Sony Xperia 1 IV Rilis di Pasar Global, Gandeng Teknologi Zeiss untuk Kameranya

ARUSGADGET – Sony merilis ponsel flagship miliknya dengan tajuk Sony Xperia 1 IV. Ponsel ini memiliki banyak keunggulan mengingat berada di kelas atas.

Sebagai ponsel flagship, tentunya banyak spesifikasi yang diunggulkan, terutama dari aspek kameranya. Pasalnya, ponsel ini menggandeng teknologi Zeiss yang menciptakan hasil foto atau video yang terbaik.

Kamera dengan Zeiss

Kamera Sony Xperia 1 IV dengan Zeiss

Kamera belakang Sony Xperia 1 IV memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/1.7. Kemudian ada pula kamera telefoto 12 MP dengan bukaan lensa f/2.8, ultrawide 12 MP dengan f/2.2, serta kamera depth 0.3 MP.

Kamera yang dimiliki ponsel ini menggandeng berbagai teknologi yang dapat mengoptimalkan hasil jepretan. Mulai dari adanya Optical Image Stabilization (OIS), Zeiss optics, Zeiss T lens coating, panorama, HDR, dan eye tracking.

BACA JUGA: Sony Xperia 1 IV Bocor Oleh Render, Bagaimana Spesifikasinya?

Keberadaan kamera pada punggung ponsel terletak pada modul kamera horizontal dengan quad camera. Punggung ponsel Sony Xperia 1 IV dilindungi dengan proteksi Gorilla Glass Victus yang dapat mencegah ponsel rusak akibat goresan.

Bodi ponsel Sony Xperia 1 IV dibuat dengan dimensi 165 x 71 x 8.2 mm dengan bobot ponsel 185 gram. Semakin terjamin ketahanannya, ponsel ini menawarkan dua sertifikasi, yaitu IP65 dan IP68. Sertifikasi tersebut memberikan ketahanan ponsel terhadap debu dan juga air.

Layar Sony Xperia 1 IV

Layar Sony Xperia 1 IV dengan Zeiss

Beralih ke wajah ponsel, Sony Xperia 1 IV dirancang untuk memiliki panel OLED 6,5 inci. Resolusi dari layar ponsel ini adalah Full HD Plus dengan 1644 x 3840 piksel dengan rasio 21:9. Sedangkan untuk rasio screen to body ponsel ini adalah sebesar 84.2%.

Layar ponsel ini juga menggandeng berbagai teknologi untuk mendukung berbagai konten visual yang ditampilkan. Mulai dari kekayaan warna dari 1B colors hingga kemampuan HDR BT.2020 yang dapat memberikan gambar terbaik bagi penglihatan pengguna.

Sony Xperia 1 IV juga menyematkan proteksi untuk mencegah kerusakan akibat goresan. Proteksi yang disematkan pada layar ponsel ini merupakan Corning Gorilla Glass Victus. Untuk mendukung layar, bagian dalam ponsel ini didukung dengan tampilan dari sistem operasi Android 12.

Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8 Gen 1

Bicara soal bagian dalam ponsel, Sony Xperia 1 IV menggandeng chipset besutan Qualcomm. Ponsel flagship memang terkenal menggandeng chipset Snapdragon 8 Gen 1 untuk memberikan performa terbaik bagi ponsel.

Chipset tersebut dibuat dengan arsitektur yang sangat kecil, yaitu 4 nm. Dengan arsitektur yang kecil, maka memungkinkan ponsel untuk bekerja lebih cepat. Terlebih, ada dukungan CPU 8 inti dengan kecepatan clockspeed hingga 3.00 GHz serta GPU Adreno 730.

BACA JUGA: Pembaruan OS Android 12, Sony Xperia 10 II Dan10 III

Berkat chipset tersebut, ponsel Sony Xperia 1 IV didukung dengan kapasitas RAM dan penyimpanan internal jumbo. RAM yang dimiliki ponsel ini adalah sebesar 12 GB. Varian penyimpanan internal yang ditawarkan juga mumpuni dengan 256 GB dan 512 GB dari jenis UFS 3.X.

Tidak berhenti disitu, ponsel ini masih mendukung ekspansi penyimpanan dengan menggunakan memori eksternal. Dengan menyematkan microSD pada slot SIM, maka penyimpanan ponsel akan bertambah.

Sony Xperia 1 IV tentunya mendukung berbagai konektivitas pada ponsel. Mulai dari konektivitas 5G, dukungan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.2, GPA, dan NFC. Sambungan lainnya untuk ponsel ini antara lain USB Type-C 3.2, USB On-The-Go, dan audiojack 3.5 mm.

Kemudian ada pula berbagai sensor yang disematkan pada ponsel. Mulai dari sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted), proximity, serta Native Sony Alpha camera support.

Baterai Sony Xperia 1 IV

Baterai Sony Xperia 1 IV

Dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan, Sony didukung dengan ketahanan mumpuni 5000 mAh. Tentunya ada dukungan fast charging dengan daya 30W yang akan mengisi ponsel hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

Ponsel Sony Xperia 1 IV dijual secara global dengan varian warna Black, White, dan Violet. Harga penjualan untuk ponsel ini adalah USD 1.599 atau setara dengan Rp 23,4 juta.

Harga tinggi tersebut merupakan hal yang lumrah mengingat Sony Xperia 1 IV merupakan ponsel flagship. Belum diketahui apakah ponsel ini akan menyambangi Tanah Air atau tidak, kita tunggu saja.

BACA JUGA: Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !