3 Tips Membeli STB TV Digital, Ini Kriteria Agar Tidak Salah Beli

ARUSGADGET-Bila ingin membeli Set Top Box (STB) TV Digital ini beberapa tips dan kriteria STB agar tidak salah beli.

Pemerintah mulai mengganti siaran TV analog ke TV digital. Analog Switch Off (ASO) ini mulai 15 Maret 2022 ini. Bagi yang sudah memiliki TV biasa tidak perlu mengganti televisinya dengan televisi digital. Cukup membeli STB TV digital, sudah bisa menerima siaran TV seperti biasa.

Konsumen harus jeli dan tidak boleh sembarangan saat membeli Set Top Box TV digital. Ada beberapa tips membeli STB TV Digital yang sebenarnya cukup gampang.

Ini Beberapa Tips Membeli STB TV Digital

Sebelum membeli STB TV Digital lakukan penelusuran di internet. Caranya dengan mengunjungi website milik pemerintah maupun beberapa situs jual beli guna membandingkan harganya.

BACA JUGA:

Adapun beberapa tips membeli STB TV Digital sebagai berikut:

1. STB TV Digital Sudah Bersertifikasi Kominfo.

Pastikan STB itu sudah masuk dalam daftar bersertifikasi Kominfo.

Tanda bahwa Set Top Box itu sudah tersertifikasi biasanya ada tul;isa “Siap Digital”. Bisa pula berupa tanda teknologi yang dipakai yaitu DVBT2. Kadang pula pada kemasannya ada gambar Si MODI.

Salah satu tips membeli STB TV Digital adalah STB itu sudah bersertifikat kominfo

Namun untuk kepastiannya apakah STB TV Digital itu tersertifikasi kominfo, bisa berkunjung langsung ke laman siarandigital.kominfo.go.id. Datanya bisa dilihat di https://sertifikasi.postel.go.id/sertifikat/publish.

Pada laman publish itu sudah sangat lengkap. Sudah memuat beberapa kolom, Seperti nomor sertifikat, PLG ID, Nama Pemohon (perusahaan), nama perangkat STB, Model STB, Brand dan resertifikasi.

Dengan melakukan pengecekan di laman Kominfo ini pembeli tidak akan lagi was-was. Cukup mengakses dari ponsel maupun laptop sudah menentukan STB TV Digital yang diinginkan. Tidak lagi salah beli STB TV Digital, sebab sudah tersertifikasi pemerintah.

Tujuan pemerintah melakukan sertifikasi ini, salah satunya untuk menjamin konsumen memperoleh produk yang sesuai. Sertifikasi bukan sekadar stempel tanda keabsahan. Namun, melalui proses panjang guna memastikan kualitas STB TV Digital tersebut agar berguna dan bekerja secara optimal.

2. Lihat Teknologinya

STB TV Digital di Indonesia menggunakan teknologi DVBT2. Ini biasanya tertera dalam kemasan.

Pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi 1 DPR RI, pada Selasa (16/11/2021), Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut fungsi dari sertifikasi adalah sebagai jaminan kesesuaian teknologi.

BACA JUGA:

Saat ini sudah banyak negara yang beralih dari siaran sistem analog ke sistem penyiaran TV Digital. Bisa jadi ada produk STB yang berasal dari negara yang sudah bermigrasi dari TV analog ke digital. Belum tentu teknologinya cocok dipakai di Indonesia.

Pada migrasi ini, Indonesia memakai teknologi DVBT2 generasi kedua. Nah belum tentu negara lain menggunakan teknologi tersebut.

Selain itu teknologi siaran TV Digital di Indonesia juga terus mengalami penambahan fitur. Salah satu penambahan adalah fitur peringatan dini kebencanaan. Fitur Early Warning System (EWS) ini akan memberikan informasi kepada pengguna tentang peringatan dini di daerah sekitar jika terjadi bencana alam. Sertifikasi yang dilakukan pemerintah ini guna menjamin fitur itu bisa berjalan.

3. Mencari Review Produk STB TV Digital

Sebelum membeli alangkah baiknya mencari informasi tentang STB TV Digital di internet, banyak tps di sana. Meskipun sudah banyak STB yang bersertifikat, namun di pasaran cukup banyak produk yang beredar.

Lakukan pencarian review produk sebelum membeli STB TV Digital. (gambar ilustrasi, FOTO: Photo by Moose Photos from Pexels)

Mulai lakukan penelusuran dari internet maupun YouTube tentang jenis maupun tipe STB yang akan dibeli. Termasuk pula tentang harganya guna menyesuaikan budget yang dimiliki.

Dengan melakukan penelusuran konsumen dapat memahami STB yang akan dibeli. Selain itu juga bisa membandingkan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing produk STB yang beredar di pasaran.

Berapa Harga STB TV Digital di Pasaran

Sebagaimana diketahui pemilik televisi analog tidak perlu mengganti TV nya untuk mendapatkan siaran TV digital.Selain itu juga tidak perlu mengganti dengan antena baru. Cukup dengan memasang Set Top Box TV Digital sudah bisa menikmati siaran TV Digital.

Fungsi dari STB adalah untuk mengubah sinyal digital yang diterima antena. Sinyal digital ini oleh STB dirubah menjadi sinyal analog untuk diteruskan ke TV analog.

BACA JUGA:

Menjelang perpindahan TV analog ke TV didital saat ini sudah banyak STB yang tersedia di pasaran. Baik di marketplace maupun di toko-toko elektronik.

STB TV Digital ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Tergantung spesifikasi, body serta kegunaan. pada tiap daerah berbeda-beda.

Jika mengacu pada toko digital harga STB berkisar antara Rp 170 ribu hingga Rp 600 an ribu. Berikut beberapa diantaranya:

  1. STB Akari ADS-168 kisaran Rp 650.000
  2. STB Venus Brio pada kisaran harga Rp 230.000 – Rp255.000
  3. STB Tanaka T2 harganya sekitar Rp 190.000 – Rp 200.000
  4. STB Matrix Apple harga sekitar Rp 200.000 – Rp 255.000
  5. STB Evercoss STB1 harga berkisar Rp 199.000 – Rp 300.000
  6. STB Nextron TR 1000 harga sekitar Rp 259.000
  7. STB Evinix H-1 185 kisaran harganya Rp 290.000
  8. STB Polytron PDV 600T2 harga pada kisaran antara Rp 600.000 – Rp 700.000
  9. STB Ichiko 8000HD kisaran harganya Rp 235.000 – Rp 300.000
  10. STB Akari ADS-2230 harganya antara Rp 230.000 – Rp 300.000
  11. STB Akari ADS-210 kisaran Rp 300.000
  12. STB Evercoss STB Pro harga sekitar Rp 170.000
  13. POLYTRON PDV 600T2 : Rp 264 ribu – Rp 300 ribu
  14. STB Matrix CH-77 kisaran pada harga Rp 200.000
  15. STB Tanaka T2 Jurassic kisaran harga Rp 280.000
  16. STB Tanaka T2 New kisaran harga Rp 180.000
  17. STB Freebox H-1 kisaran harga Rp 220.000
  18. NexMedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD : Rp 170 ribu

Ada tiga periode migrasi TV Digital. Switch off tahap pertama sudha dimulai pada 15 Maret kemarin dan berlangsung hingga 30 April 2022.

Bila wilayahmu masuk dalam migrasi tahap pertama ini maka selayaknya segera menyiapkan perangkat STB. Terutama apabila memang tidak masuk dalam kategori rumah tangga penerima STB gratis.

Kelebihan TV Digital tentunya tayangan gambarnya lebih bersih dan suaranya lebih jernih, canggih teknologinya.

Baca Buku Petunjuk Sebelum Memasang Set Top Box

Sebelum memasang Set Top Box TV Digital pastikan terlebih dulu semua peralatannya lengkap. Pada setiap STB yang dibeli terdiri dari Unit set top box (STB) sekaligus adaptor atau charger.

Dalam satu kemasan juga sudah dilengkapi pula dengan kabel antena kabel RCA atau kabel audio video. Selain itu juga kabel LAN atau WLAN, kabel HDMI. Pastinya juga ada kelengkapan berupa remote dan baterai. Yang tak kalah penting ada buku petunjuk di dalamnya

Tidak perlu terburu-buru memasang STB jika belum tahu. Baca dengan teliti buku petunjuk. Karena di dalamnya memuat pemasangan STB langkah demi langkah

Itulah beberapa tips membeli STB TV Digital, pastikan sudah tersertifikasi. (AG)

Bagikan !
Kategori TV