TikTok Kini Bukan Lagi Platform Video Singkat

ARUSGADGET – Daya tarik dari Tiktok adalah karena aplikasi ini menyediakan berbagai video dengan durasi singkat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati banyak video tanpa menghabiskan waktu yang lama.

Melalui aplikasi ini, kreator harus memiliki cara yang kreatif untuk membuat konten tertentu. Selain dari kreativitas tema  konten, kreator juga harus menciptakan isi konten yang padat dan mampu memuat banyak informasi dalam sebuah video singkat. Pesan yang ada dalam konten juga harus sampai kepada para penonton.

Namun, pengembangan dari aplikasi ini terus meningkat. Dalam hal durasi video, misalnya, aplikasi ini terus berinovasi untuk meningkatkan durasi video agar bisa lebih lama. Awalnya, platform ini hanya menyediakan 15 detik hingga 1 menit saja. Namun, perkembangannya terus berjalan hingga sekarang batas maksimal durasi video adalah selama 3 menit.

Durasi Video Hingga 10 Menit

Tiktok

Tidak berhenti sampai di situ, pengujian untuk pengguna bahkan mengizinkan kreator untuk membuat video dengan durasi maksminal 10 menit. Alasan yang mendasari pengujian ini menurut Ubergizmo adalah mengenai pendapatan iklan pada platform ini.

BACA JUGA : Pembatasan Konten Dewasa di TikTok Lindungi Anak-Anak

Durasi yang lebih lama, bahkan hingga mencapai 10 menit memberikan kemampuan bagi Tiktok untuk menyisipkan banyak iklan. Melalui iklan yang ada pada aplikasi ini nantinya platform ini tentu meningkatkan pendapatan mereka.

Tetapi, hal ini justru bertentangan dengan laporan dari WIRED yang mengungkapkan survei mengenai kenyamanan pengguna dalam menonton video. Laporannya justru mengarah pada setengah pengguna yang merasakan stres saat menonton video berdurasi lebih dari satu menit.

Meskipun hasil survei bertentangan dengan gagasan Tiktok sendiri, tetapi platform ini akan tetap berupaya menyediakan durasi lebih panjang bagi tiap video. Hal ini merupakan misi dari platform untuk mendapatkan keuntungan.

Dewasa ini, masyarakat memiliki tingkat perhatian yang lebih pendek. Sehingga, mereka enggan untuk berlama-lama menonton video. Melalui kebiasaan seperti ini, masyarakat pun memilih Tiktok untuk menonton video dengan durasi singkat. Untuk video yang lebih panjang durasinya, pengguna hanya tinggal membuka platform video yang lain, seperti YouTube.

BACA JUGA : Cara Daftar Akun Tik Tok Shop Mudah dan Cepat

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !