Ponsel Oppo K10 5G Miliki Kemungkinan untuk Jadi Ponsel Pertama dengan Chipset MediaTek Dimensity 8000

ARUSGADGET – Maret lalu, MediaTek merilis chipset terbarunya dengan tajuk Dimensity 8000. Kabarnya, ponsel Oppo K10 5G akan menjadi ponsel pertama yang menggandeng chipset tersebut untuk performanya.

Pasalnya, hingga saat ini kabar ponsel yang menggandeng System on Chip (SoC) terbaru MediaTek tersebut memang belum menemui kepastian. Kemudian tiba-tiba kabar baru datang dari ponsel Oppo K10 5G yang menggandeng chipset ini pertama kalinya.

Beberapa bocoran mengungkapkan ponsel Oppo K10 5G akan rilis secara resmi di India dan negara asalnya, China. Selain seri model reguler, seri Pro juga akan turut rilis namun menggandeng chipset yang berbeda. Chipset yang akan disematkan pada ponsel seri Pro kabarnya diotaki dengan Snapdragon 888.

Kabar yang berembus ini tidak semata-mata prediksi asal-asalan, melainkan melihat dari laman sertifikasi China, TENAA. Selain bocoran mengenai chipset yang akan disematkan pada ponsel ini, ada pula bocoran spesifikasi lainnya dari ponsel Oppo K10 5G.

BACA JUGA : Smartphone Oppo A57 5G Sudah Resmi Rilis di China Dengan Dukungan Konektivitas Jaringan Internet 5G

Layar Ponsel Oppo K10 5G

Layar ponsel Oppo K10 5G

Dari laman sertifikasi TENAA, ponsel Oppo K10 5G dinamai dengan nomor model PGJM10. Ponsel ini kabarnya akan memiliki dimensi berukuran 164.3 x 75.8 x 8.7 mm dengan bobot sebesar 205 gram. Beralih ke layar, ponsel ini akan membawa resolusi Full HD Plus dengan 2412 x 1080 piksel.

Belum diketahui secara jelas apakah ponsel Oppo K10 5G akan menyematkan panel AMOLED atau panel lainnya. Namun, ada beberapa bocoran yang mengungkapkan bahwa ponsel ini akan didukung dengan panel LCD untuk menghemat biaya produksi. Yang jelas, ukuran layar ponsel ini mengusung ukuran 6,59 inci.

Layar ponsel Oppo K10 5G juga masih belum diketahui apakah akan membawa refresh rate atau tidak. Kabarnya, ponsel ini akan mengusung teknologi refresh rate dengan frekuensi yang tinggi. Prediksinya berkisar pada angka yang tinggi kurang lebih 90 Hz, persis seperti seri K10 tanpa embel-embel 5G.

Kamera Ponsel Oppo K10 5G

Kamera ponsel Oppo K10 5G

Kemudian, TENAA juga memberikan bocoran ponsel Oppo K10 5G yang memiliki kemungkinan untuk membawa kamera ponsel dengan bentuk punch hole. Notch kamera tersebut akan terletak di sisi kiri atas layar ponsel dan berfungsi sebagai rumah bagi kamera selfie 16 MP.

Selain kamera depan, kamera belakang ponsel Oppo K10 5G juga turut diungkap bocorannya. Kabarnya, ponsel ini akan menggandeng kamera utama 64 MP yang bersanding dengan ultrawide 8 MP serta kamera lensa macro beresolusi 2 MP.

MediaTek Dimensity 8000

Performa ponsel Oppo K10 5G

Tak lupa untuk membahas hardware ponsel Oppo K10 5G yang akan diotaki chipset MediaTek Dimensity 8000. Chipset ini dirancang dengan arsitektur 5nm dengan CPU Octa-core. Empat inti CPU nya berasal dari Cortex-A78 dengan clockspeed 2,75 GHz dan sisanya berasal dari Coretx-A55 berkecepatan 2.0 GHz.

Dengan menggandeng chipset tersebut, maka ponsel Oppo K10 5G akan memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang mumpuni. RAM yang akan dibawa ponsel ini kabarnya berkapasitas 8 GB dan juga 12 GB. Sedangkan penyimpanan internalnya memberikan dua varian kapasitas 128 GB dan 256 GB.

BACA JUGA : Oppo Reno 7 Lite 5G Resmi Meluncur Pertengahan April Ini, Bagaimana Spesifikasinya?

Software dan Baterai Oppo K10 5G

Oppo K10 5G

Beralih ke bagian software, ponsel Oppo K10 5G akan rilis dengan sistem operasi Android 12. Sistem operasi tersebut nantinya akan bersanding dengan antarmuka ColorOS 12. Kemudian dalam segi ketahanan, ponsel ini memiliki kapasitas baterai 4.890 mAh dengan dukungan fast charging.

BACA JUGA : Oppo F21 Pro Resmi Meluncur di India, Harga Rp 4 Jutaan

Selain itu, Oppo K10 5G juga akan mendukung beberapa konektivitas untuk mendukung aktivitas dalam ponsel. Seperti namanya, ponsel ini tentu akan mendukung koneksi 5G untuk mendukung kecepatan unduh dan unggah yang lebih cepat saat menggunakan ponsel ini.

Kemudian, ada pula konektivitas lainnya seperti WiFi 6E, Bluetooth 5.3, gravity sensor, distance sensor, light sensor, dan fast charging yang belum diketahui dayanya. Perlu diingat, bahwa semua informasi mengenai Oppo K10 5G merupakan bocoran semata.

Spesifikasi lengkap dari ponsel Oppo K10 5G tentu akan diungkap pada saat perilisan resminya. Namun, satu hal yang belum bisa dipastikan adalah mengenai kapan ponsel ini akan rilis. Tidak diketahui pula apakah ponsel ini akan rilis di Indonesia atau tidak.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !