Pemberhentian Shopee di India Setelah 6 Bulan Beroperasi

ARUSGADGET – Kabar terbaru datang dengan pemberhentian Shopee di India yang sudah beroperasi di wilayah India selama 6 bulan. Tentu pemberhentian Shopee tersebut memiliki alasan tersendiri yang memang melatarbelakangi penghapusannya. Namun, hal ini memang mengejutkan, mengingat di Indonesia, Shopee merupakan e-commerce favorit masyarakat Indonesia.

Shopee merupakan platform e-commerce yang juga ada di Indonesia dan di dalamnya menyediakan berbagai kebutuhan penggunanya. Mulai dari kebutuhan untuk membeli baju, bahan pangan, elektronik, dan kebutuhan lainnya tersedia dalam aplikasi ini. Aplikasi berbelanja yang sering disebut sebagai “oren” oleh warganet ini merupakan aplikasi dengan kunjungan tertinggi di Indonesia dalam kategori e-commerce.

Pemberhentian Shopee Setelah Setengah Tahun

Pemberhentian Shopee

Lain halnya yang terjadi di India yang justru terdampak pada pemberhentian Shopee. Padahal, Shopee telah beroperasi selama setengah tahun di Negara tersebut dan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat di sana sejak Oktober 2021. Tetapi, Shopee pasti memiliki alasan tertentu untuk melakukan pemberhentian Shopee di India.

Juru bicara Shopee memberikan tanggapan atas kebingungan perihal pemberhentian Shopee dan pernyataannya mengarah kepada ketidakpastian pasar global serta membuat aplikasi ini harus berhenti. Pernyataan tersebut tidak disampaikan secara gamblang dan rinci, namun Shopee memastikan bahwa tiap pemilik bisnis yang bergabung dengan Shopee memiliki jaminan untuk dapat menutup bisnisnya dengan lancer.

BACA JUGA :

Pemberhentian Shopee

Shopee juga mengungkapkan tujuannya untuk terus berkembang dan memberikan dampak yang positif secara global. Selain itu, Shopee juga memiliki misi agar penggunanya lebih paham dengan penggunaan teknologi sehingga bisa mempermudah segala aktivitas yang dilakukan pengguna dalam kesehariannya.

Pemberhentian Shopee di India akan menghentikan layanan namun tetap memproses semua pesanan sebelum Selasa sebagai bentuk tanggungjawab dari Shopee. Selain itu, ada pula layanan yang dibuka meliputi layanan purna jual dan juga keluhan pelanggan yang akan berlangsung beberapa waktu ke depan.

Peluncurannya Tidak Disambut dengan Baik

Pemberhentian Shopee

Peluncuran Shopee pada Oktober tahun lalu juga ternyata tidak disambut dengan baik oleh masyarakat India sendiri. Terlebih, di awal peluncurannya, Shopee memberikan layanan gratis ongkir dan juga bebas biaya admin membuat e-commerce ini mulai digandrungi masyarakat.

Tetapi, hal tersebut menimbulkan protes dari pedagang lokal yang merasa bahwa keadaannya mungkin terancam dengan keberadaan e-commerce yang notabene asing. Protes tersebut diungkapkan oleh pedagang lokal India yang tergabung dalam komunitas CAIT.

Pemberhentian Shopee

Hal tersebut memang sepertinya memiliki hubungan yang erat dengan pemberhentian Shopee, namun Shopee sendiri mengungkapkan bahwa masalah tersebut bukan merupakan faktor yang melatarbelakangi penghapusan Shopee di India.

BACA JUGA :

Bagikan !