STB TV Digital Gratis, Tahap Pertama Kominfo Bakal Bagikan Kepada 3,2 Juta Pengguna

ARUSGADGET-Masyarakat Indonesia secara bertahap akan bermigrasi dari TV analog ke TV digital. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai membagikan STB (Set Top Box) TV digital secara gratis. Pada tahap awal ada 3,2 juta set box TV digital dibagikan secara gratis kepada masyarakat kurang mampu.

Pada periode pertama, 3,2 juta set top box TV digital gratis ini akan dibagikan ke masyarakat. Mulai 15 Maret hingga 30 April 2022 pada Analog Switch Off (ASO) Tahap 1.

Pada tahap ini ada 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota di Indonesia. Bila ingin mengetahui kabupaten kota mana saya yang mendapatkan prioritas bisa melihat link https://komin.fo/stbASO1

STB Gratis Masyarakat Tak Mampu Tak Perlu Ganti TV Digital

Untuk diketahui sumber bantuan untuk set top box ini berasal dari penyelenggara multipleksing (mux). Yaitu lembaga penyiaran yang menyediakan siaran televisi digital teresterial.

Cara Daftar STB Gratis DISINI –>

BACA JUGA

Apabila jumlahnya nanti tidak mencukupi pemerintah berpeluang melengkapinya dari dana yang bersumber APBN atau sumber sah lainnya.

Adanya bantuan STB gratis ini, masyarakat yang masih memiliki TV analog tidak perlu mengganti TV yang baru. Mereka hanya perlu memasang piranti tersebut untuk menikmati siaran televisi digital.

stb gratis tv digital
ILUSTRASI : Menonton TV (Photo : by Ivan Samkov from Pexels)

Sebagaimana diketahui sejak tahun 2019 pemerintah sudah membuat roadmap migrasi dari TV analog ke TV digital. Pada tahun 2022 ini pemerintah melalui Kemenkominfo menerapkan analog switch off (ASO) secara penuh.

Dibagi Tiga Tahap

Dilansir dari kominfo.go.id ada 341 kabupaten atau kota di Indonesia yang menerapkan migrasi dari siaran tv analog menjadi digital. Ada tiga tahap migrasi tersebut.

Tahap pertama selambat-lambatnya 30 April 2022 diperuntukan bagi 166 kabupaten/kota. Untuk tahap kedua selambat-lambatnya 25 Agustus 2022 diperuntukan bagi 110 kabupaten dan kota sedangkan tahap ketiga paling lambat 2 November 2022 untuk 65 kabupaten kota. Totalnya ada 341 kabupaten dan kota pada 112 wilayah siaran.

Kabupaten yang mengalami migrasi pada tahap I meliputi Kota Sabang (Aceh), Kota Banda Aceh (Aceh), Kabupaten Karo (Sumut), Kota Padang (Sumbar), Kota Bukittinggi (Sumbar), Kota Garut (Jabar), Kota Cilegon (Banten), Kabupaten Banyumas (Jateng), Kabupaten Sampang (Jatim), Kota Denpasar (Bali), Kabupaten Kupang (NTT), Kabupaten Minahasa (Sulut), Kota Samarinda (Kaltim), Kota Gowa (Sulsel), Kabupaten Mimika (Papua), dan Kabupaten Manokwari (Papua Barat).

Hingga Januari 2022, Kominfo mencatat 291 lembaga penyiaran atau sekitar 41,75 persen telah menyediakan siaran digital. Sisanya sekitar 406 lembaga penyiaran dalam tahap peralihan menuju siaran digital sebelum batas akhir yang ditentukan.

Syarat Mengajukan Bantuan STB TV Digital Gratis

  1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP
  2. Sertakan Kartu Keluaga
  3. Tergolong rumah tangga miskin atau kurang mampu
  4. Punya televisi
  5. Sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  6. Penerima bantuan dalam wilayah Analog Switch Off (ASO)

Untuk migrasi tahap pertama 15 Maret hingga 30 April 22 ada 166 kabupaten kota.

Hmm, pada akhirnya semua saluran TV analog akan berganti ke saluran TV digital. Dan sekarang sedang terjadi proses peralihan dari Analog ke Digital. Nantinya semua TV akan menggunakan saluran TV Digital yang membutuhkan Set Top Box TV yang terpasang di rumah rumah.

Jika Kamu ingin tetap dapat menyaksikan saluran TV kesayangan, dan tidak mendapatkan Set Top Box TV dari pemerintah, Kamu bisa membelinya dengan harga relatif terjangkau untuk saat ini. Tapi tidak tahu kedepan.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !