Twitter Akan Mencoba Fitur Downvote dan Upvote, Sudah Siap?

ARUSGADGET – Sebagai media sosial yang memiliki banyak pengguna Twitter terus berupaya memperbaharui fitur yang terdapat pada platformnya. Salah satunya Twitter mencoba fitur baru yaitu fitur downvote dan upvote kepada seluruh penggunanya. Usaha ini Twitter lakukan untuk menjaga eksistensi ditengah gempuran media baru.

Sejak pertama kali rilis sebagai platform media sosial pada 2006 tidak terhitung sudah beberapa kali twitter meluncurkan fitur baru.

Kabarnya sejak Juni 2021 Twitter mempersiapkan dan mencoba fitur downvote dan upvote pada sejumlah pengguna iOS. Namun hingga memasuki tahun 2022, fitur tersebut masih dalam masa pembaharuan.

Baca Juga:

Apa Itu Fitur Downvote dan Upvote

Selain fitur kolom komentar, like dan re-tweet ada laman Twitter, kedepannya Twitter akan menambahkan dua tombol downvote dan upvote.

Seperti apa fitur downvote tersebut? Fitur downvote dasarnya sama seperti fitur dislike pada platform vidio Youtube. Hanya saja jika pada Twitter tidak menampilkan jumlah banyaknya orang yang melakukan downvote pada postingan Twitternya.

Apa Itu Fitur Downvote dan Upvote

Sehingga tidak ada yang tahu berapa banyak orang yang melalukan downvote pada sebuah postingan.

Sedangkan berbeda dengan upvote, fitur ini akan memunculkan seberapa banyak orang yang melakukan upvote terhadap postingan tersebut. Sebenarnya upvote tidak jauh berbeda dengan fitur like yang telah rilis jauh sebelumnya.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Dengan Dunia Virtual Metavers yang Sedang Viral

Pro dan Kontra Fitur Downvote

Banyak warganet menyambut baik kabar terkait rilisnya fitur downvote dan upvote. Tapi tak sedikit juga warganet yang melakukan kontra terhadap hal tersebut.

Warganet menolak adanya fitur tersebut karena menganggap tidak relevan dengan topik yang ada. Selain itu fitur ini warganet takutkan dapat menyingkirkan kelompok-kelompok kecil dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Namun sebagian setuju karena fitur i meningkatkan kualitas pada platform Twitter. Selain itu dapat membantu menurunkan balasan atau replies komen yang menyinggung atau komen yang mengandung unsur sara pada kolom komen.

Menanggapi hal itu, Twitter tidak hanya diam. Platform berlogo burung biru tersebut mengatakan bahwa penggunaan fitur downvote dan upvote pada aplikasinya berbeda dengan fitur yang platform Reddit miliki.

Sehingga fitur tersebut tidak akan memberikan pengaruh terhadap urutan twitt pengguna ataupun bisa orangsalah gunakan untuk mempermalukan seseorang.

Dengan dimulai rilisnya fitur tersebut, Twitter tetap menghargai pendapat dari para penggunanya sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pada platformnya.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !