Categories: Laptop

Review Laptop Gaming ROG Zephyrus S GX701, Super Lengkap!

Asus semakin hari semakin menunjukkan ‘taringnya’ untuk menciptakan produk-produk laptop yang berkualitas. Menyadari bahwa era saat ini semua orang begitu gandrung main game, Asus pun membidik para gamers dengan mengenalkan laptop berkualitas baik dari segi desain atau performa, dengan jaminan pengalaman main game maksimal.

Melalui seri ROG Zephyrus, Asus mencoba melewati batas laptop gaming masa kini dengan menghadirkan desain super tipis. Diklaim sebagai laptop gaming tertipis di dunia, seri ROG Zephyrus memiliki performa dan spesifikasi luar biasa. Untuk seri laptop gaming tipis yang diboyong ke Indonesia pada pertengahan Juli 2019 ini, ada tiga varian ROG Zephyrus yang dikenalkan yakni ROG Zephyrus S GX502, ROG Zephyrus S GX701, dan ROG Zephyrus M GU502.

Nah untuk kali ini, kami akan membahas ROG Zephyrus S GX701 yang tentunya menjadi perangkat impian gamers masa kini. Seperti apa review-nya? Yuk langsung simak saja ulasannya berikut ini!

Mengenal Spesifikasi Asus ROG ZEPHYRUS S GX701

Sebelum melihat bagaimana kemampuan si tipis yang luar biasa ini, ada baiknya jika Anda tahu spesifikasi yang dibenamkan Asus dalam ROG Zephyrus S GX701 ini dulu. Dan berikut hal-hal penting yang perlu diketahui:

  • Prosesor : Intel® Core™ i7-8750H
  • Layar : 17.3 inch Full HD (1920×1080) IPS-level panel, 144Hz, 3ms, 100% sRGB, Optimus, G-SYNC, Pantone® Validated
  • Baterai : 76 Wh Lithium-Ion, 4 cells
  • Konektivitas : 802.11 AC 2×2 WLAN, Built-in Bluetooth 5.0 Port: 1 x USB3.1 Gen2 Type-C™ with DisplayPort™ 1.4 and Power Delivery, 1 x USB3.1 Gen1 Type-C, 1x USB3.1 Gen2 Type-A, 2x USB3.1 Gen1 Type-A, 1 x HDMI 2.0b, 1 x 3.5mm headphone and microphone combo jack, 1 x Kensington lock
  • RAM : Up to 24GB (8GB on board memory) DDR4 2666MHz SDRAM
  • Graphic Card/VGA : NVIDIA® GeForce RTX™ 2080 with Max-Q Design 8GB GDDR6 VRAM
  • Storage/Penyimpanan : M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 1TB SSD

Layar Laptop Gaming ROG ZEPHYRUS S GX701

Jika sudah memahami spesifikasi ROG Zephyrus S GX701, maka hal berikutnya yang jadi perhatian adalah urusan layar monitor. Sebagai laptop gaming, kualitas layar tentu harus dibahas karena kepuasan main game di media laptop jelas juga ditentukan oleh layar itu sendiri.

Untuk laptop gaming ramping ini, Asus memasang monitor berukuran 17 inci dengan mengusung resolusi Full HD. Sedangkan panel yang digunakan adalah IPS yang sudah didukung framerates 114 Hz respon time 3mm. Agar tampilan warna tampil jauh lebih akurat, layar ROG Zephyrus S GX701 sudah memiliki Sertifikasi Pantone. Tak hanya untuk gaming, kegiatan editing video pun bisa berjalan maksimal di ROG Zephyrus S GX701.

Kembali lagi ke target utama Asus yakni para gamers, ROG Zephyrus S GX701 jelas bisa jadi laptop idaman karena adanya fitur Nvidia G-Sync, Optimus, dan layar HDR. Seolah menyempurnakan kemampuan layarnya, ROG Zephyrus S GX701 didesain dengan bezels yang tipis berkat teknologi Super Narrow Bezels 6,9 mm. Melalui teknologi ini, ROG Zephyrus S GX701 hadir lebih lapang, ringan dan tentunya mudah dibawa ke mana-mana.

Design Laptop Gaming ROG ZEPHYRUS S GX701

Jika melihat tampilannya, ROG Zephyrus S GX701 menggunakan aluminium sama seperti produk-produk Asus lainnya. Namun yang tentu membedakan adalah adanya emblem alias logo ROG timbul sebagai ciri khas laptop gaming Asus seri ROG. Bukan cuma sekadar emblem timbul, logo ROG ini bakal ikut menyala setiap kali Anda menekan tombol power sehingga makin percaya diri setiap kali menggunakan laptop ramping ini.

Untuk bagian bodi laptop, desainnya dibentuk tampak solid. Hinch dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada celah yang terbuka, tapi tetap memperhatikan sirkulasi empat sisi body laptop yang tetap lancar. Anda bisa menemukannya di kedua sisi kanan-kiri dan dua lainnya di bagian belakang body dekat hinch. Namun tak perlu khawatir, dengan satu tangan pun Anda bisa membuka hinch si ramping ini.

Beralih ke bagian kiri ROG Zephyrus S GX701, ada beberapa port berjejer yang dibenamkan Asus. Yakni satu port USB 3.1 Gen2 Type-C, port audio jack, satu port USB 3.1 Gen Type A, satu port untuk power dan HDMI. Yang unik, ada dua tipe kabel power ROG Zephyrus S GX701 yakni yang menggunakan colokan pada umumnya dengan adaptor besar sebagai ciri khas laptop gaming, serta yang kedua cenderung kecil seperti perangkat ultrabook.

Untuk kabel power tipe kedua, bisa dihubungkan dengan port USB 3.1 Gen2 Type- C. Port tersebut bisa berfungsi sebagai adaptor ataupun display port. Namun perlu diketahui bahwas power adaptor kecil hanya bsa menggantikan power adaptor besar sebagai kebutuhan penggunaan laptop dasar. Oleh karena itu, jika ingin bermain game gunakanlah power adaptor yang besar.

Terakhir untuk desain keyboard, Asus memasang layout TKL (Ten Keyless) pada ROG Zephyrus S GX701 . Dengan pilihan ini, posisi keyboard cukup nyaman dan lebih rendah jika dibandingkan laptop pada umumnya. Desain keyboard ini semakin melengkapi tampilan bodi ROG Zephyrus S GX701 yang begitu tipis, ringkas tapi kuat dan berkualitas.Walaupun design bodinya tipis kualitas begitu ringkas dan cukup kuat.

Performa Laptop ROG ZEPHYRUS S GX701

Jika sudah mengetahui bagian layar dan desain bodi keseluruhan ROG Zephyrus S GX701, hal berikutnya yang jadi perhatian adalah performa dari laptong gaming satu ini. Setidaknya ada tiga bagian yang penting diamati yakni kualitas dapur pacu, baterai dan penyimpanannya. Berikut pembahasannya satu-persatu:

1. Performa Dapur Pacu ROG Zephyrus S GX701

Mengusung slogan Go Big Stay Slim, ROG Zephyrus S GX701 membuktikannya lewat desain bodi tipis tapi prosesor ‘besar’ dan cukup kencang dari Intel® Core™ i7-8750H. Dengan prosesor tersebut, Anda tidak perlu meragukan kemampuannya karena terdapat 6 core dan 12 threads yang bekerja dengan kecepatan penuh 2,2 GHz hingga 4,1 GHz.

Kemampuan prosesor ini bahkan diakui benchmark Cinebench R15 yang memberikan nilai 1124 cb. Nilai yang luar biasa dan hampir mendekati prosesor Intel Xeon yang merupkan prosesor servernya. Namun harus diingat, kemampuan ini tidak akan terjadi saat kondisi baterai menipis. Di mana Cinebench R15 hanya menunjukkan 246 cb saja ketika daya baterai tersisa 20% saja. Tetapi saat kondisi baterai masih penuh atau setengahnya, Anda tetap nyaman main game.

