Vendor Smartphone Terlaris 2021 di Indonesia, Oppo Duduki Posisi Teratas

ARUSGADGET – Berakhirnya tahun 2021 memang menjadi ajang  untuk mengungkap research  vendor smartphone terlaris 2021, baik di lingkup wilayah negara, maupun seluruh dunia. Kali ini, riset terbaru datang untuk vendor smartphone terlaris 2021  di Indonesia dengan Oppo yang meraja pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Riset tersebut dilakukan oleh perusahaan riset ternama dalam level internasional, yaitu International Data Corporatin (IDC) dan menunjukkan bahwa pangsa pasar tertinggi menjadi kepemilikan vendor ponsel asal Tiongkok, Oppo, di wilayah Indonesia. Riset vendor smartphone terlaris 2021 di Indonesia membawa lima vendor ponsel yang didasarkan pada jumlah pengiriman ponsel padaa kuartal IV dan sepanjang tahun 2021.

5 Vendor Smartphone Terlaris 2021

Kebetulan untukm vendor Oppo berhasil menduduki vendor smartphone terlaris 2021 baik pada kuartal IV-2021 maupun sepanjang tahun 2021. Oppo berhasil menduduki posisi pangsa pasar teratas dari kuartal III hingga kuartal IV pada tahun 2021. Hal ini disebabkan karena Oppo memiliki stabilitas yang tinggi untuk mempertahankan pasokan ponsel yang masuk ke Indonesia.

Oppo

Oppo Sebagai Vendor Smartphone Terlaris

Oppo menduduki posisi nomor satu vendor smartphone terlaris 2021 pada kelas low-end dan mid-range yang juga mendominasi penjualan ponsel pada tiga perempat pangsa pasar sepanjang tahun 2021. Dengan posisi teratas, Oppo berhasil menjual 2,1 juta unit ponsel dan menguasai persentase pangsa pasar sebesar 20 persen. Sementara untuk penjualan sepanjang tahun 2021, Oppo berhasil meraih pangsa pasar sebesar 20,8 persen dan tetap berada di posisi teratas.

BACA JUGA :

Vivo

Vivo Sebagai Vendor Smartphone Terlaris

Posisi vendor smartphone terlaris 2021 di kuartal IV selanjutnya menjadi tahta bagi vendor ponsel Vivo. Sama halnya seperti Oppo, Vivo memiliki stabilitas terbaik dalam mempertahankan pasokan ponselnya ke Indonesia. Vivo juga membawa pasokan ponsel yang masuk sebagai kategori segmen pasar low-end dan mid-range layaknya Oppo.

Vendor smartphone terlaris 2021 kedua di kuartal IV 2021 ini memiliki pangsa pasar sebesar 19,6 persen dengan penjualan unit sebanyak 2 juta. Namun, posisi ini tidak sama dengan posisinya untuk penjualan ponsel sepanjang tahun 2021. Di mana sepanjang tahun 2021, vendor ponsel ini hanya memiliki pangsa pasar sebesar 18,1 persen dan menduduki posisi ketiga.

Samsung

Samsung Sebagai Vendor Smartphone Terlarisebagai Vendor Smartphone Terlaris

Beralih ke posisi ketiga untuk vendor smartphone terlaris 2021 di kuartal IV yang menjadi tempat untuk Samsung dengan pangsa pasar sebesar 18,9 persen dengan penjualan unit sebanyak 1,9 juta. Kemudian prestasi dari Samsung ini merupakan hasil dari penjualan dari Galaxy A series dengan penjualan tertinggi bagi Samsung Galaxy A03 dan juga Galaxy A12.

Sedangkan untuk sepanjang tahun 2021, ponsel ini menduduki posisi keempat vendor smartphone terlaris 2021 dengan memperoleh pangsa pasar sebesar 17,6 persen saja. Posisinya berada di antara vendor Vivo dan juga Realme.

Xiaomi

Xiaomi Sebagai Vendor Smartphone Terlaris

Kemudian untuk posisi keempat vendor smartphone terlaris 2021 di kuartal IV, ponsel ini memiliki pangsa pasar sebesar 15,2 persen yang membawa penjualan smartphone mencapai 1,6 juta unit. Tetapi, posisi keempat ini justru tidak bertahan pada jajaran vendor smartphone terlaris sepanjang tahun. Pasalnya, vendor Xiaomi menduduki posisi kedua di bawah Oppo dengan pangsa pasar sebesar 19,8 persen selama tahun 2021.

Realme

Realme Sebagai Vendor Smartphone Terlaris

Posisi kelima vendor smartphone terlaris 2021 menjadi tempat bagi Realme yang memiliki pangsa pasar sebesar 12,8 persen dengan penjualan ponsel sebanyak 1,3 juta unit. Kemudian untuk penjualan sepanjang tahun, ponsel ini membawa pangsa pasar sebesar 12,2 persen.

IDC sendiri mengatakan bahwa vendor smartphone terlaris 2021  tumbuh hingga dua digit karena kasus COVID-19 yang mulai mereda. Namun, pada kuartal ke-II, penjualan ponsel secara keseluruhan mulai turun karena adanya varian delta dan kemudian pulih sebesar 10 persen. Untuk keseluruhan penjualan sepanjang tahun 2021, pangsa pasarnya mengalami peningkatan 11 persen dengan penjualan total 40,9 juta unit.

Selain untuk penjualan sepanjang tahun 2021, IDC juga membawa prediksi pangsa pasar untuk tahun 2022. Prediksinya mengungkapkan bahwa pad atahun 2022, penjualan ponsel pintar akan terus meningkat akibat penambahan stok menjelang bulan Ramadhan dan juga kenaikan PPN yang akan diterapkan mulai April 2022. Selain itu, prediksi lainnya mengungkapkan bahwa penjualan di tahun 2022 akan mencapai angka 44 juta unit.

BACA JUGA :

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !

Tinggalkan komentar