Perbedaan Koneksi WiFi 2,4GHz, 5GHz dan 6GHz Mana yang Lebih Cepat?

ARUSGADGET – Seringkali kita membaca spesifikasi jaringan saat membeli router WiFi pada kotaknya. Jaringan yang tertulis juga berbeda-beda, ada 2,4GHz, 5GHz dan 6GHz. Kira-kira apa perbedaan koneksi WiFi 2,4GHz, 5GHz dan 6GHz? Penasaran juga, kan, koneksi mana yang lebih cepat. Untuk itu simak terus penjelasan berikut.

Saat ini sudah banyak orang memasang koneksi Wifi pada rumah, kantor maupun sekolah. WiFi memiliki fungi untuk menyambungkan jaringan internet pada perangkat elektronik seperti PC, laptop atau handphone.

Baca Juga:

Kita bisa memilih koneksi WiFi sesuai dengan kebutuhan. Setiap WiFi memiliki koneksi yang berbeda, seperti 2,4GHz, 5GHz dan 6GHz. Untuk yang ingin memasang WiFi atau meningkatkan jaringan perlu memperhatikan masalah tersebut.

Perbedaan Koneksi WiFi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz

Ada beberapa perbedaan koneksi WiFi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz, perhatikan hal berikut.

Transfer Data

Jika melihat dari kecepatan proses mentransfer data maka 6GHz akan lebih cepat dari pada koneksi 5GHz dan 2,4GHz. Koneksi transfer data terendah adalah 2,5GHz. Sejatinya kecepatan dalam transfer data tidak hanya dilihat dari pita frekuensi saja. Tetapi juga dari kemampuan perangkat itu sendiri di mana biasanya akan bergantung pada protokol dari standar 802.11 IEEE yang didukung.

Walau kecepatan 2,5GHz termasuk lambat dalam mentransfer data tapi jangkauan areanya lebih luas dari 5GHz dan 6GHz.

Baca Juga:

Perangkat Yang Mendukung

Ada beberapa perangkat yang memiliki protokol lebih dari satu. Untuk mengeceknya perhatikan kode pada penamaan WiFi. Misalnya apa yang tertera adalah 802.11 a/b/g/n berarti mendukung standar a, b, g, dan n.

Karena mendukung lebih dari satu protokol, beberapa perangkat bisa digunakan untuk sejumlah pita frekuensi. Contohnya, standar WiFi 802.11ax untuk membuat ekosistem jaringan 2,4GHz, 5GHz, maupun 6GHz.

Jangkauan Area

Frekuensi yang semakin tinggi membuat area jangkaun semakin terbatas. Contohnya WiFI 6GHz yang memiliki jangkauan sempit dari pada WiFi 5GHz dan Wifi 2,4GHz.

Tetapi untu preferensi jaringan 5GHz dan 6GHz lebih aman jauh dari gangguan gelombang lain. Untuk Jaringan 2,4GHz, menjadi saringan yang sangat rawan dari gangguan bunyi.

Bagikan !