Perhatikan 4 Tips Membeli Laptop Baru Sesuai Kebutuhan

ARUSGADGET – Saat ini laptop menjadi hal kurusial dalam berbagai bidang. Jika ingin membeli laptop, sebaiknya perhatikan tips membeli laptop baru supaya tidak kecewa.

Laptop merupakan bagian dari alat komputasi portable dengan berbagai kemudahan. Tidak seperti PC, kita dapat dengan mudah membawa laptop kemanapun. Melalui laptop kita juga dapat melakukan berbagai pekerjaan baik membuat dokumen, menyimpan file hingga bermain game.

Dari semua kemudahan tersebut, kita tidak bisa sembarangan membeli laptop. Ada beberapa tips membeli laptop baru yang menjadi perhatian. Selain jenis laptop, ada berbagai harga laptop baru yang menjadi pertimbangan. Harga laptop baru sangat bervariasi, mulai dari range jutaan hingga puluhan juta.

Baca Juga:

Tips Membeli Laptop Baru

Bagi awam yang masih bingung apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop baru, simak terus penjelasan berikut ini:

Sistem Operasi

Sistem operasi membuat laptop dapat berjalan dengan baik. Ada berbagai macam sistem operasi yang bisa digunakan. Namun biasanya dua sistem operasi berikut paling banyak peminatnya yaitu Windows dan Mac OS.

Windows menjadi sistem operasi paling fleksibel dan bisa digiunakan pada jenis laptop apapun. Sedangkan Mac OS hanya bisa beroprasi pada laptop keluaran Apple saja. Jika ingin memiliki laptop dengan kinerja baik maka pilihlah sistem operasi keluaran terbaru.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi yang menjadi perhatian RAM, VGA dan penyimpanan. Jika melakukan banyak pekerjaan sebaiknya pilih RAM besar. Windows 10 setidaknya membutuhkan RAM 8GB.
Laptop kebanyakan tidak memiliki tambahan VGA. Bila sering melakukan kegiatan grafik seperti editing atau bermain game. Sebaiknya pilih laptop dengan VGA untuk mengoptimalkan kemampuan.

Kemudian ada dua tipe penyimpanan yaitu SSD dan HDD. Saat ini laptop dengan SSD lebih dibutuhkan untuk menunjang kecepatan pemakaian. Walau tidak sedikit juga laptop dengan penyimpanan hanya HDD.

Baca Juga: Mengatasi Laptop Lemot dan ketahui Penyebabnya

Ukuran Laptop

Ada banyak ukuran laptop. Sebaiknya pilih sesuai kebutuhan saja. Bila membutuhkan laptop dengan mobilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran 12,5 inci sampai 13,5 inci saja. Namun jika membutuhkan laptop untuk pekerjaan berat seperti editing atau bermain game. Ukuran 14 inci sampai 17,5 ini menjadi rekomendasi. Ukuran laptop juga mempengaruhi harga laptop baru.

Desain

Tips Membeli Laptop Baru selanjutnya perhatikan desain. Banyak sekali desain unik dan futuristik saat ini. Kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk desain paling utama perhatikan engsel.

Selain itu perhatikan komposisi bodi laptop dan ketahanaan laptop.Perhatikan desain laptop muali dari resolusi layar, kamera, keyboard dan speaker.
Selain 4 hal utama diatas, sebagian smart buyer jangan lupa untuk memperhatikan garansi dan fitur-fitur pendukung.

Bagikan !