Inilah Spesifikasi Dan Kelebihan MacBook Air M1 Yang Perlu Diketahui

ARUSGADGET– Tidak hanya mengeluarkan produk smartphone seperti Apple iPhone 12 series ataupun iPad, namun Apple juga punya seri laptop canggih yang dinamakan MacBook Air. Salah satu MacBook yang tidak kalah bagus yaitu MacBook Air M1. Lalu apa saja kelebihan MacBook Air M1 ini? Simak terus artikel ini.

Spesifikasi MacBook Air M1

Kelebihan MacBook Air M1
Apple MacBook Air 2020
Layar13,3 inch IPS (2560 x 1600 piksel) 227 ppi
ProcessorChip Apple M1
RAM8 GB (dapat di-upgrade ke 16 GB)
Storage256 GB atau 512 GB SSD (upgradable hingga 2 TB)
Optical DriverNo
KonektivitasWi-Fi 6 802.11ax, Bluetooth Version 5.0
Port2x Thunderbolt/USB 4 (Thunderbolt 3 hingga 40 Gb/dtk dan USB 3.1 Gen hingga 10 Gb/dtk)
BateraiLi-Polymer, 49,9Wh

Macam-Macam Kelebihan MacBook Air M1 Apple

Kelebihan MacBook Air M1

1. Chipset M1 Lebih Powerful

Apple M1 jauh lebih bertenaga di bagian pengujian single core dan multi-core. Untuk yang single core, Apple M1 dapat skor 1687 sedangkan untuk multi-core mendapatkan skot 7433. Pengujian ini lebih tinggi dibanding Intel Core i9-9980HK pada MacBook Pro 16 inci yang dapatkan skor 1149 untuk single core, dan 7329 untuk multi-core.

Sekalipun ini hanyalah pengujian sintetis, tapi cukup layak dijadikan acuan untuk menggambarkan betapa powerful-nya Apple M1. Anda bisa menjalankan beragam aktivitas produktif seperti pengeditan video, atau bahkan bermain game dengan lebih lancar.

BACA JUGA:

2. Menggunakan Teknologi Neural Network Processing

Keberadaan Neural Engine ini memungkinkan prosesor untuk bekerja dengan jauh lebih efisien, mengemas sejumlah teknologi yang powerful ke dalam satu cip saja pada arsitektur bernamakan Unified Memory Architecture. Alhasil, performa dan efisiensi bisa meningkat berkali-kali lipat dari CPU atau GPU lainnya yang ada di pasaran hingga saat ini.

MacBook Air ini sungguh layak dianggap satu-satunya yang menghadirkan performa yang tidak terungguli, mampu memaksimalkan potensi dari hardware yang ada sekalipun tampak di bawah spek PC lain yang menggunakan Intel atau AMD.

3. Harga Cukup Masuk Akal

harga MacBook Air yang menggunakan chipset M1 ini tidak begitu mahal. Dengan menawarkan performa yang bisa berkali-kali lipat lebih bertenaga dibanding laptop biasa, Anda hanya akan ditawarkan dengan banderol harga $999 atau sekitar Rp14 jutaan.

Bahkan untuk seukuran laptop dari Apple, harga segini terbilang terjangkau. Rasio performa ke harga yang juga cukup tinggi. Belum tentu Anda akan mendapatkan laptop dengan performa sekencang MacBook Air di harga yang sama.

4. Tingkat Kebisingan yang Rendah

MacBook Air M1 ini dapat berjalan dengan lebih sunyi lagi. Bahkan, pada aktivitas yang demanding sekalipun. Seperti yang kita tahu, laptop biasa akan mulai mengeluarkan suara bising karena kipas yang bekerja lebih keras pada aktivitas tertentu.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !