menawar harga sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli

2. Cek Lensa Kamera

Tips Membeli Kamera Mirorless Bekas

Jika bagian body sudah kamu cek secara detail, jangan lupa kamu harus cek bagian lensa pada kamera. Apakah lensa bawaan dari kamera mirorless tersebut masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Pastikan juga pada lensa tidak ada lecet ataupun kerusakan. Jika kamu merasa keberatan membeli kamera dengan lensa bawaanya yang lecet, maka kamu bisa hanya membeli body kameranya saja.

Namun apabila kamu juga tidak mempermasalahkan lecet yang terdapat pada lensa kamera, kamu bisa menawar harga dari kamera mirorless bekas tersebut kepada penjual.

3. Mengecek Kondisi Baterai Kamera

Tips Membeli Kamera Mirorless Bekas

Sebagai pembeli yang akan membeli barang bekas, harus memastikan keadaan barang dengan baik termasuk dari segi baterai. Kamu harus memastikan bahwa baterai kamera tidak bocor. Kamu bisa mencobanya dengan menggunakan kamera untuk mengambil foto.

Jika saat mengambil kamera baterai kamera berkurang dengan cepat, maka bisa dipastikan jika baterai kamera tersebut bocor. Sangat disarankan untuk mencari kamera mirorless bekas yang lain.

4. Cek Layar Kamera

Tips Membeli Kamera Mirorless Bekas

Salah satu yang tidak boleh terlewatkan yaitu cek layar pada kamera. Karena kini sudah banyak kamera mirorless yang touchscreen, sehingga harus tau apakah layar tersebut dapat di sentu atau tidak.

Tidak lupa perhatikan apakah ada cacat yang terletak di layar. Jika ada cacat seperi titik hitam atau dot pixel pada kamera, sangat disarankan mencari yang lain saja.

5. Cek Ukuran Sensor Kamera

Sensor pada kamera bisa disebut juga sebagai nyawa kamera. Sehingga pembeli tidak boleh lupa untuk cek terlebih dahulu ukuran sensor pada kamera

Masing-masing kamera tentunya memiliki ukuran sensor yang berbeda. Ada kamera yang memiliki sensor Micro Four-Third dan ada juga kamera yang menggunakan sensor APSC. Sebelum membeli pastikan sensor kamera baik-baik saja

6. Cek Kelengkapan Kamera

Jika kamu ingin membeli kamera bekas, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan dari kamera yang akan kamu beli. Mulai dari charger baterai, memori, tas, flash kamera, baterai dan juga tali kamera.

Jika kelengkapan dari kamera masih ada yang kurang, kamu bisa menjadikan alasan tersebut untuk menawar harga kamera menjadi lebih murah lagi.

7. Mencoba Pengambilan Foto dan Video

Saat kamu membeli kamera bekas, coba juga kamaera tersebut untuk mengambil foto ataupun video. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan jika kamera yang akan kamu beli masih berfungsi. Jika kamu menemukan ada yang aneh saat melakukan pengambilan video ataupun foto, pertimbangkan kembali.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !