Fossil Skagen Falster Gen 6 Resmi di India, Usung Chipset Snapdragon Wear 4100+

ARUSGADGET – Vendor jam tangan Fossil merilis produk baru miliknya dengan tajuk Skagen Falster Gen 6. Produk tersebut berupa jam tangan pintar dengan mengusung sistem operasi Wear OS dari Google. Smartwatch Fossil tersebut resmi meluncur di India sebagai suksesor dari Falster Gen sebelumnya.

Sebagai vendor ternama jam tangan, Fossil membawa keunggulan untuk smartwatch terbarunya. Keunggulan yang dibawa oleh Skagen Falster Gen 6 terletak pada segi desain smartwatch. Desainnya tentu mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan barisan smartwatch Fossil Gen 6 yang lain.

Spesifikasi Skagen Falster Gen 6

Untuk mendukung desain yang lebih mumpuni, Fossil menyematkan bahan berupa stainless steel pada smartwatch. Selain itu, Skagen Falster Gen 6 membawa panel layar AMOLED berukuran 1,28 inci yang terlindungi dengan casing 42mm. Kemudian talinya akan semakin kompatibel dengan membawa strap berukuran 20mm.

Beralih ke bagian dalam jam tangan, Skagen Falster Gen 6 mengusung tenaga dari chipset besutan Qualcomm. Chipset Snapdragon Wear 4100+ menjadi otak bagi jam tangan pintar terbaru milik Fossil satu ini. Berkat tenaga dari Qualcomm, smartwatch Skagen Falster Gen 6 berhasil mendukung kapasitas RAM sebesar 1 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal, smartwatch ini mendukung penyimpanan data hingga 8 GB.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Smartwatch Terbaik

Skagen Falster Gen 6 membawa fitur fast charging yang diketahui berapa besar dayanya. Namun klaimnya adalah mencapai 80% hanya dalam waktu 30 menit. Kemudian, penggunaan smartwatch akan mengonsumsi daya lebih rendah dengan performa lebih tinggi 30% jika dibandingkan dengan Falster 3. Hal tersebut disebabkan karena smartwatch ini menggandeng SD Wear 4100+.

Fitur Skagen Falster Gen 6

Skagen Falster Gen 6 juga membawa berbagai fitur unggulan untuk memudahkan para penggunanya. Fitur pertama yang ditawarkan smartwatch ini adalah Amazon Alexa yang kompatibel jika dihubungkan dengan ponsel Android milik pengguna. Dengan adanya Amazon Alexa, pengguna mampu memesan produk di Amazon, serta mengatur jadwal untuk workout.

Fitur lainnya yang dibawa Skagen Falster Gen 6 ada dalam bentuk notifikasi smartphone yang akan terhubung dengan smartwatch. Selain itu, smartwatch ini juga mendukung notifikasi kalender yang bisa diatur dalam smartwatch. Hal tersebut tentu memudahkan pengguna agar mampu mengatur notifikasi bahkan panggilan saat ponsel berada jauh dari genggaman.

Sistem operasi yang diusung Skagen Falster Gen 6 adalah Wear OS 2 yang akan diperbarui ke Wear OS 3. Dengan menggandeng Wear OS, maka Falster Gen 6 mendukung adanya fitur Google Assistant. Selain itu, smartwatch ini juga mendukung penginstalan berbagai aplikasi melalui toko aplikasi Play Store. Beragam aplikasi seperti Spotify, Nike Run Club, Wellness, Moonlight dan Youtube Music bisa disematkan pada jam tangan pintar Falster Gen 6.

Sensor dan Konektivitas

Kemudian, Skagen Falster Gen 6 membawa ketahanan terhadap air hingga kedalamana 50 meter atau 50 ATM. Sehingga smartwatch ini akan aman jika digunakan pada saat berenang. Dalam segi konektivitas, jam tangan pintar ini membawa sambungan NFC, Wi-Fi, GPS dan juga koneksi Bluetooth 5.0 LE.

Sebagai smartwatch, Skagen Falster Gen 6 juga menggandeng berbagai sensor pendeteksi yang dapat menjaga kebugaran tubuh. Sensor yang tersemat pada smartwatch ini meliputi sensor deteksi detak jantung, saturasi oksigen, kompas, altimetr, dan juga giroskop.

Pilihan warna yang tersedia untuk smartwatch ini juga beragam. Lima warna yang melengkapi desain smartwatch terdiri dari varian Silver, Rose Gold, Charcoal, Midnight, dan juga Brown. Bahan untuk strap juga tersedia dalam pilihan Leather, Silicon, dan juga Mesh Stainless Steel Skagen.

BACA JUGA : Garmin Fenix 7 dan Epix : Smartwatch dengan Akurasi Tinggi

Dengan berbagai keunggulannya, Skagen Falster Gen 6 dijual dengan banderol harga 21.995 rupee yang setara dengan Rp 4,2 juta. Sebagai suksesor Falster Gen 5, tentunya smartwatch ini membawa berbagai peningkatan yang telah disebutkan.

Falster Gen 5

Kilas balik pada Falster Gen 5 yang diwujudkan dengan model Falster 3. Smartwatch ini memiliki fitur yang mirip dengan seri terbarunya. Falster 3 juga mengusung sistem operasi Wear OS yang mendukung Play Store, Google Assistant, dan Google Pay. Untuk chipset yang diusung dalam smartwatch ini adalah Qualcomm Snapdragon Wear 3100 yang bersanding dengan penyimpanan 8 GB.

Ketahanan yang ditawarkan oleh Falster 3 juga tidak kalah mumpuni untuk jam tangan di generasinya. Penggunaan Falster 3 mencapai seharian penuh untuk sekali pengisian daya. Bahkan, ketahanan bisa bertambah jika mengaktifkan Extended Mode pada jam tangan. Namun, dalam segi pengisian daya cepat, Falster Gen 6 memiliki kemampuan 2X lebih unggul.

BACA JUGA : Merek Smartwatch Terlaris 2021, Apple Jadi yang Terbaik

Bagikan !