Merawat HP Agar Awet

ARUSGADGET – Smartphone atau HP saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi tiap orang. Maka penting merawat HP agar awet dan tidak mudah rusak.

Saat ini handphone tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi. Bahkan saat ini handphone sudah burfungsi untuk berbagai keperluan. Mulai dari hiburan, nonton film, game, editing video hingga transaksi cashless.

Maka jika handphone cepat rusak tentu sangat merugikan. Selama ini beberapa pengguna handphone sering mengeluh tentang kerusakan yang sangat mengganggu.

Kerusakan itu, mulai hp lemot, hang atau error, hingga low battrei drastis, sehingga hp tidak tahan lama. Mengingat handphone sudah menjadi kebutuhan primer, maka harus terjaga dengan baik.

Hanya terkadang pengguna tidak faham cara merawat hp, nah kali ini ARUSGADGET akan berbagai informasi tentang cara merawat agar awet.

Cara Merawat HP agar Awet

Kinerja smartphone akan menurun seiring waktu penggunaan terlebih bila bekerja secara berlebihan, baik komunikasi, bekerja, berselancar mengakses informasi internet, hingga editing. Agar awet, berikut cara merawat HP yang akan kami rangkum.

BACA JUGA :

1. Bersihkan Debu Secara Rutin

Debu kadang dianggap hal sepele, namun jika dibiarkan terlalu lama, debu juga bisa berpengaruh terhadap kinerja HP. Salah satu dampaknya yakni hp menjadi mudah panas, atau bahkan sulit beroperasi karena menggangu kinerja HP.

Merawat HP agar Awet

Agar bersih maksimal, gunakan lap microfiber atau lap kacamata.Lap ini mampu menyerap debu secara sempurna. Saat membersihkan debu, usahakan jangan hanya pada bagian layar saja, namun pada bagian lain. Sesekali bagian komponen juga perlu dibersihkan.

Dengan melakukan pembersihan secara rutin, Hp terlihat lebih segar dan menjaga kemungkinan kerusakan sekecil mungkin.

2. Isi Daya sesuai Kebutuhan

Seringkali pengguna hp menggunakan secara berlebihan. Namun tidak mengisi daya secara sempurna. Bahkan kurang dari kebutuhan daya yang diperlukan. Akibatnya Hp menjadi lemot, apalagi harus bekerja atau digunakan secara terus menerus.

Selain itu mengisi daya secara berlebihan juga kurang baik. Misal mengisi daya secara terus menerus hingga kelebihan arus. Akibatnya batrei bisa menggelembung bahkan meledak. Baterai berbahan lithium ion (Li-on) dapat mengalami penurunan kapasitas jika mendapatkan tegangan tinggi yang berlebih.

Bila lapisan lithium metalik baterai terus menerus mendapat aliran listrik, maka akan memicu arus baterai menjadi tidak stabil.

Dengan memperhatikan sulai arus yang sesuai kebutuhan, maka batrei juga bisa lebih awet digunakan. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi penggunanya.

3 . Gunakan Charger Asli

Jika kita mengisi daya dengan charger KW atau non original, tentu sangat berpengaruh. Hal ini karena tidak sesuai dengan spesifikasi batrei tersebut. Akibatnya daya yang masuk tidak maksimal. Mengisi daya akan membutuhkan waktu yang lebih lama, dan membuat batrei tidak stabil.

charge hp

Selain itu terlalu sering menggunakan power bank juga kurang baik, salah satunya karena panas dari power bank yang bisa mempengaruhi batrei. Lebih baik gunakan power bank saat mendesak.

4. Hindari Tempat Panas saat Menggunakan HP

Saat kita menggunakan Hp terkadang HP menjadi sangat panas dan error. Ini selain penggunaan berlebih bisa juga panas ekstrem menjadi penyebabnya. Misal berada di tempat terbuka dengan suhu diatas 30 drajat celcius. Dalam prosedur penggunaan, handphone juga menyarankan agar hp tidak terpapar langsung oleh matahari.

BACA JUGA :

5. Buang Aplikasi Tidak Penting

Seringkali Hp kita memiliki banyak aplikasi, namun tidak semuanya terpakai. Akibatnya kinerja hp menjadi berat dan menyebabkan hp lemot.Nah aplikasi yang berlebih juga kurang baik karena memakan ruang pada RAM yang besar.

Ada baiknya melakukan cek ulang terhadap aplikasi yang menganggur. Lebih baik hapus dulu daripada menambah beban kerja hp anda.Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, anda juga memperhatikan kapasitas hp, sehingga hp tetap bisa bekerja dengan baik dan terjaga.

6. Jangan Gunakan HP atau main Game saat melakukan isi ulang

Saat kita melakukan isi ulang daya pada hp, tentu hp butuh kestabilan arus. Apabila Hp digunakan apalagi untuk bermain game saat pengisian arus, tentu kurang baik. Batrei bisa menjadi cepat drop atau rusak.

Bermain game saat handphone sedang mencharge dayanya menjadi salah satu penyebab baterai cepat drop. Baterai mudah menggelembung bila beban daya terlalu besar saat sedang charge. Jadi cara merawat baterai HP supaya awet, hentikan kebiasaan main game saat mengisi daya baterai.

7. Gunakan Pelindug Layar

Agar layar awet dan tidak tergores,maka gunakanlah pelapis atau pelindung. Seringkali layar hp tergores karena tidak sengaja, atau karena penggunaan yang kurang ramah.

Agar layar Hp tetap glowing dan terjaga maka screen protector sangat penting. Selain layar tetap glowong, pelapis terebut juga melindungi LCD. Misal saat hp terjatuh, maka hp tetap solid dan aman.

Pastikan anda memberikan perawatan terbaik, untuk HP kesayangan yang kamu miliki. Sehingga tetap awet dan tahan lama.

8. Lakukan Update Aplikasi dan Sistem Operasi (OS)

Salah satu cara menjaga kinerja Hp yakni dengan rutin melakukan up grade terhadap aplikasi dan sistem operasi (OS). Hal itu sangat perlu , selain meningkatkan kinerja, juga mengatasi masalah keamanan pada sistem, memperbaiki bug, hingga kinerja lebih optimal, alias tidak lemot.

up date

Pada Hp android, cara untuk melakukan up grade yakni dengan membuka fitur setting lalu pilih up grade atau up date.

Sadangkan pada iPhone, bisa menginstal pembaruan secara otomatis dengan cara Settings>General>Software Update. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk menginstalnya.

BACA JUGA :

9 . Pasang Antivirus

Jika Hp terpapar virus maka sangat berbahaya, maka hp tidak bekerja maksimal. Virus bisa masuk salah satunya dari email, pesan text,aplikasi, hingga link malware. Untuk menjaga agar Hp tidak terpapar virus, maka pasanglag antivirus dan bersihkan secara rutin.

10. Jauhkan Hp dari Magnet

Hp merupakan seperangkat elektronik yang memiliki kerentanan terhadap, air dan logam lain yaitu magnet. Biasanya pemilik Hp secara tidak sengaja meletakkan HP berdekatan magnet. Tentu hal ini dapat berpengaruh terhadap kestabilan HP. Salah satunya paparan magnet terhadap layar lcd, hingga Hp tidak stabil atau mati. Selain itu medan magnet juga dapat merusak speaker pada Hp. Hal ini dapat menyebabkan speaker mati. Dengan menjauhkan Hp dari medan magnet yang terlalu besar, otomatis akan menjaga kestabilan dan kinerja HP.

Dengan melakukan perawatan Hp secara sempurna, tentu umur teknis Hp bisa lebih panjang. Nah semoga HP kesayangan kamu teta awet dan terjaga. Perawatan lain yang perlu yaitu, jangan meng charge hp ketika batrei habis total atau 0 persen. Hindari over heat, hindari game berat, dan hal penting lain yakni rawatlah soft ware agar kinerja dan performa HP selalu maksimal.

Apa Pendapat kamu?
Bagikan !