Uji Coba Fitur WhatsApp Izinkan Pengiriman File Hingga 2 GB

ARUSGADGET – Uji coba fitur WhatsApp tengah dilakukan guna memberikan fitur baru nantinya untuk seluruh pengguna WhatsApp. Pengujian yang dilakukan tersebut ditujukan agar para pengguna nantinya bisa mengirim file yang lebih besar bahkan dengan total file maksimal 2 GB.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang juga bisa menikmati fitur lainnya selain berkirim pesan. Dalam satu aplikasi, kita bisa melakukan banyak hal untuk tetap berhubung melalui komunikasi secara virtual. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga bisa memulai panggilan dan panggilan video, berkirim pesan suara, membagikan cerita di Status, berkirim dokumen seperti gambar, foto, video, dan lain-lain.

Uji Coba fitur WhatsApp

Untuk kegiatan mengirim berbagai file, WhatsApp membatasi pengiriman file dengan maksimal ukuran 100 MB, lebih dari 100 MB, maka file harus dikirim dengan menggunakan cara lain selain WhatsApp. Hal tersebut kerap menjadi masalah karena pengguna tidak bisa mengirim foto atau video dalam jumlah banyak sekaligus melainkan hanya total 100 MB atau sekitar 30 foto dan video yang bisa dikirimkan dalam satu waktu.

Uji Coba Fitur WhatsApp

Uji Coba fitur WhatsApp

Namun, tampaknya ukuran maksimal 100 MB untuk pengiriman file tersebut akan segera bertambah melalui uji coba fitur WhatsApp yang tengah dilakukan oleh perusahaan. Kabar ini dibawa oleh WABetaInfo yang mengungkapkan bahwa WhatsApp tengah melakukan uji coba agar mengizinkan penggunanya mengirimkan file berupa dokumen, foto, video, dan lain-lain dengan ukuran maksimal 2 GB.

BACA JUGA : 6 Solusi WhatsApp Lemot yang Bisa Anda Terapkan Agar WhatsApp Berfungsi Normal Kembali

Uji coba fitur WhatsApp ini sangat terbatas dalam segi wilayah, di mana hanya berlangsung di salah satu negara Amerika Selatan, yaitu Argentina. Di Argentina, WhatsApp menguji coba aplikasinya untuk membawa fitur pengiriman file mencapai 2 GB pada ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Untuk ponsel berbasis Android, uji coba fitur WhatsApp dilakukan untuk WhatsApp dengan versi 2.22.8.5 dan 2.22.8.6 serta ponsel berbasis iOS akan menikmati uji coba fitur WhatsApp pada versi 2.22.8.7. Jika memang hasil pengujian yang dilakukan oleh perusahaan berhasil hingga ke tahap perilisan, maka fitur ini akan membantu pengguna untuk mengirimkan file dengan ukuran yang naik pesat.

Bedanya dengan Gmail dan Twitter

Gmail

Jika dibandingkan dengan platform lainnya yang juga mendukung pengiriman file, aplikasi Gmail dari Google saja membatasi ukuran file hanya sampai 25 MB saja untuk satu kali pengiriman. Sedangkan untuk pengiriman foto melalui platform Twitter memiliki limit yang lebih besar tetapi hanya mencapai 1 GB saja yang berarti masih besar WhatsApp yang akan membawa ukuran maksimum sebesar 2 GB.

Jika memang uji coba fitur WhatsApp ini menemui tahap perilisan secara global, maka pengguna juga bisa mengirim berbagai jenis video dan foto dengan kualitas tinggi dalam jumlah banyak sekaligus dari yang awalsya dibatasi hanya 30 foto atau video saja. Selain itu, durasi untuk video yang dikirimkan juga bisa mencapai durasi yang lebih panjang. Selain itu, fitur ini juga akan mendukung ukuran foto yang diambil dengan kamera smartphone tertentu.

Pasalnya, kamera smartphone saat ini membawa resolusi yang besar sehingga ada peningkatan pada tiap ukuran file foto yang diambil. Tetapi dengan adanya uji coba fitur WhatsApp, maka pengguna mampu mengirimkan foto dengan kualitas tinggi sekalipun dalam jumlah yang banyak dengan ukuran maksimal 2 GB.

Uji Coba fitur WhatsApp

Meskipun kabar ini akan membuat pengguna WhatsApp semakin betah menggunakan WhatsApp dan mampu mengirimkan file dalam jumlah banyak, masih belum diketahui kejelasan dari uji coba fitur WhatsApp ini. Mengingat uji cobanya hanya dilakukan di Argentina saja, maka belum ada kepastian mengenai waktu perilisan fitur ini dan juga kepastian apakah perilisannya akan mencapai cakupan global atau hanya terbatas di beberapa negara saja.

Sembari menunggu kepastian dari pihak WhatsApp mengenai keberadaan fitur pengiriman hingga 2 GB tersebut, WhatsApp sudah menyediakan pembaruan secara bertahap untuk pesan suara yang dikirim dalam media sosial dengan 2 miliar pengguna di dunia ini. Fitur tersebut akan memudahkan pengguna dalam hal mendengarkan atau mengirim pesan suara dari atau kepada pengguna lain.

BACA JUGA : WhatsApp Sediakan Fitur Polling Pada Obrolan grup

Peningkatan Fitur Pesan Suara WhatsApp

Pembaruan Pesan Suara WhatsApp

Pesan suara WhatsApp kini hadir dengan indikator berbentuk gelombang yang mengindikasikan tinggi rendahnya volume pengguna yang melakukan perekaman pesan suara. Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk tetap mendengarkan pesan suara sembari membuka obrolan pengguna yang lain, jadi jika keluar dari jendela obrolan, maka pesan suara akan tetap bisa diputar.

Selain itu, pesan suara di WhatsApp kali ini bisa dipratinjau terlebih dahulu untuk mengecek kembali pesan yang akan disampaikan apakah sudah pas atau belum, jika terasa tidak pas atau ada penyampaian pesan yang tertinggal atau terpotong akan bisa dijeda atau dihapus terlebih dahulu dan bisa memulai kembali. Kemudian ada fitur remember playback yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan pesan suara jika memang tidak sempat menyelesaikan untuk mendengarkan pesan suara. Bahkan, jika durasinya terasa sangat panjang, maka bisa dipercepat dengan mendengarkannya dalam kecepatan 1.5x atau 2x.

BACA JUGA : Membuat Katalog di WhatsApp Business, Begini Caranya

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !