Oppo Find X3 Neo, Kualitas Medium diantara X3 Pro dan X3 Lite

Oppo Find X3 Neo adalah ponsel yang menarik dengan berbagai fitur. Kameranya dapat menghasilkan foto yang bagus dan tampak hebat

 X3 Neo adalah titik tengah diantara model Oppo Find X3 Pro yang premium dan Oppo Find X3 Lite yang Low-end. Kami sudah pernah mengulas dua model tersebut sebelumnya, ulasan lengkapnya tinggal klik pada kalimat sebelumnya.

Ulasan Singkat Oppo Find X3 Neo

©www.oppo.com

Apakah Oppo Find X3 Pro terlalu mahal untuk Anda? Baiklah kami akan perkenalkan Oppo Find X3 Neo, model kelas menengah antara Pro dan Lite.

Dalam banyak hal ini mendekati perpaduan ideal antara jangkauan harga dan kekuatan, beberapa orang menyebut ini sweet spot. Titik paling seimbang untuk menentukan kemampuan membeli dan fitur yang kita inginkan.

Oppo Find X3 Neo memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 865 yang lebih lambat daripada X3 Pro dengan Snapdragon 888. Layarnya cerah dan  ukurannya sedikit lebih kecil yaitu 6,55 inci, sedangkan X3 Pro 6,7 inci.

Ada empat lensa untuk kamera belakang. Meski kualitasnya lebih rendah daripada X3 Pro, tetapi ini bukan penurunan besar, dan masih mampu menangkap beberapa foto dan video yang bagus untuk Anda.

Neo bahkan bis amengambil adegan pada cahaya rendah dengan tenang. Tidak banyak ponsel lain yang memiliki kamera bagus pada titik harga ini.

Desain Oppo Find X3 Neo

Bagian belakang matte yang bergaya

Ringan dan melengkung

Tidak tahan air

Oppo Find X3 Neo adalah ponsel yang tampak fantastis. Bahkan kami berani mengatakan bahwa ini lebih nyaman daripada model Pro yang lebih mahal.

©www.oppo.com

Bagian belakangnya mempunyai bahan matte dengan tekstur pada casing yang terasa nyaman saat disentuh dan tidak meninggalkan setiap sidik jari. Kami memiliki warna Starlight Black yang bersahaja untuk model ulasan kami, Selain itu ada opsi warna Galactic Silver yang lebih mewah.

Sulit untuk menemukan satu kesalahan dalam estetika telepon pada X3 Neo. Tampilan depan hanya mempunyai sedikit lubang punch pada sudut kiri atas untuk kamera depan.

Sedangkan susunan kamera belakang terlihat rapi dan kompak. Ada tonjolan kamera yang mencolok, tetapi itu bukan masalah besar, dan bahkan logo Oppo nampak elegan di bagian bawah.

Sensor sidik jari ada di bawah layar depan, yang sekali lagi membantu estetika ponsel menjadi minimalis dan bersih.

Lekukan dan garis handset semuanya berada di tempat yang tepat, dengan sedikit lekukan di sisi layar. Tombol – tombol daya pada bagian kanan dan tombol volume pada bagian kiri.

Oppo Fond X3 Neo memang tampak kecil, tapi ini ponsel yang kompak dan mudah untuk mengaksesnya. Ukuran keseluruhan sangat manis dan menarik. Anda tidak akan kesulitan untuk memegangnya dengan satu tangan.

Dimensi keseluruhannya adalah 159,9 mm x 72,5 mm x 8 mm atau 6,3 inci x 2,9 inci x 0,3 inci. Dengan berat 184 gram ponsel hanya satu sentuhan lebih ringan daripada Pro.

Perbedaan lain dari Pro adalah tidak ada perlindungan dengan sertifikat IP68 terhadap air dan debu. Bagaimanapun juga, ini adalah cara Oppo untuk mengurangi harga dari Find X3 Neo.

Jadi Anda harus sedikit lebih berhati-hati saat membawa ponsel ketika menyusuri pantai atau bermain di sungai. Juga jangan bawa ponsel ini ke kamar mandi untuk memainkan lagu ketika Anda mandi.

Salah satu pujian terbaik yang dapat kami berikan kepada Oppo Find X3 Neo adalah rasanya yang seperti ponsel premium saat Anda mengambilnya dan menggunakannya.

Tentu saja ini bukan ponsel murah, tetapi pasti dapat bertahan melawan handset Samsung Galaxy dan Apple iPhone. Kami sangat mengapresiasi Oppo atas segala usahanya untuk membuat ponsel yang manis ini.

Tampilan Oppo Find X3 Neo

Layar AMOLED 6,55 inci

Kecepatan refresh 90Hz

Mendukung HDR10+ di aplikasi

Tampilan pada Oppo Find X3 Neo adalah sesuatu yang menakjubkan: cerah dan jelas dan tajam. Dengan ukuran 6,55 inci dari sudut ke sudut, dan berjalan pada resolusi 1080 x 2400 piksel, cukup untuk memanjakan mata Anda.

©www.oppo.com

Kecepatan refresh 90Hz menambahkan sentuhan kehalusan ekstra. Sedangkan dukungan HDR10+ berarti warna selalu tetap seimbang dan detail selalu terlihat di aplikasi streaming seperti Netflix dan Prime Video.

Tidak ada penilaian buruk tentang layar, meskipun Anda harus menjadi penggemar layar dengan sisi yang sedikit miring untuk benar-benar menghargai Neo.

Satu-satunya gangguan adalah lubang punch untuk kamera selfie. Ponsel ini juga mempunyai pelindung tipis dan transparan di layar, yang dapat Anda biarkan saja atau anda kelupas.

Kami menguji kemampuan layar pada Neo melalui aplikasi foto, aplikasi streaming video, game, dan banyak lagi, dan layar itu selalu bersinar setiap saat.

Tidak ada tanda-tanda lag, atau ghosting, atau kusam, dan kami akan mengatakan itu adalah salah satu panel tampilan terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga ini.

Meskipun Anda dapat menemukan tampilan dengan ketajaman yang lebih besar dalam hal titik per inci, pada layar ukuran ini tidak membuat banyak perbedaan.

Tingkatkan kecerahan hingga maksimum 1100 nits dan ponsel ini sangat dapat digunakan di luar ruangan di bawah sinar matahari yang cerah. Anda juga dapat membuat penyesuaian di bagian tampilan pengaturan telepon.

Ada opsi yang lebih dingin dan lebih hangat untuk suhu layar serta layar standar, sementara ada juga pengaturan untuk mengurangi paparan mata Anda terhadap cahaya biru di larut malam.

Kamera

Kamera belakang empat lensa

Berkinerja baik dalam cahaya rendah

Zoom optik ultrawide dan 2x

©www.oppo.com

Kami menyukai apa yang telah dilakukan Oppo dengan kamera belakang pada Find X3 Pro , dan Find X3 Neo juga mempertahankan kualitas kameranya.

Kualitas kamera ada di level medium dengan kekuatan lensa yang lebih rendah dari X3 Pro.  Ada kamera utama dengan lensa r 50MP, telefoto 13MP, ultrawide 16MP, dan kamera belakang makro 2MP. Ada juga kamera selfie lebar 32MP di bagian depan.

Lensa utama 50MP IMX766 itu sama seperti pada model Pro.Sony membuatnya khusus untuk Oppo, dan melakukan pekerjaan yang mengesankan dalam menangkap cahaya dan detail.

Kamera belakang utama mengambil foto dengan cerah, seimbang, dan tajam, dan menampilkan banyak detail saat Anda memeriksanya dengan cermat, dan tingkat warna alami secara keseluruhan.

Kecepatan rana cepat, fokus sepersekian detik, dan dalam setiap tantangan yang kami berikan pada Oppo Find X3 Neo, ia berhasil mendapatkan bidikan yang sangat bagus.

Modus ultrawide ada untuk menjejalkan lebih banyak objek ke dalam bingkai jika Anda ingin. Untungnya mode ultrawide tidak terlalu mendistorsi warna.

Sementara itu lensa telefoto menawarkan 2x optical zoom untuk lebih dekat dengan apa pun yang Anda jepret.

Setelah Anda melewati zoom optik 2x itu, kamera belakang mulai kesulitan, tetapi jika Anda benar-benar harus menggunakan zoom digital maka Anda bisa mendapatkan sesuatu yang dapat digunakan hampir sepanjang waktu.

Foto-foto yang Anda dapatkan lebih dari cukup untuk mengunggahnya media sosial, membaginya dengan teman-teman. Itu adalah sebagian besar yang kita inginkan.

Performa cahaya rendah juga fantastis, dengan atau tanpa mode malam diaktifkan. Bahkan dalam pemandangan yang sangat gelap, kamera belakang Neo mampu mengambil banyak detail dan warna dari suatu pemandangan, dan bahkan dapat memilih bintang di langit malam.

Kadang-kadang ada masalah dengan fokus dan kebisingan objek, tetapi secara keseluruhan hasil yang Anda dapatkan akan tampak memuaskan.

Sebuah apresiasi juga tentang pengambilan video, yang naik ke resolusi 4K pada 30 frame per detik: rekaman yang Anda dapatkan bergerak dengan halus.

Oppo telah menerapkan beberapa trik yang rapi untuk memastikan warna dan detail seimbang dengan baik. Subjek video tetap fokus, dan pemandangan cahaya redup masih terlihat.

Semua pertimbangan tersebut adalah salah satu paket kamera terbaik yang bisa Anda dapatkan di ponsel dengan level medium.

Spesifikasi dan performa

Dukungan dari Snapdragon 865

RAM 12GB yang mengesankan

Tidak ada masalah dengan aplikasi atau game

Oppo Find X3 Neo bekerja dengan tenaga dari chipset Snapdragon 865 dari Qualcomm. Ini adalah CPU andalan untuk ponsel Android pada tahun 2020.

©www.oppo.com

Dengan kata lain, prosesornya mungkin sudah berumur satu tahun, tetapi masih salah satu yang terbaik dalam bisnis ini, dan semuanya berjalan dengan sangat baik di ponsel ini.

Spesifikasi yang mengesankan berlanjut dengan RAM 12GB yang besar dan penyimpanan internal 256GB, tanpa dukungan slot microSD.

Kami yakin ini adalah kombinasi untuk menghasilkan tenaga yang kuat. Bahkan jika ponsel ini sedikit lebih lambat dari model Pro yang ditenagai Snapdragon 888, kami tidak berpikir sebagian besar pengguna secara khusus akan melihat perbedaannya.

Kami mencoba X3 Neo dengan memainkan sejumlah game balap dan petualangan. Ini tidak kalah cepat dalam hal frame rate atau lag. Oppo memasukkan fitur Game Space yang mengoptimalkan kinerja untuk bermain game, Anda bisa bermain PUBG dengan lebih halus.

Kecepatan yang sama juga berlaku saat Anda menjalankan aplikasi pengeditan video, membuka beberapa tab browser, atau mencoba melompat cepat antar aplikasi.

Itu semua masih cukup untuk memanfaatkan kekuatan prosesor dan memori yang dimiliki Oppo Find X3 Neo. Anda mungkin cukup bertanya mengapa Anda memerlukan prosesor Snapdragon 888 ketika Snapdragon 865 masih mempunyai kinerja baik.

Seperti semua ponsel keluaran 2021, Anda akan mendapatkan kompatibilitas dengan 5G. Anda juga akan mendapatkan Android 11 dengan antarmuka khusus buatan Oppo, ColorOS.

Oppo Find X3 Neo tidak datang membawa spesifikasi terbaik yang akan Anda temukan di ponsel Android tahun ini, tetapi cukup dekat dan pasti dapat bertahan dengan flagships teratas. Sebagian besar pengguna akan menemukan bahwa ada lebih dari cukup kekuatan kinerja yang mereka butuhkan.

Daya tahan baterai

Baterai berkapasitas 4.500 mAh

Nyaman bertahan sehari

Tidak ada dukungan pengisian nirkabel

Oppo Find X3 Neo hadir dengan kapasitas baterai 4.500mAh, dan dalam pengujian kami, baterai ini bertahan dengan nyaman sepanjang hari dalam penggunaan reguler dengan menyisakan 25 persen.

©www.oppo.com

Jika Anda benar-benar mendorongnya dalam hal permainan, navigasi, dan sebagainya, Anda mungkin akan kehabisan tenaga pada siang hari.

Pada saat kami tidak menggunakan Neo sama sekali, baterai benar-benar terkuras sangat lambat. Ini adalah ponsel yang bagus untuk bertahan lama dalam mode siaga.

Oppo sendiri belum menyatakan perkiraan masa pakai baterai rata-rata yang bisa Anda dapatkan dari ponsel ini, tetapi kami tidak berpikir Anda akan khawatir tentang hal ini.

Anda tidak perlu mencemaskan tentang masa pakai baterai karena Find X3 Neo mendukung pengisian cepat pada 65W. Anda dapat mencolokkannya dan mendapatkan muatan penuh dari nol hanya dalam waktu 30 menit, ini cukup mencengangkan.

Saat pengisian daya sangat cepat, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kehabisan daya. Cukup mengisi daya selama lima menit sebelum Anda keluar dari pintu itu saja akan membuat perbedaan yang signifikan.

Tidak ada pengisian nirkabel, beberapa pengguna mungkin akan kecewa.

Pengisian nirkabel mungkin tidak memiliki kecepatan pengisian standar melalui kabel USB, tetapi Anda tidak dapat mengalahkannya dalam hal kenyamanan. Ini adalah fitur yang akan Anda temukan di banyak ponsel kelas menengah saat ini.

Review, Moto G50, Peningkatan Dari Moto G10 dan Moto G30

Dalam hal penggunaan konstan seperti game, video, dan sebagainya, kami melihat penurunan sekitar 10-12% per jam. Jadi masih akan bertahan sepanjang hari perjalanan bahkan jika Anda menyalakan layar sepanjang waktu.

Bagikan !