Tips Merawat Laptop Gaming Agar Peforma Tidak Menurun

ARUSGADGET– Salah satu yang menunjang bermain game menjadi lebih nyaman dengan menggunakan laptop khusus gaming. Laptop tersebut sudah disesuaikan dengan hardware dan software yang sesuai untuk bermain game.

Dengan spesifikasi yang khusus itu, membuat laptop gaming memiliki harga jual yang tinggi. Sebagai pengguna laptop gaming, harus bisa menjaga agar performa laptop tidak menurun dan software tetap awet. Ada beberapa tips merawat laptop gaming yang bisa kamu lakukan. Simak artikel ini hingga selesai.

Laptop gaming memang sudah terkenal dengan spesifikasi yang tinggi dan memiliki daya tahan yang jauh lebih besar dari laptop biasa. Meskipun begitu bukan berarti tidak perlu untuk merawat laptop gaming.

Karena komponen spesifikasinya yang tinggi inilah sebagai pengguna laptop gaming harus lebih memperhatikan perawatan dan pemeliharaan laptop. Dengan begitu laptop gaming yang kamu miliki akan berumur panjang dan lebih awet.

5 Tips Merawat Laptop Gaming Agar lebih Awet


Jika kamu memiliki laptop gaming, kamu bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk menjaga kinerja laptop gaming tetap baik dan lebih awet.

1. Menggunakan Pendingin Tambahan Pada Laptop

tips merawat laptop gaming


Semua jenis laptop pasti memiliki sistem pendingin bawaan atau fan pada laptop, termasuk jenis laptop gaming.

Namun sistem pendingin tesebut memiliki masa pakainya yang sewaktu-waktu akan mati dan membuat laptop menjadi lebih cepat panas.

Kamu bisa melakukan pengecekan dan membersihkan fan pada laptop agar tidak mudah rusak. Solusi lain kamu bisa menggunakan pendingin tambahan agar sistem laptop tidak cepat panas.

2. Membersihkan Laptop Secara Rutin
Terlihat sepele namun ternyata sering diabaikan. Membersihkan laptop dapat mempengaruhi umur laptop.

Tidak hanya pada bagian luarnya saja, namun komponen penting yang terdapat dalam laptop juga harus dibersihkan. Tidak lupa untuk selalu mengecek software agar peforma laptop tetap baik.

BACA JUGA:

3. Memperhatiikan Waktu Pemakaian Laptop


Saat bermain game terkadang membuat kita lupa waktu hingga seharian. Tetapi laptop gaming juga membutuhkan waktu istirahat untuk mendinginkan sistem. Dengan begitu laptop gaming akan memiliki umur yang panjang.

4. Tidak Menghabiskan Baterai Hingga 0%

tips merawat laptop gaming


Terkadang saat bermain game, kita suka tidak sadar dengan jumlah baterai laptop yang digunakan. Namun sangat disarankan sekali jangan bermain hingga daya baterai 0%. Karena pada saat daya baterai 0%, maka laptop akan otomatis mati meski sedang untuk bermain game. Dan ini sangat tidak baik untuk sistem pada laptop.

5. Gunakan Laptop Dengan Baik

Saat sedang menggunakan laptop, sebisa mungkin jauhkan laptop dari hal-hal yang jorok dan jangan menggunakan laptop di atas kasur.

Hal tersebut akan membuat lubang ventilasi pada laptop tertutup dan mengakibatkan laptop menjadi panas. Hal yang terpenting jangan pernah mencharger laptop pada saat sedang bermain game. Karena akan membuat pendek umur baterai dan membuat baterai bocor.

Itulah beberapa tips merawat laptop gaming yang bisa kamu lakukan. Semua jenis laptop akan awer dan berumur panjang apabila penggunaanya baik dan tidak lupa untuk selalu membersihkan laptop.

Bagikan !