Categories: Review Hp

Review HP Xiaomi Redmi Note 7, Hp Juara dan Paling Dicari di Kelasnya

Sebagai salah satu pabrikan smartphone terbaik di Asia, Xiaomi memang menjadi solusi bagi siapapun yang butuh ponsel harga terjangkau tapi kualitas mumpuni. Untuk semester awal 2019 ini, produsen HP asal Beijing, China ini mengenalkan salah satu produk terbaiknya, Redmi Note 7. Tak main-main, keunggulan utama smartphone yang sudah dikenalkan sejak Januari 2019 ini adalah pada kamera beresolusi tinggi 48MP.

Keberadaan kamera dengan ukuran lensa fantastis ini seolah semakin menguatkan imej Xiaomi sebagai salah satu smartphone dengan kualitas kamera terbaik. Sehingga ketika resmi dirilis di Indonesia pada awal Maret 2019, kehadiran Redmi Note 7 langsung menarik perhatian. Para gadgetfreak tentu penasaran dengan kejutan yang dilakukan Xiaomi dengan kamera berukuran lensa 48MP tersebut.

Baca juga : 8 HP Xiaomi Terbaru 2019 Beserta Harga dan Spesifikasinya

Namun seperti yang sudah diketahui bersama, Redmi Note 7 yang diedarkan di Indonesia tentu memiliki perbedaan dengan produk serupa rilisan China, India atau versi global. Kebanyakan perbedaan itu ada pada kapasitas ROM, software dan firmware yang digunakan. Sementara untuk bagian hardware, baik versi China, global atau Indonesia sekalipun, semua Redmi Note 7 punya tampilan sama. Nah supaya tidak makin penasaran, yuk simak review lengkap Xiaomi Redmi Note 7 berikut ini!

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

Agar bisa membahas satu persatu mulai desain, kemampuan dapur pacu hingga daya tahan baterai, ada baiknya Anda tahu terlebih dulu spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7. Dan berikut ini adalah penjelasannya:

  • Layar : 6.3 inci FHD+ capacitive touchscreen, 16M color, screen-to-body ratio 81,4 persen, resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19.5:9
  • SoC/Processor : Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm), CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
  • Grafis chip : Adreno 512
  • Memory/Storage/Penyimpanan : 3 GB/32 GB
  • Baterai : Baterai Li-Po 4000 mAh, pengisian cepat 9V/ 2A 18W (Fast Charging 4)
  • Konektivitas : Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), MicroSD, Wi-Fi 802.11 a/ b/ g/ n/ ac, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth, USB Type C
  • Kamera : Kamera utama belakang 48MP, f/ 1.8, 1/2, PDAF, kamera kedua 5MP, f/ 2.4, sensor kedalaman dan kamera depan 13MP
  • Sistem Operasi : Android 9.0 (Pie)
  • Harga Rp 1,999 juta

Prosesor Xiaomi Redmi Note 7

Seperti yang telah tercantum di atas, Xiaomi Redmi Note 7 ini sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE (14 nm). Snapdragon 660 ini begitu istimewa karena difasilitasi oleh 8 core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260). Sekadar informasi, Kryo memang telah menjadi andalan dalam produk-produk Xiaomi.

Tak heran kalau smartphone keluaran Xiaomi sebelumnya seperti Redmi Note 5 hingga seri flagship MI A2 dan MI 6X juga disematkan Kryo ini. Dengan teknologi Kryo yang dipadukan dalam chipset Snapdragon, sudah bisa dipastikan kalau Redmi Note 7 bisa digunakan bermain game-game mobile masa kini. Anda bisa lancar memainkan Asphalt 9 hingga PUBGM. Hal ini yang membuat Redmi Note 9 jadi incaran gamers masa kini.

Desain dan Layar Xiaomi Redmi Note 7

Jika dilihat sekilas, tampilan desain Redmi Note 7 ini memang mirip dengan produk unggulan Xiaomi lainnya, MI 8 Lite. Terlihat pada bagian bodi belakang, Redmi Note 7 sudah memakai kaca yang dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga tahan terhadap goresan apapun. Dengan warna-warna premium seperti twilight gold, neptune blue hingga black, Redmi Note 7 jelas tidak tampil membosankan.

Pilihan warna premium ini semakin membuat Redmi Note 7 tampil classy dan mewah padahal harga yang dibanderol cukup terjangkau. Apalagi adanya sensor fingerprint di bagian belakang, seolah memperkuat kesan tersebut. Menyempurnakan desainnya yang premium, ada sepasang kamera ganda yang disusun vertikal dengan LED Flash.

Berlanjut ke tampilan layar, Redmi Note 7 telah memakai full view display dengan rasio 19.5:9 dengan sentuhan bezel lebih tipis daripada seri Redmi Note sebelumnya. Ukuran layarnya sendiri adalah 6.3″ dengan density 409 ppi dan sudah Full HD 1080 x 2340. Perlu diingat pula bahwa pada layar Redmi Note 7 terdapat notch alias poni tidak terlalu memanjang yang mirip tetes air, sehingga mampu memberikan kesan layar tampak lebih lebar.

Kamera Xiaomi Redmi Note 7

Telah disinggung sebelumnya bahwa keunggulan utama Xiaomi Redmi Note 7 ada pada resolusi kamera utama sangat tinggi yakni 48MP AI Dual Camera. Ukuran lensa itu jelas bikin geger karena belum ada smartphone yang berhasil menyamai pencapaian Xiaomi. Usut punya usut, rupanya angka 48MP itu merupakan hasil olahan software. Di mana sensor asli kamera hanya bisa dipakai sampai 12MP saja.

Begitu pula jika dibedah dari kemampuan prosesor Redmi Note 7. Snapdragon 660 dirancang hanya sesuai untuk kamera beresolusi maksimal 24MP. sehingga bisa dipastikan kalau kamera 48MP itu bukanlah murni kekuatan sensor melainkan sebuah gimmick yang bisa diaktifkan manual lewat mode pada kamera. Untuk itulah jika Anda memotret langsung dengan Redmi Note 7, hasilnya adalah potret yang diperoleh dari kamera 12MP.

Namun tenang saja, dengan resolusi tersebut, gambar yang dihasilkan sudah sangat memuaskan dan tidak bakal pecah saat diperbesar. Untuk itulah bisa dibilang kalau kemampuan sepasang kamera utama Redmi Note 7 adalah 12MP dan 5MP yang dilengkapi LED Flash Dual Tone. Untuk kamera selfie, memakai resolusi 13MP tanpa flash.

Satu hal yang menarik soal kamera Redmi Note 7, rupanya untuk kamera belakang, Xiaomi menggunakan teknologi sensor Samsung yang dibuat khusus yakni sensor Samsung ISOCELL GM1 dengan kapasitas setara sensor kamera Sony IMX586. Sekadar informasi, ISOCELL GM1 adalah teknologi mutakhir dari Samsung yang memiliki ukuran ½ inch.

Beralih ke fitur lain dalam kamera, Redmi Note 7 memiliki kemampuan teknologi AI yang bisa mengenali obyek tertentu, sehingga hasil potret jadi maksimal. Beberapa obyek yang bisa dikenali seperti tanaman, wajah, cuaca dan waktu. Keunggulan lain yang dibenamkan Xiaomi dalam Redmi Note 7 adalah adanya fitur Google Camera (GCAM).

Fitur ini membuat pengguna tidak perlu menggunakan Unlock Bootloader. Cara pakainya pun mudah, yaitu tinggal menginstall GCAM dan kemudian bisa langsung digunakan. Agar makin maksimal, pakai GCAM dengan fitur Nightsight. Hal ini memungkinkan Anda tetap memperoleh potret foto memuaskan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Dengan aneka fitur kamera ini, tak heran kalau banyak pecinta fotografi merekomendasikan Xiaomi Redmi Note 7.

Performa Baterai dan USB Xiaomi Redmi Note 7

Daya tahan baterai termasuk hal yang dipertimbangkan jika ingin membeli smartphone. Untuk Redmi Note 7, Xiaomi memasang baterai berkapasitas 4000 mAh. Dengan ukuran bateri ini, pengguna bisa puas menggunakan fitur dan aplikasi di Redmi Note 7 tanpa perlu sering-sering isi ulang alias charging.

Redmi Note 7 juga sudah menggunakan teknologi Quick Charging 4 sehingga bisa dengan cepat mengisi daya baterai. Namun sayangnya walaupun sudah didukung teknologi tersebut, ketika membeli Redmi Note 7 masih disuguhi dengan charger biasa yang umumnya didapatkan pada seri-seri Xiaomi sebelumnya, yakni output 5V 2A.

Beralih ke bagian USB, Redmi Note 7 sudah menggunakan model USB kekinian yakni Type C yang memang jadi pertimbangan dan daya tarik para pengguna smartphone zaman now. Sementara untuk port, disediakan jack audio 3.5mm. Melengkapi penampilan luarnya, Redmi Note 7 memiliki ciri khas port IR Blaster alias Infrared yang bisa jadi pengganti remote TV, DVD, AC dan perangkat elektronik lainnya.

Terakhir untuk fitur yang masih dipertahankan Xiaomi adalah LED Notification yang posisinya berada di bawah kanan port. Fungsi dari LED Notification sendiri adalah untuk bisa memberitahukan pengguna jika ada pesan masuk atau pemberitahuan media sosial lainnya.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

Telah mengetahui spesifikasi, kemampuan prosesor dan kamera hingga desain bodi, layar serta kapasitas baterai, Anda tentu sudah bisa menilai jika Xiaomi Redmi Note 7 ini cukup memuaskan. Namun supaya lebih fair dan meyakinkan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kekurangan yang masih ditemukan dalam ponsel ini. Berikut penjelasannya satu-persatu:

1. Tidak Menggunakan NFC

Kekurangan pertama yang ditemukan dalam Xiaomi Redmi Note 7 adalah tidak memiliki NFC (Near Field Communication). Padahal di era masa kini, adanya NFC berfungsi sebagai pengganti uang tunai dalam bertransaksi. Smartphone dengan teknologi NFC memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran lewat sekali tap saja.

Baca juga :

Selain sebagai pengganti uang tunai, fitur NFC juga bisa dipakai untuk memindahkan data dengan mudah tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan di PlayStore. Kendati keberadaan NFC mungkin belum cukup populer, saat ini beberapa merk smartphone sudah banyak yang memberikan kemampuan NFC pada produk-produk mereka.

2. Tidak Tahan dengan Debu dan Air

Nilai minus berikutnya pada Xiaomi Redmi Note 7 adalah tidak tahan debu dan air. Namun jika melihat harganya yang terjangkau dan spesifikasinya, tentu cukup wajar karena Redmi Note 7 belum bersertifikat IP. Untuk itulah bagi Anda yang membeli produk ini, pastikan membeli casing dan anti gores berkualitas supaya ponsel lebih terlindung. Namun selain itu, Anda juga harus menggunakannya dengan hati-hati supaya tak mudah rusak.

3. Tidak Dilengkapi Perekam 4K

Mungkin inilah kekurangan paling utama dari Xiaomi Redmi Note 7. Kendati sudah memakai chipset Snapdragon 660 yang mampu merekam video hingga resolusi 4K, faktanya produk ini belum bisa mendukung proses tersebut. Tidak adanya perekam 4K membuat Redmi Note 7 hanya bisa merekam video dengan resolusi 1080p @30fps dan 1080p @60fps.

Tetapi kendati demikian, Anda tak perlu terlalu kecewa karena hasil rekaman video Redmi Note 7 masih tergolong baik. Namun usahakan kalau Anda selalu memperhatikan juga kondisi cahaya ketika merekam video.

Kesimpulan

Dengan berbagai keunggulan dan kekurangan yang dimiliki, tak bisa dipungkiri kalau Xiaomi Redmi Note 7 adalah juara di kelasnya. Mampu membawa angin segar dengan performa yang memuaskan, Anda bisa sangat puas menjalankan berbagai aplikasi umum seperti sekadar mengetik, bermain media sosial, menonton video di Youtube hingga gaming.

Tampilan desain yang baik dan classy serta layar jernih nan lebar menjadikan Redmi Note 7 tidak mengecewakan. Anda yang hobi selfie dan fotografi jelas cukup dimanjakan dengan kemampuan kameranya baik sepasang kamera ganda di belakang atau kamera depan. Untuk kekurangannya pun tidak terlalu fatal karena masih bisa disiasati dengan aplikasi tambahan lainnya.

Sehingga bagi Anda yang memang mencari smartphone dengan performa memuaskan, praktis, tampilan berkelas dan harga terjangkau, sudah pasti Xiaomi Redmi Note 7 adalah jawabannya. Semoga review Redmi Note 7 dari kami ini bermanfaat dan bisa membantu Anda menemukan ponsel terbaik untuk kebutuhan sehari-hari.

Arai Amelya @chimot_

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Comments are closed.

Recent Posts

Review Laptop Gaming ROG Zephyrus S GX701, Super Lengkap!

Asus semakin hari semakin menunjukkan 'taringnya' untuk menciptakan produk-produk laptop yang berkualitas. Menyadari bahwa era saat ini semua orang begitu…

2 minggu ago

7 Smartphone Canggih Keluaran Realme yang Wajib Dilirik Anak Muda

Pada zaman sekarang, smartphone memang sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Karena itulah, setiap produsen smartphone berlomba-lomba menampilkan fitur-fitur menarik…

4 minggu ago

10 Smartphone Samsung Terbaru Beserta Spesifikasi dan Harganya (2019)

Teknologi yang berkembang dengan sangat pesat membuat setiap orang berlomba-lomba untuk mengikuti arus kemajuan teknologi tersebut. Dengan dunia yang saat…

1 bulan ago

Huawei P30 Pro vs Oppo Reno 10x Zoom: Adu Ponsel dengan Kamera ‘Monster’, Siapa Juaranya?

Pertengahan 2019 ini tampaknya pasar smartphone di Indonesia sedang benar-benar bergairah. Lepas dari momen Idul Fitri di awal Juni, vendor-vendor…

2 bulan ago

10 Laptop dengan Harga 2 Jutaan Terbaik di Tahun 2019, Layak Dibeli!

Tidak butuh budget mahal dan spesifikasi standar yang sudah cukup adalah dua hal utama kenapa laptop-laptop seharga 2 jutaan begitu…

2 bulan ago

Perang Teknologi, Nasib Huawei Pasca Google Cabut Lisensi Android !

Opini ini hanya prediksi saya pribadi. Sebelum masuk pada jawaban, ada 3 poin penting yang harus dibahas. Indikasi perang teknologi…

3 bulan ago