2. Performa HDD/SSD ROG Zephyrus S GX701

Memahami betul bahwa game-game berkualitas jelas ‘melahap’ memori sangat besar, ROG Zephyrus S GX701 tampil istimewa dengan SSD berkapasitas 1TB. Bukan SSD biasa tentunya, karena Asus memberikan jenis M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 yang memiliki performa terbaik dan juga kencang.

Ketika diuji coba menggunakan CrystalDiskMark, SSD tersebut bisa mencapai angka 3400. Angka luar biasa ini membuktikan kalau ROG Zephyrus S GX701 bisa mengedit video dengan baik tanpa merusak performa laptop gaming ramping ini.

3. Performa Baterai ROG Zephyrus S GX701

Baterai merupakan salah satu pertimbangan saat membeli baterai. Untuk itulah kemampuan baterai ROG Zephyrus S GX701 wajib diketahui. Tak perlu khawatir, karena secara keseluruhan laptop gaming ini tampak sempurna dengan daya tahan baterai memuaskan. Jika Anda menggunakan laptop ini untuk kegiatan mengetik yang terkoneksi internet selama satu jam, baterai akan menurun 20% dalam waktu satu jam.

Untuk bisa memperoleh baterai penuh 100%, setidaknya butuh waktu mengisi daya hingga dua jam. Bukan tanpa alasan kenapa daya tahan baterai ROG Zephyrus S GX701 tidak seperti laptop pada umumnya (terutama non gaming), karena itu memang sejalan dengan performa berat sangat berkualitas yang ditanggung.

Fitur Laptop ROG ZEPHYRUS S GX701

Sudah membedah layar, desain dan performa, tentu rasanya tak lengkap review ROG Zephyrus S GX701 tanpa membahas bagian fiturnya. Dengan tampilan luar-dalam yang cukup ‘garang’, Asus pun menanam fitur cukup menarik seperti AURA Sync. Fungsi dari AURA Sync adalah untuk mengatur cahaya dari LED RGB yang ada di keyboard. Tak hanya untuk mengatur, Anda pun bisa memilih warna dan efek lampu sesuai selera.

Selain fitur pengaturan cahaya LED RGB, terdapat pula fitur ROG Game Visual. ROG Game Visual ini bisa mengatur profil warna layar untuk mode game balap atau FPS. Dengan begitu, warna di layar tersebut akan lebih menyehatkan mata Anda. Masih kurang? ROG Zephyrus S GX701 makin sempurna dengan fitur Armoury Crate.

Mudahnya, Armoury Crate ini memungkinkan laptop ditata sesuai kebutuhan dan style penguna. Anda bisa mengatur tombol-tombol keyboard sesuai dengan keinginan sehingga mempermudah saat main game. AURA Sync dan ROG Game Visual ini terintegrasi baik dengan Armoury Crate sehingga Anda bisa mengatur dengan mudah dalam sekali tahapan.

Grafis Laptop ROG ZEPHYRUS S GX701

Dan ini adalah pembahasan terakhir dari review ROG Zephyrus S GX701. Sebagai laptop gaming kelas atas, Asus jelas membenamkan kartu grafis yang tak main-main. Pilihan pun jatuh kepada NVIDIA GeForce RTX 2080 yang sudah pasti populer di kalangan gamers sebagai kartu grafis fenomenal dengan harga cukup mahal. Sehingga bisa dipastikan, kualitas grafis ROG Zephyrus S GX701 tak perlu diragukan lagi.

Baca juga :

Dengan NVIDIA GeForce RTX 2080, performa ROG Zephyrus S GX701 pun semakin maksimal karena bisa menjalankan game dengan grafis tertinggi. Bukan cuma itu saja, kartu grafis tersebut mempunyai fitur real-time-ray tracing dan shading yang bisa diprogram untuk menghasilkan kualitas game lebih baik dan juga kencang. Tak main-main, kemampuan ini membuat GeForce RTX 2080 memiliki nilai 102.76. Nilai tersebut bisa dibilang tertinggi karena performa ROG Zephyrus S GX701 sudah mendekati PC Desktop dengan spesifikasi serupa.

Tak percaya? Anda bisa mencoba memainkan game-game dengan grafis monster seperti Assassin’s Creed Syndicate. Game besutan Ubisoft yang dirilis akhir Oktober 2015 itu bisa berjalan luar biasa lancar tanpa hambatan sekalipun dimainkan dalam framerates 60 Hz. Bahkan ketika dipasang di framerates 80 fps atau 144 Hz sekalipun, Assassin’s Creed Syndicate tampil luar biasa memuaskan saat dimainkan di ROG Zephyrus S GX701.

Namun meskipun tidak masalah dalam pengaturan grafis tertinggi, ada baiknya Anda bijak dengan mengatur grafisnya di framerate 60 fps. Kenapa begitu? Karena semua kembali ke daya tahan baterai. Tentu tak ingin dong main game di ROG Zephyrus S GX701 yang baterainya cepat boros karena dipaksa melakukan performa maksimal terus? Lebih baik bermain lancar dan tahan lama di level grafis terlama.

Kesimpulan Laptop ROG ZEPHYRUS S GX701

Melihat spesifikasi, layar, desain, performa, fitur hingga grafisnya yang di atas rata-rata, jelas ROG Zephyrus S GX701 adalah laptop gaming impian. Jika Anda seorang gamer profesional atau yang mencari kepuasaan saat main game di perangkat laptop, ROG Zephyrus S GX701 adalah pilihan terbaik dan sangat layak dimiliki.

Dengan keunggulan utama ROG Zephyrus S GX701 adalah pada bodi-nya yang super ramping, jelas berbeda dan sangat inovatif jika dibandingkap laptop-laptop gaming pada umumnya yang biasanya tebal sehingga kuran efisien kalau dibawa ke mana-mana. Seolah kurang, Asus juga memberikan kamera eksternal pada ROG Zephyrus S GX701 yang bisa dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.

Kendati kekurangannya ada pada daya baterai yang tidak tahan lama, performa ROG Zephyrus S GX701 sudah mendekati sempurna. Sehingga tak heran kalau Asus membanderol ROG Zephyrus S GX701 dengan harga kisaran Rp 49 juta sampai Rp 56 juta. Sebuah harga yang wajar bagi mereka para pecinta game yang membutuhkan perangkat sempurna.

Arai Amelya @chimot_

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Comments are closed.

Share
Published by
Arai Amelya @chimot_

Recent Posts

Review HP Xiaomi Redmi Note 7, Hp Juara dan Paling Dicari di Kelasnya

Sebagai salah satu pabrikan smartphone terbaik di Asia, Xiaomi memang menjadi solusi bagi siapapun yang butuh ponsel harga terjangkau tapi…

2 minggu ago

7 Smartphone Canggih Keluaran Realme yang Wajib Dilirik Anak Muda

Pada zaman sekarang, smartphone memang sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Karena itulah, setiap produsen smartphone berlomba-lomba menampilkan fitur-fitur menarik…

4 minggu ago

10 Smartphone Samsung Terbaru Beserta Spesifikasi dan Harganya (2019)

Teknologi yang berkembang dengan sangat pesat membuat setiap orang berlomba-lomba untuk mengikuti arus kemajuan teknologi tersebut. Dengan dunia yang saat…

1 bulan ago

Huawei P30 Pro vs Oppo Reno 10x Zoom: Adu Ponsel dengan Kamera ‘Monster’, Siapa Juaranya?

Pertengahan 2019 ini tampaknya pasar smartphone di Indonesia sedang benar-benar bergairah. Lepas dari momen Idul Fitri di awal Juni, vendor-vendor…

2 bulan ago

10 Laptop dengan Harga 2 Jutaan Terbaik di Tahun 2019, Layak Dibeli!

Tidak butuh budget mahal dan spesifikasi standar yang sudah cukup adalah dua hal utama kenapa laptop-laptop seharga 2 jutaan begitu…

2 bulan ago

Perang Teknologi, Nasib Huawei Pasca Google Cabut Lisensi Android !

Opini ini hanya prediksi saya pribadi. Sebelum masuk pada jawaban, ada 3 poin penting yang harus dibahas. Indikasi perang teknologi…

3 bulan ago