Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel unggulan mereka. Tidak hanya satu, pabrikan smartphone yang menjadi bagian dari BBK Electronics ini bahkan merilis tiga seri ponsel sekaligus di Indonesia. Di mana dua di antaranya yang begitu banyak dibicarakan adalah realme Narzo 50A dan realme Narzo 50i.

Melihat dari lini yang diusung, tentu realme Narzo 50A dan Narzo 50i ini merupakan jagoan seri Narzo 50. realme sendiri memang cukup percaya diri dengan membawa dua seri Narzo karena bagaimanapun, mempunyai catatan penjualan yang cukup memuaskan di Tanah Air.

Bersama-sama dengan realme GT Neo2, kedua Narzo ini resmi melakukan launching untuk pasar Indonesia pada 3 November 2021 lalu.

Digelar secara online lewat platform YouTube, realme Narzo 50A dan 50i memang diharapkan bisa menggenjot penjualan di akhir tahun ini. Sekadar informasi, realme sendiri kini memang menjadi satu dari lima brand smartphone dengan penjualan terbaik pada Q2 2021 di Indonesia menurut Canalys. Brand yang merupakan sister company dari Oppo ini dilaporkan punya market share sebesar 12%, sama dengan Vivo.

Baca juga: Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Sedangkan untuk ponsel terlaris hingga sejauh ini masih dipimpin oleh sang raksasa Tiongkok yakni Xiaomi dengan market share sebesar 28%. Menempel di belakang Xiaomi ada Oppo yang mencatat pasar 20%. Menutup posisi ketiga di tengah persaingan pabrikan smartphone China, dihuni oleh brand asal Korea Selatan yakni Samsung dengan market share sebesar 18%, seperti dilansir Bhinneka.

Spesifikasi realme Narzo 50A

via Gadgetren
  • Sistem Operasi: Android 11, realme UI 2.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 720×1600 piksel
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Internal/RAM: 64GB/4GB, 128GB/4GB
  • Kamera Utama: 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Selfie: 8 MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 6000mAh
  • Harga: Rp2,099 juta (varian 64GB/4GB) dan Rp2,299 juta (varian Rp128GB/4GB)

Spesifikasi realme Narzo 50i

via Harapan Rakyat
  • Sistem Operasi: Android 11, realme Go UI
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 720×1600 piksel
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • Internal/RAM: 32GB/2GB, 64GB/4GB
  • Kamera Utama: 8 MP (wide)
  • Kamera Selfie: 5 MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh
  • Harga: Rp1,599 juta (varian 64GB/4GB)

Baca juga: Seharga Rp3,2 Juta, realme 8 5G Ponsel 5G Termurah di Indonesia

Perbedaan realme Narzo 50A dan realme Narzo 50i

Jika melihat spesifikasi yang dipaparkan sebelumnya, pada dasarnya secara tampilan tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok dari kedua series Narzo 50 ini. Hanya saja realme mulai melakukan perbedaan pada bagian komponen dapur pacu yang mana realme Narzo 50A bisa dianggap lebih mumpuni daripada ‘saudaranya’ Narzo 50i.

Tidak salah memang karena memang secara harga, Narzo 50A dijual lebih mahal jika dibandingkan Narzo 50i. Hanya saja para gadgetfreak sama-sama sepakat kalau kedua ponsel Narzo ini menyuguhkan smartphone entry level yang cukup menarik di rentang harganya masing-masing. Nah, bagi Anda yang ingin beli tapi masih bingung, ulasan perbedaan berikut ini bisa dipertimbangkan:

1. Performa Chipset Dapur Pacu

via gsm.vpnwp

Inilah hal pertama yang membedakan realme Narzo 50A dan Narzo 50i. Di mana Narzo 50A menggunakan chipset besutan MediaTek yakni Helio G85, sedangkan Narzo 50i memakai chipset keluaran Unisoc, SC9863A. Tak perlu banyak dijelaskan, sudah pasti Helio G85 punya performa yang lebih baik daripada hardware Unisoc tersebut.

Dilaporkan jika Helio G85 dibekali Octa-Core 2GHz sedangkan SC9863A mencatat Octa-Core 1.6GHz. Keberadaan Helio G85 yang sudah diperkaya fitur MediaTek HyperEngine, tentu sedikit banyak memberikan pengaruh pada performa baterai yang lebih hemat pula sehingga pengalaman bermain game online di Narzo 50A tentu makin menyenangkan.

Untuk popularitas sendiri, ponsel-ponsel entry level memang kebanyakan lebih menggunakan chipset besutan MediaTek daripada Unisoc. Sekadar informasi, komponen dapur pacu yang menyusun Narzo 50i rupanya sama persis dengan realme C11 2021 yang sudah dirilis pada bulan Oktober lalu dengan rentang harga mulai Rp1,649 juta.

Bicara soal produsen chipset yakni MediaTek dan Unisoc, tak bisa dipungkiri kalau MediaTek lebih dikenal. Namun hal ini tak membuktikan jika chipset Unisoc tidak berkelas. Karena memang Unisoc sebetulnya adalah brand milik Tsinghua Unigroup, salah satu perusahaan produsen chipset smartphone di ranah gobal. Sehingga dengan begitu Anda sudah pasti bakal lebih tenang.

2. Kemampuan Kamera

Setelah chipset yang akhirnya ‘dimenangkan’ oleh realme Narzo 50A, bagian berikutnya dari perbedaan kedua ponsel ini adalah kamera. Yap, saat ini ponsel-ponsel entry level memang tak mau kalah dan tetap membekali produk mereka dengan kamera terbaik. Untuk Narzo 50A sendiri, mengusung konfigurasi triple camera yakni lensa utama 50 MP dan masing-masing dua lensa lain 2 MP.

Baca juga: realme Narzo 30A, Ponsel Gaming Baterai Jumbo Seharga Rp1,8 Jutaan

Sedangkan untuk Narzo 50i, realme cuma memasang lensa single camera dengan kapasitas 8 MP saja. Senada dengan lensa kamera utama yang berbeda, lensa selfie pun punya resolusi berbeda. Di mana Narzo 50A memasang lensa selfie 8 MP, maka Narzo 50i punya lensa selfie berukuran 5 MP. Masing-masing produk memasang lensa selfie pada bagian poni yang berbentuk tetesan air.

Tentu dengan komposisi yang ditawarkan, triple camera sudah pasti akan memberikan hasil yang lebih baik daripada single camera. Apalagi Narzo 50A juga dibekali lensa kamera utama hingga 50 MP, cukup memenuhi kebutuhan Anda yang hobi fotografi dan videografi. Namun meskipun begitu kedua ponsel ini sama-sama maksimal digunakan untuk pembuatan konten media sosial.

Dengan ukuran lensa selfie yang tidak terlalu jauh perbedaannya, Narzo 50i juga lebih dari mampu untuk kebutuhan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), yang saat ini memang sudah banyak digantikan oleh PTM (Pembelajaran Tatap Muka). Tak heran kalau akhirnya Narzo 50i dijadikan rekomendasi kepada orangtua yang hendak membelikan ponsel baru dan perdana pada si kecil.

3. Kapasitas Baterai

Komponen dapur pacu dan kamera sudah, maka hal berikutnya yang bisa dibahas dari kedua seri Narzo 50 ini adalah baterai. Lagi-lagi karena punya harga yang lebih mahal (hingga lebih dari Rp500 ribu), sudah pasti realme Narzo 50A punya kapasitas baterai besar yakni sampai 6000mAh sedangkan Narzo 50i punya baterai dengan ukuran 5000mAh.

Bukan itu saja, Narzo 50A menawarkan fitur yang tidak ditemukan pada Narzo 50i yakni kemampuan fast charging. Jika Narzo 50i bisa mengisi ulang daya baterai dengan ukuran 10W, maka Narzo 50A menyuguhkan fitur fast charging 18W. Kendati berbeda dalam hal pengisian daya, baik Narzo 50A dan 50i sama-sama mampu menawarkan reverse charging.

Jika Anda masih ingat pula, Narzo 50A dibekali oleh chipset besutan MediaTek yakni Helio G85. Seperti lazimnya komponen produksi MediaTek, hardware itu juga diperkuat dengan MediaTek HyperEngine yang berimbas pada kemampuan daya tahan baterai realme Narzo 50A lebih baik daripada ‘saudaranya’ Narzo 50i, terutama dalam kebutuhan gaming dan tentunya streaming.

Sedangkan untuk penggunaan standar, baik Narzo 50A dan 50i sama-sama lebih dari mampu digunakan dalam beberapa jam waktu kebutuhan. Asalkan Anda rutin merawat kemampuan daya tahan baterai lewat upaya pengisian yang tepat, kapasitas baterai kedua unggulan realme ini sudah pasti bakal lebih tahan lama jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel sekelasnya.

4. Kapasitas Penyimpanan

Hal keempat yang menjadi perbedaan kedua ponsel ini sudah pasti dari kapasitas penyimpanan. realme memutuskan memboyong Narzo 50i hanya dengan satu varian RAM saja yakni 64GB/4GB, sedangkan Narzo 50A ada dua jenisnya yakni 64GB/4GB dan 128GB/4GB. Lantaran punya RAM yang sama yakni 4GB, Anda tentu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan file dan aplikasi.

Jika Anda termasuk pengguna cukup banyak aplikasi dan kebutuhan kegiatan multitasking lewat smartphone, sudah pasti varian tertinggi realme Narzo 50A layak untuk dipilih karena menawarkan penyimpanan 128GB. Tetapi jika Anda hanya butuh ponsel dengan RAM 4GB dan tak peduli besar storage, karena mengutamakan yang termurah, sudah pasti Narzo 50i jadi pilihan.

Dengan RAM yang sebesar 4GB, pada dasarnya kedua ponsel ini sudah mampu ‘melahap’ beberapa kegiatan standar ponsel seperti chatting, gaming, streaming, pemotretan foto, perekaman video hingga scrolling media sosial. Tak heran kalau akhirnya realme bisa dianggap sukses dalam menawarkan pilihan ponsel entry level terbaik di penghujung tahun 2021 ini.

Baca juga: HP Gaming Ramah Kantong, realme Narzo 20 Pro Dijual Rp3,3 Jutaan

5. Fitur yang Ditawarkan

Dan inilah hal terakhir yang layak dibandingkan dari kedua ponsel satu lini tersebut yakni perkara fitur. Sebagai ponsel entry level, sebetulnya tidak cukup banyak fitur yang disuguhkan karena semuanya bersifat standar. Baik Narzo 50A atau 50i sama-sama punya kemampuan WiFi, bluetooth, face unlock, dual-SIM jaringan 4G alias LTE mumpuni.

Hanya saja untuk urusan keamanan, bisa dibilang kalau Narzo 50A lebih unggul berkat keberadaan pemindai sidik jari alias fingerprint. Sehingga dengan begitu Anda sudah bisa lebih tenang karena memang fitur ini akhirnya menjadikan Narzo 50A sebagai salah satu produk unggulan realme di rentang kelas menengah awal alias mid-entry.

Keberadan fitur yang bisa dibilang cukup standar ini memang tak lepas dari status kedua lini Narzo 50A ini yakni ponsel berkualitas dengan harga terjangkau. Karena memang realme terlihat ingin menggenjot penjualan mereka di sisa tahun 2021 ini, dengan merilis tiga produk sekaligus di Indonesia.

Jadi, Pilih Mana realme Narzo 50A atau Narzo 50i?

Dari penjelasan di atas, bisa dibilang kalau kelima hal di atas memang yang paling menonjol sebagai perbedaan kedua sesi Narzo 50 ini. Hanya memang tak bisa dipungkiri kalau Narzo 50A memiliki keunggulan terutama pada bagian komponen hardware sehingga mempengaruhi betul performa ponsel. Tak heran kalau akhirnya harga yang ditetapkan realme pun lebih mahal untuk Narzo 50A.

Namun bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan tapi ingin merasakan sensasi gaming juga smartphone, Narzo 50i jelas bisa jadi pilihan. Ponsel ini juga bisa direkomendasikan untuk kebutuhan jualan hingga pembelajaran online. Jadi mau apapun yang Anda pilih antara realme Narzo 50A atau Narzo 50i, pastikan itu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, ya!

Bagikan !