5 Aplikasi Edit Background Foto untuk Twibbon Transparan Maupun Pas Foto

ARUSGADGET.COM – Memakai Twibbon untuk mengucapkan pesan saat merayakan hari spesial sudah lazim dilakukan. Namun kadangkala kita ingin berkreasi dengan Twibbon tersebut agar lebih bagus dan menarik. Salah satunya memakai Twibbon yang transparan. Nah itu butuh aplikasi edit background foto

Cara untuk membuat Twibbon transparan sebenarnya mudah. Latar belakang foto mesti dihapus dulu. Ini bisa memakai beberapa aplikasi, seperti Background Eraser, Photoroom atau aplikasi edit background foto lainnya. Arus Gadget menyajikan 5 aplikasi edit background foto yang bisa dipakai untuk Twibbon transparan maupun pas foto untuk melamar kerja.

Twibbon Jamak Dipakai untuk Ucapan Selamat

Sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan. Sebagai salah satu rasa bangga biasanya kita mengunggah ucapan hari kemerdekaan di media sosial.

Ucapan bingkai yang berisi foto digital dengan pesan tersebut di Twibbon. Aplikasi ini salah satunya diunduh di web Twibbonize.

BACA JUGA : 5 Cara Memotret Minim Cahaya Dengan Kamera Ponsel Hasil Sempurna

Pada web Twibbonize, pengguna tidak hanya bisa mengunduh namun juga bisa mengupload Twibbon kreasinya.

Tentu untuk berkreasi dengan Twibbon buatan sendiri harus memakai aplikasi edit foto terlebih dulu. Salah satu aplikasi yang sudah familiar adalah aplikasi Canva.

aplikasi edit backgrond foto untuk twibbon

Memakai aplikasi Canva kita bisa mengkreasikan ucapan sekaligus desain. Sebab aplikasi ini tidak hanya sekadar edit foto saja, namun juga bisa untuk membuat desain sederhana. Bila sudah selesai kita akan mengunggahnya di Twibbon.

Berbagai kemudahan Twibbon ini bukan tanpa kendala. Salah satu kendala yang dihadapi saat mengupload foto atau gambar di Twibbon adalah tidak bisa mengunggahnya karena latar belakang foto belum transparan. Lalu bagaimana cara membuat foto berlatar belakang transparan.

Sebenarnya menggunakan aplikasi Canva juga bisa, hanya saja untuk mengakses editing transparan harus memakai Canva premium yang berlangganan. Namun jika ingin yang gratisan bisa memakai aplikasi lainnya berikut ini :

1. Twibon Transparan dengan Aplikasi Background Eraser

Memakai aplikasi Background Eraser ini kita bisa melakukan edit latar belakang foto sesuai keinginan. Selain itu juga bisa pula membuat warna latar di belakang yang diinginkan.

aplikasi edit backgrond foto Background Eraser

Caranya edit background foto dengan aplikasi ini sangat praktis, sebagai berikut :

  • Unduh dulu aplikasi Background Eraser dari Playstorte
  • Bila sudah terinstal di smartphone, maka mulai buka aplikasinya
  • Klik tombol upload foto
  • Akan muncul pilihan foto di galeri, lalu pilih foto yang ingin diedit
  • Selanjutnya akan ditawari salah satu mengedit foto secara Auto (otomatis) Magic, atau Manual.
  • Mode Auto untuk menghapus background foto secara otomatis. Pilihan ini dipakai jika subjek foto dengan latar belakang terlihat jelas perbedaanya.
  • Sedangkan Mode Magic, aplikasi akan berupaya mendeteksi bagian tepi-tepi foto secara otomatis. Ini sebagaimana memakai “magic wand” pada Photoshop.
  • Bila kamu ingin lebih teliti dan telaten bisa menggunakan Mode Manual. Memakai Mode ini bisa menghapus latar belakang foto secara manual.
  • Jika sudah menghapus background foto langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan. Gunakan menu perbaikan jika merasa ada bagian subjek foto yang terhapus.
  • Lalu tekan menu selesai
  • Pengguna Background Eraser juga bisa memilih opsi untuk menentukan tingkat kehalusan tepian foto.
  • Jika merasa sudah puas dengan hasilnya lalu klik simpan

Foto dengan background yang sudah dihapus sudah bisa dipakai untuk twibbon atau keperluan pas foto maupun lainnya. Untuk pas foto tentunya harus merubah dulu warna background menjadi merah atau biru sebagaimana yang diinginkan.

2. Aplikasi Edit Background Foto dengan PhotoRoom

Aplikasi PhotoRoom ini bisa dipakai untuk edit foto, salah satunya menghapus latar belakang. Pada versi gratisnya masih menyisakan sedikit watermark pada bagian pojok bawah. Namun demikian, aplikasi edit background foto ini patut dicoba bagi yang menginginkan edit foto gratis.

  • Pertama buka playstore lalu unduh aplikasi PhotoRoom.
  • Bila sudah terinstal maka buka aplikasi tersebut dan pilih foto di galeri yang mau dihapus backgroundnya.
  • Jika foto sudah masuk aplikasi itu lalu klik pada bagian background guna mengganti latar belakang foto.
  • Klik Hapus untuk mengganti foto dengan background transparan.
  • Namun bila ingin mengganti background dengan warna solid maka klik Isi
  • Dan bila ingin mengganti background dengan gambar pada foto lainnya maka pilih menu Ganti.
  • Lalu klik simpan.

3. Hapus Latar Belakang dengan Aplikasi Automatic Background Changer

Aplikasi Automatic Background Changer ini begitu mudah dioperasikan. Sebab memiliki fungsi menghilangkan background foto secara cepat.

Selain itu, aplikasi edit background foto ini juga bisa mengubah latar belakang foto sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini bisa mendeteksi background secara otomatis dan menghapusnya.

4. Aplikasi Edit Background Foto dengan Ultimate Background Eraser

Aplikasi ini juga bisa diunduh di playstore. Jika sudah mengunduhnya maka buka aplikasi tersebut lalu pilih foto dalam galeri.

Ada beberapa menu pada fitur ini. Antara lain eraser, zoom, restore dan laso. Pengguna aplikasi ini dapat menghapus latar belakang foto secara otomatis. Yaitu dengan memakai fitur Auto eraser tool atau secara manual dengan fitur lasso tool ataupun image cutting.

Jika sudah menghapusnya jangan lupa untuk menyimpannya dalam format png.

5. Hapus Background Foto Online dengan browser

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Buka situs www.remove.bg. Lalu klik menu upload image. Pilih foto pada galeri yang mau dihapus backgroundnya.

Memakai kecerdasan buatan secara otomatis akan menghapus background foto. Memakai aplikasi ini kadang ada beberapa bagian yang kurang akurat. Namun masih ada fasilitas koreksi secara manual dengan cara menghapus bagian yang ingin dihapus.

Itulah lima aplikasi untuk menghapus sekaligus edit background foto sebagai bahan untuk membuat Twibbon transparan. (eb utomo)

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !