TikTok Stories Jadi Fitur Terbaru dan Serupai Media Sosial Lainnya?

ARUSGADGET – Fitur terbaru yang bernama TikTok Stories kini tengah marak menjadi perbincangan karena kehadirannya yang membuatnya masuk ke dalam daftar media sosial yang membawa fitur Stories di dalamnya. TikTok belum meluncurkannya secara global namun fitur ini telah tersedia di beberapa wilayah.

TikTok merupakan platform media sosial yang telah telah meraup banyak pengguna dalam aplikasinya. Platform ini menyediakan konten audio visual yang dibuat oleh para creator dari seluruh dunia dan mencakup beragam tema yang menarik untuk diangkat sebagai sebuah konten. Untuk menjadi creator TikTok juga sangat mudah karena hanya perlu memiliki akun TikTok dan pengguna bisa membuat berbagai macam video untuk kontennya.

Sebagai platform media sosial, tentunya TikTok terus mencoba untuk menyediakan beragam tawaran fitur baru agar seluruh pengguna semakin betah berlama-lama menggulir apikasi TikTok. Fitur yang ada pada platform ini meliputi fitur filters, fitur pengeditan video, melakukan live, membagikan video, dan masih banyak fitur lainnya yang terdapat dalam aplikasi TikTok.

Fitur Terbaru TikTok

Kemudian, fitur TikTok Stories kini mewarnai tampilan TikTok sebagai fitur terbaru yang platform ini miliki. Fitur ini memiliki kesamaan dengan fitur Stories yang pula hadir yaitu dapat membuat cerita yang hanya akan bertahan selama 24 jam saja lalu setelah melewati kurun waktu tersebut, maka Stories sudah tidak dapat dilihat lagi.

BACA JUGA :

TikTok Stories milik pengguna akan bisa dilihat oleh pengguna lain jika mereka menekan profil pengguna di halaman akun. Selain itu, Stories juga akan hadir mewarnai tampilan For You Page (FYP) TikTok. TikTok nantinya akan menaruh lingkaaran foto profil pengguna yang membuat Stories pada bagian kanan FYP.

Perbedaan TikTok Stories dengan Stories di Platform Lain

Perbedaan TikTok Stories dan fitur Stories yang tercakup dalam media sosial lain adalah ketidakmampuan TikTok Stories untuk melihat siapa saja pengguna lain yang memantau Stories mereka. Daftar Views yang tersedia pada berbagai platform media sosial lainnya tidak akan muncul sebagai bagian dari TikTok Stories.

Konsep TikTok Stories ini juga membawa tombol like dan juga komentar yang lebih terbuka, berbeda dengan platform lain yang menyediakan fitur Balas Cerita secara pribadi dan tertutup baik melalui Direct Message ataupun melalui Private Chat.

Cara untuk membuat TikTok Stories juga cukup mudah yaitu dengan cara mengklik opsi Post yang akan disematkan di bagian tengah bawah platform TikTok lalu pilih opsi ‘quick’ yang akan tersedia dalam proses pembuatan video seperti biasanya. Pengguna akan bisa mengatur akses komentar, memakai filter, dan juga fitur lainnya yang bisanya diterapkan dalam pembuatan video biasa, namun memang hanya bertahan selama 24 jam saja.

Untuk TikTok Stories yang hanya berupa foto, nantinya bisa melakukan penambahan musik atau efek. Sedangkan untuk konten Stories berupa video, maka cukup melakukan pembuatan video layaknya tengah membuat konten agar bisa FYP namun hanyaa bertahan sehari penuh saja atau mungkin bisa dihapus lebih awal oleh pengguna.

Hanya Tersedia di AS dan Britania Raya

Fitur TikTok Stories sementara ini memang belum menemui peluncuran secara global, namun kehadirannya sudah menyambangi tampilan akun pengguna di wilayah tertentu. Untuk wilayah yang sudah kebagian fitur ini meliputi wilayah Amerika Serikat dan juga Britania Raya. Belum ada kepastian apakah fitur ini akan menyambangi Indonesia atau tidak karena mengingat fitur ini masih merupakan percobaan bagi TikTok dan membutuhkan kritik dan saran dari pengguna untuk pengembangannya.

Jika memang TikTok Stories akan menyambaangi pengguna secara global, maka kemungkinan TikTok akan menjadi platform audio visual yang mumpuni. Mengingat Stories hanya membawa durasi pendek saja, maka pilihan durasi untuk para konten creator akan semakin variatif. Mengingat kembali bahwa TikTok juga sebelumnya baru saja merilis fitur video hingga 3 menit dan akan memperpanjangnya hingga 10 menit.

Dengan adanya fitur terbaru TikTok Stories pula platform satu ini akan memiliki berbagai pilihan untuk konten audio visualnya. Jika ingin konten yang real-time dan panjang bisa memanfaatkan fitur Live, untuk video yang ingin Anda pertahankan lebih lama, buat video dengan durasi hingga 3 menit untuk keperluan profil dan FYP, dan untuk video singkat yang hanya ingin tampil 24 jam saja, bisa gunakan fitur TikTok Stories. Apakah Anda bersemangat untuk mendapatka fitur ini atau justru sebaliknya?

BACA JUGA :

Bagikan !

Tinggalkan komentar