Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 Meluncur di Pasaran

ARUS GADGET – Qualcomm Technologies, Inc merilis dua prosesor terbaru miliknya. Tak hanya satu, melainkan perusahaan merilis Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 pada Selasa (6/9/2022).

Diungkapkan bahwa perilisan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 ditujukan untuk ponsel kelas menengah.

Sebagai perusahaan chip semikonduktor ternama, Qualcomm tentu merancang kedua prosesor tersebut dengan beragam fitur unggulan.

Fitur yang ada pada prosesor ini mengandalkan teknologi yang akan mendukung kinerja AI (Artificial Intelligence) pada perangkat tersebut.

BACA JUGA : Qualcomm Debutkan Chipset Terbaru Snapdragon 7 Gen 1 dan Snapdragon 8+ Gen 1

Setiap prosesor baik Snapdragon 6 Gen 1 maupun Snapdragon 4 Gen 1 tentu memiliki keunggulan yang berbeda daripada pendahulunya.

Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki kedua prosesor terbaru besutan Qualcomm ini. Berikut sekilas ulasannya?

Peningkatan Fitur dari Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1

Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1, keduanya memberikan peningkatan fitur pada kamera, kinerja ponsel untuk bermain game, serta kinerja AI yang lebih intuitif.

Klaim tersebut diungkapkan secara langsung dalam siaran pers yang dilakukan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut awal September 2022 ini.

Peningkatan fotografi yang diberikan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 hadir melalui integrasi tiga ISP.

Fitur Mendukung Kamera 108 MP

Integrasi tersebut nantinya akan memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari tiga kamera sekaligus dengan besaran gigapiksel.

Selain itu, terdapat fitur Multi-Frame Noise Reduction yang memberikan peningkatan visual dan menghasilkan gambar yang lebih detail serta tajam.

Fitur tersebut juga didukung dengan kemampuan pengambilan foto mencapai 108 MP serta perekaman video HDR berkat sensor HDR yang berkualitas.

Kemudian peningkatan yang disematkan pada Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 juga terletak pada kinerja AI.

Diklaim bahwa kedua prosesor tersebut memberikan kinerja AI dengan kemampuan tiga kali lebih baik berkat Qualcomm AI Engine generasi ke-7.

BACA JUGA : Tablet Realme Terbaru Dirancang dengan Snapdragon 870, Ini Bocoran yang Beredar

Fitur Qualcomm AI Engine generasi ke-7 memberikan peningkatan pada pelacakan aktivitas berbasis AI, pengalaman perangkat yang lebih mulus dan intuitif, serta dukungan sekejap dari always-on voice assistant yang akan memberikan pengalaman komunikasi lebih jelas dengan peredam gema atau suara latar.

Mendukung Pengalaman Game yang Lebih Imersif.

Kemudian Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 juga memberikan pengalaman game yang lebih imersif.

Mulai dari rendering grafis yang 35 persen lebih cepat serta pemrosesan yang 40 persen lebih cepat dibanding pendahulunya.

Pengalaman bermain game semakin meningkat dengan game HDR berkecepatan lebih dari 60 fps dengan kemulusan yang lebih tinggi, lebih responsif, serta visual gaming yang lebih jernih dengan resolusi tinggi.

Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1 juga dirancang perusahaan agar mengefisiensi konsumsi daya. Terlebih, Snapdragon 4 Gen 1 sendiri merupakan seri 4 pertama dengan fabrikasi sebesar 6nm. Dengan fabrikasi tersebut, maka prosesor ini menawarkan daya tahan baterai hingga beberapa hari.

Selain itu, Snapdragon 4 Gen 1 membawa peningkatan CPU hingga 15 persen serta penyempurnaan GPU yang mencapai 10 persen. Kecanggihan tersebut memudahkan pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam satu waktu dengan lancar serta hiburan yang imersif.

Selain dari kemampuan fotografi, gaming, dan multitasking, Snapdragon 4 Gen 1 juga memiliki keunggulan dalam segi konektivitas.

BACA JUGA : Resmi Rilis Secara Global, Intip Spesifikasi Ponsel Huawei Mate Xs 2 dengan Snapdragon 888 4G

Prosesor ini memanfaatkan Snapdragon X51 5G Modem-RF System sehingga memberikan kecepatan unduh hingga 2,5 Gbps pada jaringan 5G, Fastconnect 6200 pada Wi-Fi 2×2 premium serta kemudahan konektivitas Bluetooth.

Meskipun berbagai keunggulannya sudah diungkapkan secara gamblang dalam perilisannya, masih belum diketahui seri ponsel manakah yang akan pertama kali memberikan tempat untuk menyematkan Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1, kita tunggu saja.

Simak Terus Informasi Arus Gadget dengan follow Google News

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !