Samsung QN90A, TV Neo QLED Pertama Dari Samsung

Sebagai salah satu TV Neo QLED pertama Samsung, Samsung QN90A lebih tipis, lebih cerah dan lebih berani dari sebelumnya. Teknologi QLED menawarkan kecerahan puncak yang tinggi dan kontras yang fantastis.

QLED adalah teknologi Quantum-LED untuk meningkatkan performa gambar lebih tajam dan kontras. Samsung mengklaim, QLED bisa menghadirkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi tetapi tetap nyaman untuk dilihat.

QLED juga dapat menciptakan volume warna yang lebih ‘kental’ hingga tingkat kepenuhan 100 persen.

Samsung QN90A
©www.samsung.com

Oleh karena itu TV QLED dapat menampilkan seluruh warna secara akurat termasuk dalam berbagai kondisi kecerahan, sekitar 1.500 sampai 2.000 nits.

Terobosan teknologi QLED merupakan hasil adopsi penggunaan material baru metal alloy untuk quantum dot. Penggunaan material ini memungkinkan TV secara signifikan menampilkan rentang warna yang ditingkatkan, dan detail lebih baik ketimbang televisi konvensional.

Engineer Samsung TV R&D Team Martin Kim menuturkan teknologi Quantum dots terbaru ini juga mampu menampilkan warna hitam lebih pekat. Bahkan, teknologi terbaru ini dapat mempertahankan detail gambar.

Kami menyukai detail warna yang tetap sama meski kami menonton TV dari berbagai sudut. Anda akan tetap bisa melihat tampilan layar bahkan ketika Anda berada di samping layar persis.

Selain itu, QLED TV mendukung hampir seluruh DCI-P3 (Digi Color US), yang merupakan standar tingkat kecerahan. DCI-P3 adalah tolak ukur industri film Amerika Serikat untuk representasi warna dan standar pada 2D yang menghitung tampilan warna sebuah layar.

Tak hanya dari sisi teknologi, desain QLED TV dibuat lebih ramping dengan tampilan nyaris tanpa bezel, serta proses instalasi TV lebih mudah.

Namun bodi tipis ini mengurangi kualitas suara, ini yang harus Anda pertimbangkan. Untuk mendapatkan kualitas suara lebih baik Anda harus menyambungkannya dengan perangkat suara eksternal.

Baca yuk, LG BX OLED TV, TV OLED Terjangkau dari LG di Harga 25 Juta

Ulasan Singkat Samsung QN90A

Samsung QN90A Neo QLED adalah TV pertama Samsung pada tahun 2021 yang menggunakan panel Neo QLED. Panel ini menggunakan dioda pemancar cahaya per inci persegi yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

Samsung QN90A
©www.samsung.com

Hasilnya adalah TV yang lebih cerah dari sebelumnya dan TV yang dapat menampilkan rangkaian warna yang sangat memuaskan.

TV Neo QLED menggunakan Prosesor Neo Quantum 4K kelas atas. Prosesor ini menggunakan jaringan saraf untuk menganalisis gambar dan menghasilkan peningkatan HD yang lebih baik.

Prosesor juga mempunyai kemampuan Motion Xcelerator Turbo + untuk penanganan gerakan yang lebih baik. Semua keunggulan ini  telah benar-benar terbayar untuk layar andalan Samsung.

Terakhir, ada fitur GameView dan Game Bar baru. Game Bar menunjukkan kepada Anda semua spesifikasi utama yang memanjakan  gamer seperti kecepatan frame per second (FPS) dan VRR yang aktif.

 GameView memungkinkan Anda mengubah rasio layar dari 16: 9 menjadi 21: 9. Rasio maksimal dari Samsung QN90A Neo QLED adalah rasio 32: 9, ini menghasilkan gambar yang sangat lebar jika Anda menginginkan pengalaman monitor ultra-lebar dari TV 65 inci Anda.

Sebuah  ide yang menyenangkan dari Samsung, bahwa Anda mempunyai monitor dan layar hiburan di ruang tamu Anda.

Segala keunggulan gambar tidak diimbangi dengan kualitas suara yang bagus dari Samsung. Kualitasnya sangat loyo seperti TV tabung biasa, entah kenapa tidak ada Dolby Theater di sini.

Juga tidak ada dukungan untuk Dolby Vision, Anda hanya akan mendapatkan kualitas maksimal pada HDR10 pada Netflix.

Desain Samsung QN90A

Bezel sangat minimal dan dibuat dengan bahan premium
Dudukan alas agak goyah dan tampak kurang kuat
Empat port HDMI 2.1, tetapi semua port mendukung 4K / 120Hz
Remote ramah lingkungan bertenaga surya bekerja dengan baik
Desain Samsung QN90A

Jika kita melihat dari sudut pandang estetika belaka, tidak ada yang tidak disukai tentang Samsung QN90A. Memiliki tampilan yang indah dengan bahan premium dan tampak hebat baik dipasang di dinding maupun pada dudukannya. Meski dudukannya tampak kurang kuat dan rapuh.

Ketika kami mengatur TV sepenuhnya di atas dudukannya, dengan sekrup yang diikat sekencang mungkin, masih ada goyangan yang mengganggu perasaan kami.

Desain Samsung QN90A
©www.samsung.com

Desain tpis pada Samsung QN90A ternyata mengorbankan kualitas dan stabilitas suara. Itu bukan hal yang buruk jika Anda berencana menghubungkan TV ke sistem suara eksternal, seperti salah satu soundbar Dolby Atmos Samsung.

Masalah lain dengan desain Samsung QN90A adalah hanya dilengkapi dengan satu port HDMI 2.1 bandwidth penuh. Itu bisa menjadi sedikit masalah di masa mendatang, tetapi kabar baiknya untuk saat ini adalah keempat port dapat menangani PS5 dan Xbox Series X pada 4K / 120Hz, VRR dan ALLM.

Meskipun keempat port berfungsi dengan baik untuk konsol, port 3 adalah satu-satunya port yang mendukung eARC, jadi Anda sebaiknya menggunakannya untuk soundbar.

Sayangnya, semua port ini terletak tepat di bagian belakang TV dan bukan di kotak OneConnect Samsung seperti model QN95A, Q800A dan Q900A. Kabel memang tampak tersembunyi dengan baik, namun akan ada sedikit kesulitan dalam pemasangan.

Kami menyukai remote ramah lingkungan baru yang menjalankan baterai bertenaga surya. Anda cukup menaruhnya di pinggir jendela yang tersinari cahaya matahari. Tidak perlu sampai menjemurnya di halaman atau malah di atas genteng. Hehe.

Baca ulasan produk lainya, 5 Rekomendasi Smart TV Layar Jumbo Murah dan Terbaik

Selain mudah untuk mengisi daya, remote ini menggunakan Bluetooth, yang berarti berfungsi tanpa line-of-sight ke TV. Hebatnya, remote ini mempunyai mikrofon internal untuk meminta bantuan Smart Assistant.

OS Tizen Untuk Smart TV

Mendukung banyak asisten built-in
Perpustakaan aplikasi besar dengan beberapa aplikasi yang mendukung HDR10 +
Membutuhkan akun Samsung untuk mengunduh aplikasi baru
Transmisi layar dan dukungan Apple AirPlay 2 juga
Keunggulan OS Tizen

Sebagaimana TV Samsung lainnya, Samsung QN90A bekerja dengan dukungan platform pintar Tizen. Kini Samsung menyediakan tiga Smart Assistant yaitu Alexa, Asisten Google, dan Bixby.

Samsung QLED Q90NA 4
©www.currys.co.uk

Sedangkan untuk UI Tizen, tampilannya cukup bersih. Menekan tombol beranda menampilkan overlay di sepanjang bagian bawah layar dengan aplikasi dan sumber yang sering Anda gunakan serta pengaturan dan Mode Standby.

Mode Sekitar, adalah mode daya rendah yang membantu TV berbaur dengan lingkungan sekitarnya sambil tetap mempertahankan beberapa informasi penting  di layar. Mode ini sudah ada selama beberapa tahun dan menjadi mode yang menarik bagi banyak pengguna.

Fitur bawaan lain dari Tizen adalah aplikasi Samsung TV Plus milik Samsung yang memadukan saluran TV tradisional dengan saluran streaming untuk pengalaman aplikasi yang lebih kuat. Anda bisa mengunduh Samsung TV Plus dan menggunakannya dengan gratis.

Anda akan menemukan banyak saluran TV kabel pada Samsung TV Plus, seperti ABC News, MTV, Nickolodeon, dan lainnya. Sesekali Anda akan melihat iklan ketika menontonnya, tetapi iklan inilah yang membiayai Tizen dan membuat Anda bisa mengunduh Samsung TV Plus dengan gratis.

Dalam hal dukungan aplikasi, Samsung QN90A mempunyai hampir semua platform streaming utama. Tidak ketinggalan aplikasi populer seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney Plus, dan Hulu.

Untuk mengunduh aplikasi apa pun yang tidak disertakan dalam TV, Anda harus masuk menggunakan akun Samsung, yang sedikit agak merepotkan.

Beberapa aplikasi tampil lebih baik daripada yang lain. Misalnya Amazon Prime Video dengan dukungan HDR10 +-nya tentu terlihat lebih baik daripada HBO Max.

Untuk memanjakan para gamer, Samsung QN90A mempunyai fitur Game Bar dan GameView dari Tizen. Meskipun fitur ini dapat membantu para gamer konsol karena mereka mengkonfirmasi kecepatan refresh TV, mereka jauh lebih berguna bagi para gamer PC.

Misalnya, menghubungkan QN90A ke PC memungkinkan Anda untuk mengontrol rasio aspek. Namun Anda perlu menyesuaikan output PC secara manual untuk 21: 9 (3840×1600 atau (2560×1080) atau 32: 9 (3840×1080).

Sebuah catatan positif untuk calon pembeli, TV ini mendukung transmisi layar untuk sebagian besar aplikasi utama dan Apple AirPlay 2. Berbagi konten ke layar relatif mudah dan sangat nyaman.

Jika Anda menggunakan smartphone atau jam tangan pintar Samsung, Anda dapat menyelaraskan data biometrik ke TV menggunakan aplikasi Samsung Health internal. Tentu dukungan ini tidak bisa Anda dapatkan dengan menggunakan gadget berbasis iOS. Beda perusahaan bos!! Hehe

Kualitas gambar

Mini LED meningkatkan kecerahan puncak dan saturasi warna
Neo Quantum Processor 4K melakukan peningkatan yang luar biasa
Beberapa masalah gerakan, tetapi dapat diubah dalam pengaturan gambar
Sayangnya, tidak ada dukungan Dolby Vision
Kualitas Gambar Samsung QN90A

Tentu saja, Samsung QN90A menonjolkan tentang kinerja gambar dan membuktikan kehebatannya. Sebagian besar konten terlihat benar-benar mencengangkan di QN90A, lebih cerah dan lebih berwarna daripada kebanyakan TV 4K lainnya. Berkat penggunaan Mini LED, tingkat hitam dan kontrasnya lebih baik daripada TV LCD LED lainnya.

Untuk memahami mengapa hal itu terjadi, kita harus mengupas lapisan TV dan berbicara tentang bagaimana sistem lampu latar LED Mini berinteraksi dengan teknologi QLED.

Pertama, teknologi QLED menambahkan ribuan lebih banyak LED ke lampu latar dibandingkan dengan layar LED-LCD tradisional. Itu dibagi menjadi lebih banyak zona dan zona itu kemudian dapat dikontrol dengan lebih baik, menghasilkan tingkat dan kontras hitam yang lebih baik.

Saat zona Mini LED tersebut diaktifkan, mereka dapat menghasilkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi daripada rangkaian LED tradisional. Anda akan mendapatkan saturasi warna yang lebih baik dengan meenggabungkan kecerahan puncak dan rentang warna tambahan yang disediakan oleh filter quantum dot QLED.

Menggunakan 16 jaringan saraf, Neo Quantum Processor 4K menganalisis gambar berdasarkan bingkai demi bingkai. Meningkatkan gambar jika berasal dari resolusi sub-4K menggunakan database gambar dan meningkatkan kontras dan saturasi warna.

Seberapa banyak warna dan kontras yang dapat disesuaikan dengan salah satu dari lima mode pengaturan gambar. Standar meredupkan warna dan kecerahan untuk gambar yang lebih alami yang akan terlihat bagus di ruang keluarga, sedangkan mode Dinamis cocok untuk ruangan dengan banyak cahaya alami.

Mode film menambahkan tone agar gambar lebih kalem, sementara mode Pembuat Film menonaktifkan pemrosesan gerakan sepenuhnya untuk pengalaman yang lebih sinematik. Semua mode memiliki pro dan kontra, tetapi kami menemukan masing-masing menyenangkan dengan caranya sendiri.

Kemampuan  pemrosesan gerak mendapatkan dukungan teknologi Motion Xcelerator Turbo + baru yang digunakan oleh Neo Quantum Processor 4K.Teknologi ini mengurangi getaran pada gambar dan memaksimalkan kemampuan refresh.

Kemampuan ini juga mendukung aktifitas bermain game Anda atau anak Anda. Tidak ada bayangan pada gerakan bertarung atau gerakan cepat lainnya.

Samsung QLED Q90NA 3
©www.samsung.com

Kualitas Suara Menyedihkan

Seperti kita singgung sedikit di atas bahwa kualitas suara pada Samsung QN90A tidak sebagus kualitas gambarnya. Bagian dari masalah di sini mungkin karena Samsung QN90A menggunakan Object Tracking Sound Plus dengan output maksimal 60W. Tidak seperti Samsung QN800A dan Samsung QN900A yang menggunakan pengaturan OTS + Pro 70W sehingga suara bisa lebih berkualitas.

Jika Anda masih mempunyai budget yang cukup, kami menyarankan untuk membeli perangkat suara eksternal. Akan sangat menyedihkan jika menikmati tampilan gambar yang fantastis tanpa dukunga suara yang mumpuni.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !