Update OneUI 4.1 Sambangi Ponsel Berikut, Pastikan Ponsel Anda Termasuk

ARUSGADGET – Setelah merilis beberapa ponsel dengan antarmuka terbaru, update OneUI 4.1 kini akan menyambangi beberapa ponsel dari generasi lama. Sekilas, keberadaan OneUI 4.1 menggandeng beberapa ponsel baru milik Samsung, termasuk ponsel baru seri A yang rilis pekan lalu dengan model Galaxy A33, A53, dan A73.

Kali ini, Samsung akan menyematkan update OneUI 4.1 pada berbagai ponsel Samsung generasi lama agar bisa merasakan fitur terbaru dari antarmuka terbaru kenamaan Samsung tersebut.

Memang tak semua perangkat akan merasakannya, namun beberapa model ponsel dari Samsung akan menggandeng update OneUI 4.1 dan pengguna bisa langsung memastikan apakah ponsel Samsung kompatibel dengan update OneUI 4.1 ini.

Model yang Akan Mendukung Update OneUI 4.1

Update OneUI 4.1

Untuk pendistribusian update OneUI 4.1 maka Samsung memiliki rencana untuk melakukannya dalam dua tahap yang dimulai dengan menyambangi model Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, Galaxy S21 series, tablet Galaxy S7 FE, dan beberapa model dari seri Galaxy A.

Selanjutnya, tahap kedua akan menggandeng ponsel dengan model yang berasal dari Galaxy S20, Galaxy Z Fold dan Z Fold2, kemudian ada Z Flip, Galaxy Note 20, Galaxy Note 10, pula tersedia update OneUI4.1 untuk ponsel yang menjadi bagian dari model Galaxy S10 series.

BACA JUGA :

Fitur OneUI 4.1

Google Duo
Google Duo

Keunggulan dari update OneUI 4.1 tentunya akan membawa berbagai fitur baru pada ponsel. Salah satu fitur yang dapat pengguna rasakan dari antarmuka tersebut adalah pengguna bisa melakukan Live Sharing saat menggunakan aplikasi Google Duo sehingga pengguna dapat membagikan berbagai macam konten, mulai dari gambar, dokumen presentasi, dan konten lainnya yang bisa dinikmati bersama orang dalam panggilan.

Fitur selanjutnya ada editing dengan fitur small eraser yang akan membantu pengguna untuk menghapus berbagai objek yang sekiranya mengurangi estetika foto pengguna. Entah objek acak yang ada di background foto hingga bayangan ataupun refleksi di jendela, semua bisa dihilangkan dengan menggunakan fitur smart eraser jika melakukan update OneUI 4.1.

Kemudian, ada dukungan Expert RAW yang merupakan aplikasi yang memungkinkan sebuah foto agar menjadi kreasi pengguna dengan memanfaatkan pengaturan meliputi eksposur foto hingga ISO yang lebih baik. Retouch dengan Expert RAW juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto layaknya foto dari hasil SLR.

Expert RAW
Expert RAW

Selain mengedit foto dengan Expert RAW, dengan melakukan update OneUI 4.1, pengguna juga bisa membagikan foto dengan hasil maksimal.

Hal ini mendukung pengguna yang melakukan tangkapan layar lalu nanti secara otomatis sistem akan membantu pengecekan tentang tampilan yang mungkin bukan menjadi maksud konten yang akan dibagikan.

Secara otomatis, fitur ini akan memangkas konten yang sekiranya bukan maksud dari pengguna sehingga foto yang dibagikan menjadi lebih rapi.

Fitur lain yang dijanjikan Samsung saat melakukan update OneUI 4.1 juga akan membawa pengecekan tata bahasa saat melakukan pengetikan.

Dengan fitur ini, maka keyboard akan memperbaiki typo, memberi  saran untuk memperjelas informasi yang disampaikan, menemukan sinonim dari kata yang pengguna ketik, kelancaran pengetikan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tata bahasa saat melakukan perpesanan atau pengiriman email.

Keyboard Samsung

Keberadaan berbagai fitur baru tersebut tentunya membuat Samsung Fan menjadi tidak sabar untuk segera memperbarui ponselnya untuk antarmuka OneUI 4.1.

BACA JUGA :

Terlebih bagi para pengguna ponsel lipat Samsung dan ponsel dengan seri lainnya yang akan menerima update OneUI 4.1 pasti semakin tidak sabar karena sudah pasti akan menerima berbagai fitur yang telah disebutkan di atas.

Belum ada tanggal pasti mengenai kapan update OneUI 4.1 tahap satu dan tahap dua akan bisa segera terlaksana. Tidak ada cara lain lagi selain menunggu kepastian dari pihak Samsung mengenai kapan update antarmuka baru ini akan hadir.

Namun, hal yang pasti adalah Samsung telah mengumumkan bahwa update OneUI 4.1 akan menyambangi ponsel Samsung lainnya di samping model yang baru saja rilis tahun ini.

Bagikan !