Tips Jual Beli Ponsel Second Berkualitas

ARUSGADGET – Ingin mengganti ponsel tapi budget tidak mencukupi? Jual dan beli ponsel second bisa menjadi solusinya. Ada tips nya loh supaya kita bisa jual ponsel lawas dengan harga tinggi dan beli ponsel second berkualitas.

Pasti banyak orang sudah pernah melakukan kegiatan jual beli ponsel second. Sebelum melakukan jual beli ponsel second banyak hal yang menjadi pertimbangan. Sebab, sering kali kita mendapai ponsel second yang masih terdapat data-data penting dari pemilik sebelumnya.

Tentu masalah ini sangat berbahaya. Bagaimana jika saat kita menjual ponsel lawas kita dan ternyata masih ada data-data penting tertinggal. Data tersebut bisa saja disalahgunakan.

Baca Juga:

Pada artiket kali ini, Arus Gadget meberikan solusi berupa tips jual ponsel lawasmu dan beli ponsel second berkualitas.

Tips Jual Ponsel Lawas

Berikut adalah tips untukmu yang ingin menjual ponsel lawanya dengan harga tinggi.

1. Backup Data

Sebelum menjual pastikan sudah melakukan backup data-daya ponsel atau ke memori eksternal. Jangan sampai ada data-data yang tertinggal.

2. Factory Reset

Kembalikan pengaturan ponsel ke kepengaturan awal atau kepengaturan pabrik.Tampilan ponsel akan seperti awal baru kembali. Data-data pada ponsel akan otomatis terhapus.

3. Kelengkapan Ponsel

Perhatikan kelengkapan ponsel lawasmu. Karena jika ada aksesoris bawaan yang kurang seperti earphone, pengisi daya atau box bawaan maka harga ponsel akan semakin menurut.

4. Perhatikan Kondisi Ponsel

Periksa software dan hardware ponsel ada. Beritahukan selengkap mungkin kekurangan dan kelebihan. Jika ternyata ada kekurangan, lebih baik perbaiki dulu sebelum menjualnya.

Beli Ponsel Second

Berikut merupakan petunjuk sebelum membali ponsel second. Jangan sampai ponsel second yang dibeli ternyata jauh dari kata berkualitas.

1. Memilih Jenis Ponsel

Ada banyak jenis ponsel second di pasaran mulai dari Ponsel batangan, ponsel bekas Brand New On Box (BNOB), ponsel Old Stock, atau ponsel bekas dari pihak pertama alias penggunanya langsung. Biasanya ponsel batangan juah sangat murah sebab tidak lengkap dengan aksesoris bawan ponsel. Sedangkan

Baca Juga:

2. Perhatikan kondisi ponsel

Pembeli bisa bertanya langsung tentang kekurangn dan kelebihna pada ponsel. Pahami kondisi ponsel yang akan dibeli dan sebaiknya transaksi jual beli ponsel second dilakukan secara tatap muka.

Jangan lupa untuk tanyakan harga pembelian awal pada penjual dan juga tanyakan kelengkapan aksesoris.

3. Pilih Penjual yang Terpercaya

Jangan mudah tergiur dengan ponsel second dengan harga sangat mudah dari harga pasaran. Lebih baik tanyakan kelengkapannya secara detail dan parhatikan juga IMEI pada ponsel.

Bagikan !